11 Pengertian Norma Menurut para Ahli

0
171
Pengertian Norma menurut Para Ahli | Mari belajar karena belajar itu mudah. Norma dapat dikatakan sebagai sebuah ukuran ataupun patokan. Pengertian norma secara umum adalah sebagai aturan ataupun patokan yang bersifat pasti dan tidak berubah.
Selain itu, dibuku lain dijelaskan bahwa Pengertian Norma lainnya adalah aturan-aturan atau pedoman sosial yang khusus mengenai tingkah laku, sikap, dan perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di lingkungan kehidupannya.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Menurut para pakar, pengertian norma hampir semuanya memiliki kesamaan bahwa itu merupakan aturan ataupun petunjuk. Jadi untuk memudahkan anda mengingat para pendapat ahli / pakar dibawah ini, anda harus memahami dulu bahwa hampir semua pengertian norma dibawah ini sama. Berikut 12 Pengertian Norma Menurut Para Ahli

1Definisi Norma Menurut Bagja Waluya

Norma atau norm adalah wujud konkret dari nilai yang merupakan pedoman, yaitu berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku

2Pengertian Norma Menurut  Craig Calhoun

Jadi Craig Calhoun ini adalah seorang psikologis modern kelahiran 1950-an dari Amerika Serikat. Menurutnya defnisi Norma adalah

Aturan atau pedoman yang menyatakan tentang bagaiamana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu.

3Definisi Norma Menurut  John J. Macionis

John J. Macionis adalah seorang Profesor dibidang Sosiologi dan kelahiran Amerika Serikat tahun 1947. Menurutnya norma adalah

Aturan-aturan dan harapan harapan masyarakat yang memandu perilaku anggota-anggotanya

salah satu quoute dari Bapak John J. Macionis yang saya sukai adalah

“It might be more accurate to think of love as a feeling we have for others who match up with what society teaches us to want in a mate.”

― John J. Macionis, Society: The Basics

Artinya kurang lebih bahwa ” Mungkin akan lebih akurat kalau kita pikir cinta sebagai perasaan yang kita punya kepada orang lain yang cocok dengan apa yang masyarakat ajarkan kita tentang yang seharusnya kita kawini”. Kalau dimaknakan artinya, cinta itu kita terhadap pasangan kita (atau pilihan mencintai ini daripada itu) itu sebenarnya tidak murni dari perasaan kita, akan tetapi dari kebiasan kebiasan yang telah mendarah daging.

4Definisi Norma Menurut Anthony Giddens

Anthony Giddens adalah seorang Ahli Sosiolog dari Inggris Raya kelahiran 1938. Menurutnya Norma adalah

Prinsip atau aturan yang konkret , yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat

5Definisi Norma Menurut Hans Kelsen

Nah, ini dia pengertian norma yang menurut saya sangat berbeda dengan pengertian lainnya, setidaknya memberikan kesan berbeda lah. Hans Kelsen adalah seorang ahli hukum dan filsuf yang diusir dari negaranya, Ceko,  (melarikan diri) ke Amerika Serikat akibat berdarah Yahudi sewaktu Jerman Berkuasa (NAZI).

Hal inilah yang membuatnya berkarir di Amerika Serikat dan dikenal pada akhirnya. Hans Kelsen juga menulis Buku tentang Teori Hukum Murni. Hans Kelsen juga sebagai salah satu ahli Hukum yang membawa Mazhab Positivisme Hukum.

Jadi menurut Hans Kelsen Normal adalah

Perintah yang tidak personal dan anonim (an impersonal and anonymous “command” – that is the norm)

-Baca Juga-

6Pengertian Norma Menurut  Isworo Hadi Wiyono

Jadi pada headtag diatas ditulis Isworo Hadi Wiyono. Sebenarnya banyak kesalahan pada Blog dan website yang tersebar. Yang benar adalah Isworo dan Hadi Wiyono. Ini adalah dua orang yang berbeda yang menulis Buku PKN tingkat SMA.

Jadi dalam buku pelajaran dapat kalian temukan bahwa pengertian norma adalah

Peraturan atau petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari. Norma bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat.

7Pengertian Norma Menurut  AA Nurdiaman

Dalam buku pelajaran PKN yaitu Kecakapan Berbangsa dan Bernegara Kelas 7 AA Nurdiaman 2009 dituliskan bahwa Norma adalah

Suatu tatanan hidup yang berupa aturan – aturan dalam pergaulan hidup pada masyarakat.

8Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekanto

Siapa yang tidak tahu bapak yang satu ini. Soerjono Soekanto adalah ahli Sosiolog dan Ahli Hukum Adat yang mengajar di UI. Beliau kelahiran 30 Januari 1942. Bapak Soerjono Soekanto pula lah yang sempat memperbaharui Kurikulum Lembaga Pertahanan Nasional Indonesia.

Menurut Soerjono Soekanto Norma adalah

Suatu perangkat agar hubungan di dalam suatu masyarakat terlaksana sebagaimana yang diharapkan.

Soerjono Soekanto juga menambahkan bahwa “Norma-norma mengalami proses pelembagaan atau melewati suatu norma kemasyarakatan yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga masyarakat sehingga norma tersebut dikenal, diakui, dihargai, dan kemudian ditaati dalam kehidupan sehari-hari”

9Definisi Norma Menurut Marvin e. Shaw

Marvin E Shaw juga seorang ahli Sosiolog dari luar negeri yang banyak menuliskan buku tentang Sosiologi. Beliau lahir tahun 1919 dan meninggal tahun 2007 kemarin.

Menurut Marvin E Shaw, Pengertian norma adalah

Peraturan tingkah laku yang ditegakkan ataupun diasaskan oleh anggota kelompok bagi mengekalkan keselarasan tingkah laku.

10Pengertian Norma Menurut Robert M.Z. Lawang

Siapa anak Sosiolog UI yang tidak kenal Beliau, Prof. Dr. Robert M. Z. Lawang. Beliau sudah menulis beberapa buku sehubungan dengan Sosiologi dan melakukan berbagai penelitian bertemakan sosiologi pada daerah konflik di Indonesia.

Dalam Buku Bapak Robert M. Z Lawang yaitu Apa Itu Sosiologi, beliau menuliskan bahwa pengertian norma adalah

Patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu. Norma memungkinkan seseorang untuk menentukan terlebih dahulu bagaimana tindakan itu akan dinilai oleh orang lain. Norma juga merupakan kriteria bagi orang lain untuk mendukung atau menolak perilaku seseorang.

11Pengertian Norma Menurut Alfred Bellebaum

Apa itu Norma Pengertian norma

Siapa itu Afred Bellebaum. Beliau adalah ahli Sosiologi Kelahiran Siegen , Jerman tahun 1931. Definisi norma menurut Alfred Bellebaum adalah

Alat untuk mengatur masyarakat agar orang bertingkah laku dalam suatu komunitas berdasarkan keyakinan dan sikap-sikap tertentu

Jadi itulah diatas beberapa pengertian dan pendapat para ahli tentang apa itu norma dan pengertian norma itu sendiri. Tetap belajar dan tetap semangat belajar. Karena tentu saja, belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here