Pengertian Internet dan Sejarah Internet

0
239

Pengertian Internet | Apa itu Internet

Kembali lagi dengan belajar itu mudah, kali ini kita akan meringkas dan membahas tentang apa itu internet dan sedikit sejarah internet.

Bagi kalian generasi muda atau kalau menurut Presiden Jokowi adalah “Kids Jaman Now”, pasti sudah sering dengar kata “Internet”. Tapi apakah kalian tahu tentang pengertian internet. Kalian pasti ada yang sudah tahu atau ada yang belum tahu. Atau mungkin saja, kalian memang lagi mencari tahu apa itu pengertian internet karena ada tugas dari guru kalian.

Mari kita mulai. Internet adalah sebuah singkatan dari kalimat “Interconnection Networking“. Apa itu Interconnection networking. Nah, Internet atau Interconnection networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Jadi mari kita ulangi sekali lagi, Pengertian internet adalah

“Jaringan yang menghubungkan seluruh komputer dengan sistem GLOBAL TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket untuk seluruh pengguna di seluruh dunia.”

Bila kita lihat pengertian lain dari Cambdrige Dictionary, Pengertian Internet adalah

“the large system of connected computers around the world that allows people to share information and communicate with each other”

Atau bahasa Indonesia adalah “Serangkaian Sistem yang besar yang saling terhubung diseluruh dunia yang memungkinkan orang orang untuk berbagi informasi dan berkomunikasi”.

Pengertian Internet

 

Sejarah Internet

Kalian mungkin belum lahir ketika internet baru lahir. Indonesia saja baru merasakan Internet yang untuk kalangan non militer dan edukasi baru sekitar tahun 90 an. Itupun masih sebagian kalangan cendikiawan yang bisa mengakses internet. Komputer aja tahun 90 an masih jarang yang punya.

-Baca Juga-

Jadi sejarah Internet bermula dari datangnya Alien ke Bumi dan menitipkan teknologi Jaringan kepada ARPANET di Amerika Serikat. Bercanda kok. Jadi Amerika Serikat tepatnya Departemen Pertahanan Amerika Serikat ada rencana buat komunikasi antar komputer secara aman dan terukur untuk tujuan keamanan negara.

Jadi pada tahun 1969, ARPANET diluncurkan. Apa itu ARPANET, itu adalah singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Jadi mereka pada awalnya menggunakan jaringan telepon untuk menghantarkan data data kecil dari jauh. Nah, ARPANET inilah yang mengembangkan sistem protokol TCP/IP yang kita miliki sekarang. Walaupun sudah jauh berbeda dengan sistem protokol waktu itu yah.

Bayangkan pada tahun 1969 saja, Amerika Serikat baru menemukan Internet. Itupun yang pakai untuk kalangan non militer hanya 4 titik atau situs saja. 4 titik seperti Stanford Research Instute, Santa Barbara, Universitas Utah,dan terakhir Universitas California.
ARPANET dikenalkan kepada masyarakat umum pada Oktober 1972. Tidak lama setelah itu bermunculanlah penggila Internet didunia, yang sekarang ini menjelma menjadi generasi “TIK TOK” goyang dua jari.
Hal yang mungkin kalian tidak tahu adalah ada dua jenis Internet untuk sekarang ini yaitu MILNET dan DARPA. MILNET adalah jaringan internet untuk militer, sedangkan DARPA adalah internet yang kita pakai sekarang ini. Selain itu DARPA juga terbagi atas dua yaitu Internet dan Deep web.
Mungkin Artikel diatas ada yang sedikit tidak relevan dengan buku buku kalian, karena apa yang saya tuliskan diatas berdasarkan cari cari sendiri dan ingin berusaha memberikan cara penjelasan yang berbeda supaya belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here