5+ Contoh Pidato Persuasif Narkoba Lingkungan Pendidikan Kesehatan

0
268

ADS BY GOOGLE

Selamat pagi pembaca learniseasy.com, kali ini saya akan memberikan beberapa contoh pidato persuasif tentang narkoba dan menjelaskan perihal apa itu pidato persuasif dan contohnya pada pidato narkoba.

This Pages that promote drug-rehabilitation and Information pages about the history of a recreational drug (e.g., opium wars).

Apa Itu Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif tentang narkoba | Pembaca yang budiman dan rajin belajar, sebelum kita mulai ke bagian contoh pidato, saya akan elaborasi apa itu pidato persuasif.

Kalian pasti sudah mengetahui bahwa ada 4 jenis pidato, yaitu pidato informatif, pidato rekreatif, pidato deskriptif, dan pidato persuasif. Kali ini akan saya paparkan tentang pidato persuasif.

Sederhananya, pidato persuasif artinya pidato yang membujuk atau mengajak kepada sesuatu. Rangkaian kata pada pidato persuasif disusun sedemikian rupa sehingga menarik hati para pendengar (ataupun pembaca) untuk ikut pada kemauan orang yang berpidato.

Pidato persuasif juga mengambarkan serangkaian alasan kenapa anda atau para pendengar harus mengikuti arah pikiran pidato tersebut. Poin penting dari pidato persuasif adalah bukan memaksa untuk sejalan, tetapi mengajak dengan memberikan argumen argumen yang logis serta emosional sehingga pada akhir pidato, pendengar dapat tergerak untuk menyetujui maksud pidato tersebut serta ikut melakukan hal hal yang dituangkan dalam pidato.

Jadi bagi kalian yang ingin membuat pidato persuasif, kalian haruslah merangkai tiap tiap paragraf tersebut dengan alur yang pas. Dimulai dari salam pembuka, kemudian paragraf pembuka tentang rasa syukur, selanjutnya bagian tentang masalah yang ingin disampaikan dan seterusnya hingga langkah langkah yang baik itu preventif ataupun solutif untuk memecahkan masalah tersebut.

Struktur Pidato Persuasif

Agar kalian lebih memahami apa itu pidato persuasif, saya akan berikan struktur dasar dari pidato persuasif.

Pada umumnya, sebuah pidato persuasif memiliki 3 struktur dasar yaitu:

  1. pernyataan posisi atau proposal pemikiran,
  2. Argumen
  3. Penguatan pernyataan posisi atau konklusi pidato

Jadi struktur diatas itu diluar dari salam pembuka dan bagian pembuka seperti ucapan syukur kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW dan rasa terima kasih kepada hadirin.

Bagaimana penjelasan dari ketiga struktur pidato persuasif diatas? Berikut penjelasannya:

Pernyataan Posisi / Proposal

Pernyatan posisi atau proposal terhadap pendirian anda pada suatu permasalahan yang kalian angkat dan elaborasi kepada para pendengar budiman. Adapun muatan dari bagian awal struktur pidato persuasif ini adalah

  1. Siapa yang ingin diyakinkan oleh pidato tersebut
  2. Apa saja item item atau hal hal yang ingin anda yakinkan kepada hadirin atau pendengar
  3. Argumen perihal masalah tersebut yang mampu memberikan rasa emosional awal kepada pendengar
  4. Berikan pernyataan awal yang jelas tentang posisi anda terhadap masalah yang anda angkat.

Tahap Argumen

Tahap kedua dari struktur pidato persuasif ini adalah bagian bagi anda yang ingin menyampaikan pidato persuasif untuk meletakkan argumen argumen pembangun yang logis serta dan atau emosional kepada pendengar.

Argumen logis tersebut haruslah mampu menjadi concern atau perhatian bagi pendengar anda sehingga rasa tertarik dan iba atau dengan kata lain argumen logis tersebut haruslah mampu membujuk pendengar kalian.

Argumen logis tersebut mungkin dapat dikatakan sebagai argumen gombal untuk menarik perhatian dan mengambil hati para pendengar.

ADS By Google

Kenapa membutuhkan argumen emosional? Argumen logis terkadang tidak memberikan impact atau dampak yang signifikan terhadap perasaan atau feel pendengar. Argumen logis hanya mampu “menarik” orang orang yang mampu memahami nalar tersebut atau yang nalarnya sampai. Sedangkan argumen emosional, mampu menjangkau semua orang yang memiliki emosi.

Argumen argumen logis seperti data data dari BPS ataupun media media serta jurnal kalau perlu. Argumen argumen emosional sendiri dapat muncul dalam argumen logis apabila penyampaian serta argumen yang diangkat memang telah menjadi masalah bersama bagi semua pendengar.

3. Penguatan Pernyataan Posisi

Bagian terakhir dari struktur pidato persuasif adalah penguatan pernyataan posisi. Dengan kata lain, merupakan sebuah konklusi atau kesimpulan terhadap masalah tersebut.

Pernyataan ini haruslah mampu membuat para pendengar pidato anda tergerak, dan juga terpanggil untuk melakukan langkah langkah yang kalian paparkan.

Untuk bagian bagian selanjutnya kalian bisa berimprovisasi seenak jidat kalian. Selama kalian mengikuti struktur diatas, Insya Allah kalian tidak akan kesulitan dalam membuat pidato persuasif narkoba.

Contoh Pidato Persuasif Narkoba

Dibawah ini saya akan berikan satu contoh pidato persuasif tentang narkoba dan kenakalan remaja. Kalian pasti sudah tahu bahwa pernyataan posisi saya pada pidato persuasif narkoba ini adalah melarang menggunakan narkoba dan memang tidak ada gunanya menggunakan narkoba.

Contoh pidato persuasif tentang Narkoba - Sukarno
Contoh pidato persuasif tentang Narkoba – Sukarno
Contoh Pidato Persuasif Narkoba

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Bapak dan Ibu Guru SMP 21 Makassar
dan teman teman dan hadirin sekalian generasi muda bangsa yang saya cintai dan banggakan.

Puji syukur kita panjatkan atas berkah dan rahmat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan, waktu serta kesehatan sehingga kita semua, dapat hadir di ruangan ini.

Salam dan shalawat kita haturkan kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW, manusia yang telah diberi serangkain wahyu oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril untuk disampaikan dan disebarkan kepada kita semua umat manusia. Atas itulah, kita semua dapat melewati zaman jahiliah dan masuk ke zaman yang penuh dengan keilmuan ini.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini, saya mohon perhatian kalian semua karena apa yang saya akan sebutkan beberapa menit kedepan adalah hal yang sangat penting untuk kita selesaikan.

Hadirin yang Insya Allah dirahmati Allah SWT, Narkoba adalah zat yang sangat berbahaya bagi manusia baik itu orang tua terlebih lagi anak muda dan anak anak. Sudah banyak warga Indonesia yang menjadi pencandu narkoba, dan tak sedikit diantara mereka masih anak anak. Hal ini sangatlah membahayakan bagi bangsa dan negeri kita tercinta ini.

Teman teman dan hadirin sekalian, selain dari zatnya yang mampu merusak otak dan tubuh kita, narkoba juga mampu merusak kehidupan sosial dan moral penggunanya. Oleh karena itu kita harus menghentikan penyebaran narkoba di Indonesia.

Hadirin yang dirahmati Allah, kita semua sudah sering melihat di youtube serta berita di TV, bahwa setiap pecandu narkoba, mendapatkan narkoba mereka melalui pengedar narkoba. Jaringan pengedar yang tersebar di senantero negeri ini yang ada juga yang berasal dari luar negeri bertanggung jawab akan kejahatan keji ini.

Para Bandar bandar narkoba atau kartel yang berasal dari jaringan internasional membawa masuk narkoba melalui berbagai jalur, baik itu ilegal dan ada juga yang seludupkan pada jalur jalur resmi seperti maskapai. Mereka menggunakan kurir kurir dan kemudian mereka packing sedemikian rupa sehingga para petugas kita tidak mampu mengetahui bahwa itu adalah narkoba. Barang haram tersebut masuk ke berbagai daerah bahkan pelosok sekalipun. Mirisnya hadirin sekalian, Lembaga Pemasyarakatan, yang seharusnya tempat rehabilitasi dan tempat menyadarkan diri malah menjadi tempat penyebaran dan perputaran narkoba itu sendiri.

Bukan hanya LP hadirin sekalian, bahka hampir semua instansi di Indonesia terjangkit oleh peredaran barang haram ini. Mulai dari kepolisian, hingga sekolah sekolah. Banyak PNS yang ditahan atas penggunaan narkoba, dan tak sedikit pula siswa siswa SMA, SMP dan bahkan SD sekalipun ikut menjadi pecandu. 

Bapak Ibu dan teman teman generasi bangsa yang saya banggakan, kita perlu menyadari generasi muda adalah kunci dari kelestarian bangsa dan negara ini. Bila generasi muda kita hancur, maka kehancuran NKRI tercinta ini tinggal menunggu waktu. Oleh karena itu, generasi muda, para siswa siswa harus kita lindungi dengan sepenuh tenaga.

Anak anak dan generasi muda lainnya, adalah masa yang penuh emosional, masa dimana rasa keingintahuan melonjak dan hampir tanpa batas. Ini merupakan potensi yang berbahaya bagi penetrasi narkoba. Mulai dari banyaknya masalah hingga coba coba menjadi alasan utama bagi siswa siswa dan generasi muda lainnya menjadi pecandu narkoba. Berawal dari miras, ngelem dan pada akhirnya narkoba.

Dan bahkan ada banyak kasus dimana siswa siswa kita ditipu oleh pengedar narkoba dalam wujud membagikan permen gratis yang notabenenya sudah dicampur narkoba didalamnya. Ini otomatis menjadi kan pecandu narkoba. Nauzubillahi minzalik.

Hadirin sekalian, kita perlu sadar dan mengambil tindakan terhadap bahaya laten narkoba ini. Kita harus menghindarkan para pelajar dan generasi muda dari peredaran dan penyalagunaan narkoba ini baik dilingkungan sekolah maupun dalam pergaulan mereka. 

Untuk menghindari ini, kita harus menanamkan pada setiap anak anak, pelajar dan generasi muda tentang bahaya narkoba dan kerugian yang ditimbulkan akibat mengonsumsi narkoba. Kita perlu menanamkan rasa takut terhadap narkoba. Rasa jijik dan juga amarah terhadap narkoba. Kita perlu menanamkan rasa perlawanan dan kebencian yang mendalam terhadap narkoba.

Hadirin sekalian, langkah langkah yang bisa kita lakukan untuk menanamkan rasa rasa tersebut dapat kita mulai dari keluarga dengan menanamkan nilai nilai moral dan agama yang baik. Selanjutnya di lingkungan kelas, mulai dari tugas tugas yang berhubungan dengan narkoba seperti membuat pidato tentang narkoba dan bahaya narkoba, tugas makalah tentang bahaya narkoba,forum diskusi serta lomba lomba yang bertemakan narkoba seperti lomba pidato, lomba poster dan juga lomba mading yang bertemakan penyalagunaan narkoba dan bahaya narkoba.

Melalui langkah langkah dan tindakan diatas, secara tidak langsung siswa siswa dan pelajar pelajar akan mengenal dan memahami dampak dari penyalagunaan narkoba. Dan hasil akhir yang kita harapkan adalah rasa sadar dan benci terhadap narkoba.

Sebelum saya akhiri pidato tentang narkoba ini, saya ucapkan mohon maaf bila ada kata, ucapan ataupun tindakan yang tidak berkenan, serta terima kasih atas perhatian yang hadirin semua berikan kepada saya. 

Sebelum saya akhiri pidato tentang narkoba ini sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan mohon maaf apabila ada kata ataupun ucapan yang tidak berkenan bagi teman teman dan khusunya Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru semuanya.

Wabillahi Taufiq wal Hidayah Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah diatas contoh pidato persuasif tentang narkoba dan bahaya narkoba bagi kalangan pelajar dan siswa.

Perhatian dalam membuat pidato persuasif

perhatikan contoh pidato persuasif diatas, ada baiknya bila kalian menambahkan data data dari BNN atau Badan Narkotika Nasional. Serta data dari KOMNAS HAM ANAK dan Badan Perlindungan Anak. Dan tidak ada salahnya dalam berpidato, kalian membawa foto foto yang telah diprint dikertas, para pecandu narkoba yang tubuhnya rusak akibat narkoba.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

Lengkap dan Mudah Di Hafal

Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Contoh pidato berikut adalah tentang pidato persuasif lingkungan. Pidato ini mengajak para hadirin untuk sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Silahkan digunakan sebagai contoh pidato anda dan referensi pidato anda.

Contoh pidato persuasif tentang Lingkungan - Sukarno
Advertisement by google
Contoh pidato persuasif tentang Lingkungan – Sukarno
Contoh Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Yang terhormat Ibu Guru Wali Kelas 10
dan teman teman sekalian yang saya cintai,

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT, pencipta seluruh Alam Semesta beserta isinya termasuk Bumi yang kita tinggali sekarang, mari bersama ucapkan Alhamdulillah atas berkah dan karunia yang diberikan kepada kita semua sehingga dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat.

Teman teman sekalian,

Cerminan dari perilaku manusia selama hidup di Bumi adalah kondisi lingkungan sekitar mereka. Malaikat Jibril pernah mempertanyakan keputusan Allah SWT ketika ingin menciptakan manusia dengan kekhawatiran manusia merusak Bumi beserta isinya. Hal ini tentulah bukan Tujuan dari Allah SWT dan bukan pula sifat dasar dari manusia.

-Baca Juga-

Hadirin sekalian, sebagai khalifah atas bumi ini, kita sebagai makhluk ciptaan Allah yaitu manusia, diberikan tanggung jawab yang besar untuk menjaga kelestarian alam semesta beserta lingkungan hidup kita dengan sebaik baiknya. Dalam menjaga lingkungan ini, kita telah diberitahukan dan diizinkan untuk memanfaatkan lingkungan sekitar kita untuk kepentingan hidup kita. Hal ini telah dikabarkan dalam Surah Al-An’am ayat 141-142 ,

Allah berfirman yang artinya”“Dan dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Al an’am: 141)”

Ayat yang tadi saya sebutkan selain memberikan manusia izin, sekaligus memperingatkan kita bahwa janganlah berlebih dalam memanfaatkan alam sekitar.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT, Apa yang terjadi ketika kita berlebih dalam memanfaatkan Alam sekitar dan tidak menjaga lingkungan kita, Allah SWT pun telah berfirman dalam Surah Ar Ruum Ayat 41 yang artinya “Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Ayat yang tadi saya sebutkan jelas menunjukkan bahwa akan terjadi bencana dan malapetaka untuk manusia sendiri. 

Hadirin sekalian, teman teman yang saya banggakan. Orang bijak berkata mulailah dari yang hal kecil. Dalam menjaga lingkungan dan alam semesta, kita sebaiknya mulai dari hal yang kecil terlebih dahulu, yaitu diri kita. Menjaga kebersihan diri adalah suatu langkah kecil yang harus kita budayakan. Kemudian menjaga kebersihan tempat tidur kita. Ketika kita baru saja bangun, ada baiknya, sebelum Shalat Subuh, kita rapikan terlebih dahulu tempat tidur kita. 

Hadirin sekalin, apabila kedua hal tersebut telah mantap, maka mari bergerak ke hal hal yang lebih yaitu kebersihan rumah dan juga pekarangan kita. Kita tidak perlu malas dalam membersihkan rumah, Ingat rumah yang bersih serta WC yang bersih akan menjadikan kita sehat dan tidak sumpek di dalam rumah.

Setelah kita mampu membersihkan rumah sendiri, mari teman teman sekalian, kita bersama sama, menjaga kebersihan kelas dan sekolah kita. Janganlah membuang sampah sembarangan, janganlah membakar sampah sembarangan. Membuang sampah sembarang tentu saja akan memiliki akibat yang tidak baik kepada lingkungan dan kesehatan kita. Salah satu dampaknya akan terjadi apabila sampah tersebut menyumbat selokan dan menyebakan air meluap dan akhirnya banjir.

Hadirin sekalian, mulailah dari hal kecil, termasuk dalam menjaga lingkugan dan melaksanakan tugas kita sebagai khalifah atas bumi dan isinya. Diluar dari lingkungan sekolah, adalah lingkungan pergaulan kita. Jagalah bersihan ketika berada diluar rumah dan diluar sekolah. Jangan kira tidak orang yang mengawasi kita bebas buang sampah sembarangan, merusak tumbuh tumbuhan sembarang dan juga membakar sembarangan. 

Teman teman sekalian, mari kita tanamkan dalam diri kita masing masing rasa tanggung jawab atas lingkungan ini serta rasa cinta akan kebersihan lingkungan. Rasa cinta ini akan kita bawa besar nanti, baik itu dalam berkeluarga ataupun dalam dunia kerja. Raca cinta tersebut akan menjadi nilai lebih yang akan menguntungkan kita di Dunia dan di Akhirat kelak. Insya Allah Aamiin.

Seperti kata pepatah, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Mari bergerak sama sama sadar akan kebersihan lingkungan kita. Bagi yang memiliki piket membersihkan di kelas, ayo, laksanakan sebaik baiknya. Bagi yang belum jadwalnya piket, jagalah kebersihan. Mulai dengan hal kecil ini, saya memiliki keyakinan bahwa kelak kita semua akan menjadi pemimpin pemimpin di masyarakat yang akan memakmurkan dan melestarikan Bumi beserta isinya.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan. Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Itulah diatas sebuah contoh pidato persuasif tentang lingkungan dan kebersihan lingkungan. Kalian boleh edit sesuka hati kalian yah. Bila ada diantara kalian yang ingin download file wordnya, silahkan lihat link download di akhir halaman ini.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Contoh pidato persuasif tentang pendidikan
Contoh pidato persuasif tentang pendidikan – Malcom X
Contoh Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati Ibu Guru Wali Kelas 12
dan yang saya banggakan teman teman kelas 12 B

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkah dan rezeki serta kesehatan dan kesempatan yang dicurahkan kepada kita semua sehingga kita  dapat hadir dan berkumpul sekarang ini. Tak lupa pula kita panjatkan shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, semoga ajaran ajaran beliau dapat kita jadikan pedoman dalam kehidupan kita.

Teman teman sekalian, Malcom X pernah berkata “Education is the passport to the future, for tomorrow belong to those who prepare for it today”. Pendidikan adalah kunci dari masa depan, karena hari esok milik orang orang yang bersiap hari ini. Kalimat dari Malcom X ini kalau kita telaah lebih jauh, mengandung makna yang dalam dan mengisyaratkan betapa pentingnya pendidikan.

Teman teman sekalian, mari kita sadar dan benar benar berpikir mempertanyakan kepada diri kita sendiri yaitu “Seberapa pentingnya pendidikan untuk diri saya”. Tolong direnungkan dan dipikirkan dengan baik pertanyaan yang baru saja saya ucapakan. 

Apakah pendidikan lebih penting dari bermain main, apakah pendidikan lebih penting dari makanan, apakah pendidikan lebih penting dari kendaraan yang kita inginkan, apakah pendidikan lebih penting dari yang kita rindukan, apakah pendidikan lebih penting dari teman kita, apakah pendidikan lebih penting dari mobile legend, apakah pendidikan lebih penting dari bermain game. 

Teman teman sekalian, Pertanyaan pertanyaan barusan, Bagi yang menjawab YA berarti anda memiliki kecintaan terhadap pendidikan, mencari ilmu dan belajar. Anda sadar betul fungsi pendidikan dan kegunaan dan manfaat pendidikan serta kelebihan orang orang yang berpendidikan. Anda yang menjawab YA, akan lebih memilih menghabiskan waktunya untuk belajar ketimbang bermain mobile legend. Anda yang menjawab YA, lebih menyukai membaca buku ketimbang nonton youtube trending. Anda yang menjawab YA, artinya feed search instagram kalian penuh dengan akun instagram edukasi. Anda yang menjawab YA, akan lebih sering membaca buku daripada jalan jalan. Anda yang memilih YA, memilih jomblo hingga punya kerja atau mencapai gelar S-1.

Teman teman sekalian, bagi yang menjawab Tidak, Nelson Mandela punya Qoute untuk anda yaitu “Education is the most powerfull weapon which you can use to change the world”. Pendidikan adalah senjata terkuat yang kamu bisa gunakan untuk mengubah dunia. Dunia yang dimaksud paling sedikit adalah dunia kita sendiri. Masa depan yang kita bisa raih. Mau jadi apa kita kalo nilai kita rendah akibat tidak mau belajar. Mau jadi apa kita bila kita tidak naik kelas atau lulus ujian karena lebih memilih menghabiskan waktu bermain mobile legend atau PUBG, itupun masih noob. 

Teman teman sekalian, bagi yang menjawab tidak, bangunlah dari mimpi kalian. Tidak mungkin orang orang yang menjadi teladan banyak orang mengucapkan hal hal tentang pentingnya pendidikan bila memang pendidikan sepenting itu. Negara yang maju adalah negara yang memiliki warga negara yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. Tidak percaya, lihat semua negara maju, oke, saya ambil contoh, Amerika Serikat. Negara yang sangat maju. Hal ini jelas bukan sihir, atau sesuatu yang datang tiba tiba. Jerman, Prancis, Cina, Jepang, Korea Selatan, dan banyak lagi negara negara lain yang penduduknya telah sadar betapa pentingnya pendidikan. 

Teman teman sekalian, mungkin diantara kita ada berpendapat bahwa bermain game ataupun menghabiskan waktu bermain untuk refreshing untuk tidak ada salahnya. Saya setuju dengan anda. Permainan atau hobi apapun itu, sangatlah penting untuk menjaga kestabilan mental kita dan membuat kita senang. Akan tetapi teman teman sekalian, terkadang dan bahkan sering, kita lupa waktu dan menjadi terlena dalam kegiatan yang pada awalnya kita sebut untuk refreshing.

Teman teman sekalian, oleh karena itu, saya menyarakan kepada kita semua untuk pintar pintar mengatur waktu kita sehingga waktu belajar kita lebih banyak dari waktu bermain. Contoh, kita masuk sekolah jam 7 pagi dan pulang pada pukul 16:00. Ada baiknya ketika kita sudah sampai di rumah, kita beristirahat dan refreshing hingga masuk waktu magrib. Kegiatan seperti berolahraga atau bermain game mobile legend atau PUBG. Setelah Isya atau jam 20:00, sudah seharusnya kita belajar ataupun membaca buku perihal pelajaran tadi serta pelajaran untuk hari esok.

Teman teman sekalian, Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, saya percaya, Pendidikan akan betul betul mengantarkan kita menjadi pemilih hari esok. Hal tersebut tentu saja karena kita tidak setengah setengah dalam belajar. Kita bersungguh sungguh mencari pendidikan setinggi tingginya.

Sekiranya itulah beberapa hal tentang pentingnya pendidikan, saya tutup pidato saya hari ini dengan mengutip ucapan Filsuf Aristoteles bahwa “Root of education are bitter, but the fruit is sweet”, akar dari pendidikan itu pekat pahit, tapi buahnya sungguh sangat manis. 

Terima kasih atas kesempatan dan perhatian yang diberikan kepada saya, Wabillahi Taufik Walhidayah, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Itulah diatas contoh pidato persuasif singkat tentang pendidikan dan pentingnya pendidikan untuk masa depan kita semua. Kalian bisa edit dan tambahkan sesuka hati kalian untuk contoh pidato persuasif diatas, tapi ingat, EYD dan kesinambungan untuk tiap paragraf.

Kalian dapat menambahkan data data pendidikan dan sejenisnya dari KEMENDIKTI dan kementerian kementerian terkait serta penelitian penelitian sosial masalah pentingnya pendidikan dan akibat yang terjadi akibat menyepelekan pendidikan.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kesehatan

Contoh pidato persuasif | Kali ini saya akan berikan contoh pidato persuasif tentang kesehatan perihal pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kesehatan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Yang terhormat Ibu Guru Bahasa Indonesia
yang saya cintai dan banggakan, teman teman sekalian.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas kesehatan dan rejeki serta izinnya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di kelas ini untuk melalukan praktik Pidato persuasif. Salam dan shalawat kita haturkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW, semoga kita semua bila meneladani beliau dan mengikuti ajaran ajaran sepenuh hati.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membawakan pidato bertemakan kebersihan dengan judul “Pentingnya menjaga kebersihan Tangan”. 

Teman teman sekalian, saya pernah mendengar perihal tangan adalah pusat kuman penyakit. Saya percaya akan hal tersebut. Tangan saya dan tangan kalian merupakan salah satu penyebar penyakit dan kuman. Hal tersebut karena tangan kita semua, bersentuhan dengan banyak hal yang kita pada umumnya tidak kita sadari apakah hal tersebut bebas dari penyakit ataupun kuman yang berbahaya.

Teman teman sekalian, tangan kita semua memiliki banyak kesibukan yang berpotensi menyebarkan penyakit ataupun kuman, seperti bersalaman, memegang pintu WC, menyentuh benda benda kotor, menyentuh uang kembalian, menyentuh minuman dan makanan, menyentuh pipet minuman dan banyak lagi.

Teman teman sekalian, setiap tahunnya ada 3,5 juta anak anak di seluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur 5 tahun akibat penyakit diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA. Salah satu penyebab utama terjadinya diare serta ISPA adalah akibat kuman dan virus serta penyakit yang masuk kedalam tubuh melalui tangan yang kotor. 

Teman teman sekalian, oleh karena itu mencuci tangan sangatlah penting untuk dijadikan sebagai rutinitas sebelum kita makan ataupun minum atau juga menyentuh mulut serta wajah kita. Kita tidak tahu apakah tangan kita itu menempel kuman ataupun virus yang tidak dapat kita lihat. 

Teman teman sekalian, pada kesempatan kali ini saya ingin menghimbau kepada teman teman untuk mencuci tangan menggunakan sabun setiap hari, baik itu sebelum makan dan minum ataupun ngemil dan juga sebelum dan setelah BAB dan pipis. Jurnal menyebutkan bahwa cuci tangan menggunakan sabun terbukti efektif mematikan kuman kuman yang mampu menyebarkan penyakit. Penelitian lain juga membuktikan bahwa korban diare berkurang 47 % karena mencuci tangan menggunakan sabun.

Teman teman sekalian, kita bersama sama harus sudah dari sekarang sadar akan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun dan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. PBB saking menganggap penting dan bermanfaatnya cuci tangan, menjadikan tanggal 15 Oktober sebagai Hari mencuci Tangan Dunia.

Teman teman sekalian, dengan mencuci tangan secara rutin dan setelah beraktivitas dan khususnya sebelum makan, akan membuat tubuh kita sehat dan tidak mudah terjangkiti penyakit khususnya diare dan ISPA.

Demikianlah pidato saya. Terima kasih atas perhatian dan kesempatannya, Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Itulah diatas contoh pidato persuasif tentang pendidikan yang singkat. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Wassalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here