❤ Barakallahu fiikum Artinya, Kapan Digunakan dan Cara Menjawab

0
41240

ADS BY GOOGLE

Assalamualaikum Kak Jun, Barakallahu fiikum artinya apa dan kapan digunakan? dan balasan Barakallahu fiikum apa? Kemarin saya disuruh Ibu membawa hasil kurban ke tetangga yang kurang mampu, lalu ketika dagingnya diambil, tetangga saya berkata ” Terima kasih Nah, Barakallahu fiikum, sampaikan salamku sama Bapak Ibumu nak dan terima kasihku”.

Seketika setelah tetangga saya bicara, karena tidak tahu balasan barakallahu fiikum apa saya langsung aja bilang “Sama sama bu, ini sudah kewajiban bu”.

Jawaban

Banyak orang muslim diluar sana masih pusing dengan arti barakallahu fiikum dan kapan digunakan serta cara menjawab barakallahu fiikum.

Kita sering menyamakan antara barakallahu fiik (fiika ataupun fiiki / laki laki ataupun perempuan) dengan barakallahu fiikum. Sebenarnya keduanya sama maknanya yaitu mendoakan keberkahan. Perbedaannya cuman satu, subjek yang didoakan.

Fiikum artinya kalian atau lebih dari satu atau sekalian semua. Sedangkan fiika, ataupun fiiki artinya kamu laki laki ataupun kamu perempuan, artinya satu orang saja.

Maka dari itu dek, ketika Ibu atau tetangga kamu diberi hasil kurban, maka dia doakan kamu dan juga keluargamu dengan berkata “Barakallahu fiikum”.

Coba jikalau Ibu tersebut berkata “Barakallahu fiik” saja, artinya Ibu tersebut mendoakan keberkahan Allah hanya untuk mu seorang, bukan orang tuamu ataupun saudara saudarimu.

Barakallahu Fiikum Artinya

Barakallahu fiikum artinya adalah “Semoga Allah memberkahi kalian” atau “Semoga kalian diberkahi Allah”.

Barakallahu Fiikum Artinya

بَارَكَ اللهُ فِيْكُم

Barakallahu fiikum

Artinya: Semoga Allah memberkahi kalian

Ketika seseorang mengucapkan barakallahu fiikum, itu artinya anda didoakan beserta orang orang yang ada disekitar kamu, seperti keluarga ataupun pasanganmu.

Contoh Penggunaan Barakallahu fiikum

Contoh anda datang berdua membawa Istri ke panti Asuhan membawa sumbangan 100 juta rupiah. Ketika Suami menyerahkan uang donasi tersebut, Ustadz pengasuh panti asuhan berkata “Barakallahu fiikum wa baroka alaikuma”.

Artinya Ustadz tersebut mendoakan anda beserta istri anda untuk keberkahan dan kebaikan agama kalian berdua.

Arti “Barakallahu fiikum wa baroka alaikuma” sendiri adalah “Semoga Allah memberkati kalian dan dan keberkahan dalam urusan agama kalian”.

Jawaban Barakallahu Fiikum

Nah, sekarang dinda, kita masuk ke cara menjawab Barakallahu fiikum. Jawaban dinda dan pembaca sekalian kita diberi ucapan seperti ini adalah memperhatikan jumlah subjek yang ada.

ADS By Google

Bila hanya satu orang, artinya kamu dan keluarga yang memberikan hadiah kepada seseorang, seseorang tersebut hanya satu orang saja saat itu, anda tidak kenal keluarganya, maka jawabannya adalah:

Wa Fiika Barakallah (untuk laki laki sendiri) atau Wafiiki Barakallah (untuk perempuan sendiri).

Ketika kalian tahu keluarganya atau dia bersama pasangan ataupun keluarganya, atau seperti kasus pada pertanyaan diatas, maka kalian jawab dengan bentuk jamaknya yaitu:

Balasan Barakallahu Fiikum

Wa Fiihim Barakallah

وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ

Artinya “Keberkahan bagi kalian juga”.

Balasan ucapan Barakallahu fiikum diatas sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Iman An-Nasa’i atas perkataan Ummul Mukminin ‘Aisyah ra. yang berbunyi:

-Baca Juga-

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya:

“Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau menyuruh, “Bagilah domba tersebut menjadi dua (untuk disedekahkan)”.

(Maka daging domba tersebut diantarkan oleh pembantu beliau,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra apabila pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”.

Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah (وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ) [Semoga Allah memberkahi kalian juga], kita telah membalas do’a mereka dengan doa yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Kapan Digunakan

Doa atau ucapan “Barakallahu fiikum” dapat anda gunakan pada situasi situasi seperti dibawah ini.

  1. Mengucapkan selamat kepada pasangan yang baru menikah
  2. Mengucapkan selamat kepada pasangan mendapatkan anak atau rejeki lainnya
  3. Mengucapkan selamat kepada pasangan atau orang orang yang mendapatkan kenaikan pangkat ataupun jabatan
  4. Mengucapkan selamat kepada pasangan atau keluarga yang memberikan kita hadiah.
  5. Mengucapkan selamat kepada pasangan atau keluarga yang diberi kesempatan naik haji, biasanya diucapkan “Barakallahu fiikum, wa baroka alaikuma”.
  6. Mengucapkan terima kasih atas suatu pemberian barang ataupun jasa
  7. Mendoakan orang yang terkena musibah (sebagai doa singkat).

Ingat, “Fiikum” ditambahkan ketika jamak (lebih dari satu) sedangkan bila cuman sendiri atau satu orang saja cukup diucapkan “fiik” saja.

menggunakan barakallahu fiikum dengan tepat
menggunakan barakallahu fiikum dengan tepat | Mengucapkan terima kasih atas sedekah

Ingat untuk membalasnya bila anda yang mendapatkan ucapan Barakallahu fiikum dengan jawaban “Wa fiihim barakallah” (bila jamak) atau “Wa fiika barakallah” bila laki laki sendiri, dan “Wafiiki barakallah” bila perempuan sendiri.

mengucapkan barallahu fiikum
Advertisement by google
mengucapkan barallahu fiikum sebagai doa dan rasa terima kasih mendalam

Nah, bagaimana dinda, sudah jelas apa arti barakallahu fiikum dan cara menjawab serta kapan digunakan. Bila masih ada pertanyaan lain, silahkan diketik di kolom komentar dibawah ini.

Barakallahu Fiikum artinya apa?

Arti Barakallahu fiikum adalah “Semoga Allah memberkati kalian” atau “Semoga Allah memberkati mereka”.
Ini adalah bentuk jamak dari barakallahu fiik.
Barakallahu fiikum artinya apa

Apa balasan Barakallahu fiikum?

Ketika ada yang mengucapkan Barakallahu fiikum ke anda, jawab dengan “Wa fiihim Barakallah”, bila anda bermaksud mengucapkan untuk dia sekalian keluarga ataupun pasangan ataupun orang yang bersamanya.balasan barakallahu fiikum dan cara menjawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here