Arti Fii Amanillah Ganti Kata Hati Hati Bye Bye Dalam Islam

0
946

ADS BY GOOGLE
Apa arti fii amanillah?

Arti fii amanillah adalah “Semoga Dirimu Berada Dalam Lindungan Allah”.

Kapan diucapkan?

Diucapkan sebagai pengganti ucapan
(1) Hati hati
(2) Sampai jumpa
(3) Bye bye
(4) Dadah
Dan seterusnya.

Arti Fi amannillah

Assalamualaikum sobat rajin belajar, kali ini saya akan menjawab pertanyaan apa arti fi amanillah yang akhir akhir ini sering diucapkan oleh orang Indonesia kepada sesama muslim.

Kalian yang generasi milenial dan generasi Z mungkin belum tahu arti kata fi amanillah ini. Mungkin kalian pernah dengar kata “Fii Amanillah” ini ketika ke Masjid, dan melihat seseorang yang akan berpisah dengan kenalannya dan menyebutkan fii amanillah setelah mengucapkan salam.

Arti Fii Amanillah

Kalimat Fii Amanillah adalah memiliki makna perpisahan dan doa. Ketika seseorang yang bukan muslim berpisah, mereka mengucapkan see you later, atau sampai jumpa nanti,dadah, titi DJ, selamat jalan dan banyak lagi model ucapan perpisahannya.

Kalimat kalimat perpisahan tersebut tidaklah bermakna dan tidak memiliki faedah dalam Islam. Sebaik baik ucapan adalah doa. Makanya ucapan perpisahan harusnya adalah doa kepada Allah SWT yang menentukan takdir setiap makhluk dan apapun itu di kehidupan ini.

Arti fii Amanillah adalah “Semoga Dirimu dalam lindungan Allah”. Anda dapat lihat tulisan arab dibawah ini.

فِي أَمَانِ الله

Bacaan latin doa perpisahan: Fii Amaanillah.

Artinya: “Semoga Engkau dalam perlindungan Allah”.

arti fii amanillah sebagai doa perpisahan Islam
Doa Perpisahan dalam Islam

Cara Membaca Fii Amanillah

Saya merasa perlu membahas ini. Banyak saya temukan di grup Whatsapp ataupun status facebook, mereka menuliskan doa dan kalimat perpisahan seperti “Fii Amaanilloh”.

Contoh diatas tersebut kurang tepat. Bunyi “O” seharusnya tidak ada dan tidak ditebalkan. Kita cukup menyebutkan atau menuliskan “Fii Amaanillaah”.

-Baca Juga-

Tolong bagi kalian yang pernah mengucapkan ataupun menuliskan dengan menggunaka huruf O pada “Illah” menjadi “Illoh” maka sebaiknya berhenti. Ada hukum dan ilmu tajwid tentang hal tersebut.

Kapan Diucapkan

Kalimat fii Amanillah diucapkan dalam berbagai situasi seperti:

ADS By Google

  1. Perpisahan sebentar
  2. Perpisahan lama
  3. Menutup pembicaraan telpon dalam keadaan biasa
  4. Menutup pembicaraan telpon ketika mengecek keadaan keluarga yang terkena bencana atau musibah
  5. Ketika ingin mengucapkan dadah, langsung ganti menjadi fii Amaanillah.
  6. Ketika ada anak yang membuat anda mengucapkan “hati hati”, ganti dengan Fii Amanillah
Perpisahan dalam Islam
Advertisement by google
Perpisahan dalam Islam

Cara mengucapkan fii Amanillah dalam berbagai situasi diatas, dapat dibaca sebelum salam perpisahan ataupun setelah salam perpisahan.

Pernahkah kalian mengucapkan “dadah” atau “titi DJ” kepada saudara atau keluarga yang sudah mengucapkan salam perpisahan dan telah diatas kendaraan. Nah, ganti mulai sekarang. Ganti ucapan tersebut menjadi “Fii Amanillah”.

Terkadang kalau dipikir pikir, ketika mengucapkan “dadah” ataupun “titi DJ” dapat berupa lupa terhadap Allah SWT sebagai penentu keselamatan dan keadaan seseorang.

Begitupun juga ketika anda mengucapkan kalimat “hati hati”, ganti ucapan tersebut dengan kata “fii Amanillah”. Anak atau keponakan anda berlari lari dalam rumah, daripada mengucapkan “hati hati”, Insya Allah lebih baik ucapkan “Fii Amanillah”.

arti fii amanillah ucapan doa perpisahan
arti fii amanillah ucapan doa perpisahan

Hal tersebut sekaligus mengajarkan anak anak tersebut doa doa dalam Islam, dan sesuai anjuran Rasulullah.

Oke Sobat Rajin Belajar, Sekian artikel tentang doa dan kalimat perpisahan yang sesuai Syariat yaitu Fii Amanillah. Semoga bermanfaat buat kalian dan berguna yah. Ajarkan keturunan kalian yang terbaik dan sesuai anjuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here