2019+ Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba dan Bahaya Narkoba

0
10680

ADS BY GOOGLE

Contoh pidato singkat tentang narkoba | Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kali saya akan membagikan kepada kalian tentang pidato pidato dan contoh contoh pidato singkat tentang narkoba dan bahaya narkoba. 

Jadi artikel ini akan menjelaskan tentang bahaya narkoba dan pendidikan mengenai bahaya narkoba. 

Saya akan berikan beberapa contoh pidato tentang anti narkoba baik itu pidato dalam bahasa Indonesia,maupun dalam bahasa Inggris. Untuk bahasa lain seperti pidato tentang narkoba dalam bahasa Jawa dan Arab, saya akan tambahkan dikemudian hari.

This article is about :

  • Pages that promote drug-rehabilitation.
  • Information pages about the history of a recreational drug (e.g., opium wars). 
  • speech about why drugs are dangerous for our health.

Kita langsung masuk saja ke contoh contoh pidato tentang Narkoba dan anti Narkoba.

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba dan Bahaya Narkoba Singkat dan Panjang

Kita masuk dulu ke Contoh Pidato Singkat tentang  Narkoba yah, sekitar 5 menitan selesai jika kalian berpidato dengan kecepatan bicara yang pas. Jadi dalam berpidato itu, kalian harus menjaga kecepatan bicara anda, agar pendengar dapat paham dan mengerti hal hal yang kalian ingin sampaikan kepada mereka

Pidato adalah seni berbicara dan menyampaikan kepada khayalak ramai, sehingga segala aspek harus di tingkatkan mulai dari suara, gestur, pandangan, naskah, serta kecepatan bicara itu sendiri. Nanti saya akan tulis tentang tips tips dalam berpidato serta buku buku apa saja yang pas untuk kalian baca untuk memaksimalkan pidato anda, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

 

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat dan bahaya narkoba
Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat dan bahaya narkoba di kalangan remaja

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba dan Bahaya Narkoba Singkat 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. 

Mari bersama sama mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk puji syukur ke hadirat Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT) karena atas berkat rahmat dan izin Nya lah kita dapat hadir dan berkumpul dalam keadaan sehat, Insya Allah, dan tanpa halangan berarti.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, suri tauladan bagi saya dan kita semua.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang bahaya narkoba untuk generasi saat ini dan generasi penerus bangsa Indonesia.

Laporan dari KPAI sangat mengerikan, Negeri kita ini, ada 87 juta lebih anak Indonesia, dan kalian tahu, 5,7 juta anak lebih yang menjadi pecandu narkoba. Mengerikan bukan.

Teman teman dan hadirin sekalian, kita harus bergerak dan melakukan perubahan agar masa depan bangsa dan generasi penerus kita aman dari bahaya narkoba dan penyebarannya.

Orangtua dan orang dewasa harus sadar mulai sekarang dan kedepannya untuk memberikan penyadaran dan pengawasan kepada anak anak disekitar kita tentang bahaya narkoba.

ADS By Google

Teman teman dan hadirin sekalian, Apa sebenarnya yang menyebabkan penyebaran Narkoba ini semakin meningkat setiap tahunnya. Kita mengetahui bahwa aturan sekarang ini sudah kuat akan penyebaran narkoba, yang lemah adalah penegakkannya. Kita melihat di TV dan berita, banyak penegak hukum seperti polisi yang menjadi pecandu dan bahkan penyebar narkoba.

Hal ini menjadi jalan bagi para bandar narkoba dan pengedar narkoba untuk masuk ke dalam Indonesia dan menyebar ke anak anak.

Teman teman dan hadirin sekalian, kita ketahui, narkoba adalah zat yang adiktif, dengan kata lain, menyebabkan kecanduan, satu dua kali mencoba dapat membuat penggunanya terjebak dalam lingkaran setan.

Bahkan ada pecandu narkoba yang tidak sadar dirinya telah menjadi pecandu. Kalian pernah dengar penyebaran narkoba yang dimasukkan kedalam bahan permen dan sejenisnya. Ya, itu adalah kejahatan yang sangat keji terhadap anak anak kita. 

Teman teman dan hadirin sekalian, anak anak yang mengonsumsi permen tersebut tidak sadar bahwa telah mengonsumsi narkoba dan dikemudian hari akan menjadi pecandu. INI HARUS KITA HENTIKAN.

Negara dan masyarakat harus bergerak cepat dan tangkas dalam menanggulangi penyebaran narkoba ini, khususnya penyebaran narkoba di kalangan pelajar di sekolah dan kampus.

Teman teman dan hadirin sekalian, saya menyarankan agar dilakukannya berbagai penyuluhan di daerah daerah di lingkungan sekolah dan kampus tentang bahaya narkoba yang dapat meracuni tubuh kita dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kita harus memberikan kepada siswa siswa dan mahasiswa tentang aturan aturan yang akan menjerat bagi pengedar dan pengguna narkoba. Informasi tentang hukuman yang berat serta dampak negatif dari narkoba harus disebarkan hingga ke bangku bangku sekolah. Anak anak dan mahasiswa harus sadar sepenuhnya bahwa narkoba tidak memiliki dampak positif dan keuntungan sedikitpun.

Teman teman dan hadirin sekalian, selain penyuluhan, hal lain yang dapat kita lakukan adalah mengadakan berbagai even dan perlombaan seperti lomba pembuatan artikel tentang bahaya narkoba, lomba pidato tentang bahaya narkoba, dan juga lomba pembuatan poster tentang bahaya narkoba.

Tentunya cara- cara tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk siswa. Selain itu, juga dapat meningkatkan kepintaran siswa dan mahasiswa.

Demikian sedikit pidato tentang bahaya narkoba untuk remaja Indonesia yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata dalam penyampaiannya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat
Advertisement by google
Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat dan bahaya narkoba

Perlu saya ingatkan bahwa dalam membacakan pidato, kalian tidak seperti membaca artikel ataupun novel, kalian harus bernapas dan mengatur kecepatan bicara anda serta intonasi dan penekanan pada bagian bagian tertentu.

Dalam menyebutkan “Teman teman dan hadirin sekalian” ataupun kalimat lain yang pesertanya sesuai konteks kegiatan kalian, kalian harus memandang ke kiri hingga ke kanan peserta kegiatan, agar setiap peserta yang hadir merasakan “aura” anda dalam berpidato. 

Bung Karno dalam berpidato, sangatlah hebat dikarenakan kemampuannya untuk menanamkan “aura” kepada setiap hadirin. Kalian bisa baca salah satu buku dari naskah Pidato bung Karno yaitu Indonesia menggugat.

Bagi yang mencari contoh pidato narkoba dalam bahasa Inggris, silahkan dibuka dilink dibawah ini.

Contoh Pidato Singkat narkoba bahasa Inggris di kalangan pelajar


Contoh Pidato Singkat Narkoba Bahaya Narkoba Untuk Generasi Muda

Kali ini saya akan memberikan naskah pidato tentang narkoba yang cukup panjang untuk kalian bacakan di depan umum, apalagi pada saat penyuluhan. Bagi yang ingin mendownload PDF  silahkan anda download pada link diakhir tulisan.

Contoh pidato singkat tentang narkoba dan bahaya narkoba dalam bahasa Indonesia
Pidato tentang narkoba dan anti narkoba bahaya narkoba dalam bahasa Inggris dan Indonesia

Bismillahirrohmanirrohim,

Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan serta hadirin sekalian dalam kegiatan penyuluhan Bahaya narkoba dan Mari Selamatkan Anak CUCU Kita.

Yang saya Hormati, Bapak Bupati ………. (kondisional) ataupun yang mewakili

Yang saya hormati, Bapak / Ibu ataupun yang mewakili.

(tolong nanti baca catatan dibawah tentang berpidato dalam menyampaikan sambutan kepada hadirin terhomat)

Untuk semua hadirin, saya ucapakan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan salam sejahtera untuk kita semua.

Hadirin sekalian, kita semua hadir disini karena kita meyakini bahwa Narkoba sudah sangat berbahaya untuk bangsa dan rakyat Indonesia khususnya generasi penerus kita.

Melihat dari berbagai berita dan tayangan TV tentang kejahatan narkoba mulai dari pengguna narkoba, pecandu narkoba hingga bandar narkoba. Kejam, betul betul kejam.

Hampir tidak ada lagi batasan bagi kejahatan narkoba ini. Kita mengetahui, mulai dari laki laki hingga perempuan, mulai dari anak kecil hingga tua jompo, mulai dari pengemis hingga orang kaya, mulai dari sipil hingga pegawai negeri hingga penegak hukum. SEMUA lini sendi sendi kehidupan di masyarakat telah terjangkit oleh barang haram ini.

Istilah yang kita gunakan dalam menyebut narkoba juga harus kita ganti menjadi NAPZA sesuai ketentuan aturan. NAPZA yaitu singkatan untuk Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Semua ini agar kita sadar bahwa narkoba atau NAPZA banyak macamnya dan kita harus berhati hati terhadap segala bentuk penyebarannya.

Hadirin yang saya hormati, KPAI atau Komisi Perlindungan Anak Indonesia melaporkan di tahun 2018 lalu, ada 5,7 juta anak Indonesia yang menjadi pengguna narkoba dan 8 persen didalamnya menjadi pengedar narkoba. Hal ini sangatlah bahaya untuk kelangsungan bangsa dan negara kita.

Hadirin yang saya cintai, coba bayangkan bagaimana dampak kedepannya terjadi pada anak anak tersebut. Masih kecil sudah mengedar, bayangkan apa yang terjadi kedepannya bila kita semua tidak cepat dan tuntas dalam menanggulangi penyebaran dan penggunaan NAPZA atau narkoba ini.

Hadirin sekalian, kalian pasti pernah melihat di TV ataupun membaca di berita, ditemukan kandungan narkoba di dalam permen yang dijual untuk anak anak. HAL INI SUNGGUH KEJI dan BIADAB. 

Penyebaran narkoba ini sungguh sangatlah tidak punya etika dan moral. 

Hadirin sekalian, Mungkin ada sebagian dari kita yang mengira bahwa Narkoba ataupun NAPZA merupakan konsumsi untuk orang berduit, hal tersebut terbukti salah hadirin. 

Pelaporan polisi dan juga data dari KPAI serta BPPN terbukti, bahwa pengguna narkoba dan pengedar narkoba banyak dari kalangan menengah ke bawah bahkan hingga orang orang miskin di luar sana. 

Hadirin yang saya hormati, INI sangatlah bahaya. Dampak dari kecanduan terhadap narkoba bukan hanyak kepada diri sang pengguna narkoba itu saja, tetapi kepada keadaan sosial bermasyarakat.

Kita ketahui, bahwa ketika pecandu tersebut sakau atau ingin sekali menggunakan narkoba, maka akan timbul hasrat yang besar untuk mencari dan membeli. Ketika mereka tidak punya uang untuk membeli, mereka akan mencoba berutang, menjual barang barang miliknya hanya untuk menahan kecanduan mereka.

Hadirin sekalian, Kita semua tahu bahwa ketika tidak ada lagi orang yang bisa memberikan mereka uang untuk membeli barang haram tersebut, ketika barang barang yang mereka miliki sudah habis mereka jual, mereka akan turun ke jalan dan melakukan kegiatan kriminal untuk mendapatkan uang. 

Apa contohnya? Mencuri, merampok dan juga ada yang ikut jadi pengedar narkoba itu sendiri. Sangat miris.

Tapi yang paling miris adalah kalangan pelajar khususnya siswi siswi atau pelajar perempuan. Banyak laporan, mereka “menjual” diri mereka hanya untuk mendapatkan narkoba, baik dibayar pake uang ataupun pake narkoba. 

Negara dan pemerintah sudah memperkuat aturan tentang pelanggaran Narkoba baik itu kepada pengguna dan juga kepada pengedar. Akan tetapi, masalah utama dari Negara dan masyarakat kita adalah kesadaran terhadap bahaya dari Narkoba ini.

Sering kita temui, banyak orang yang terjerumus dalam masalah masalah, mereka mencari jalan pintas untuk menghilangkan kepusingan mereka. Ada yang M4buk dan bahkan ada yang mencoba Narkoba. Mereka tidak sadar bahaya dari kedua barang haram ini.

Selain itu, masalah dari negara kita adalah terlalu tingginya dan maraknya pergaulan bebas yang mulai terjadi pergeseran dari budaya Timur ke Budaya Barat. Kenapa saya sebut seperti itu. Ambillah contoh masalah anak dicari sama orang tua ketika jam pulang sekolah. 

Dulunya siswa siswi ketika sudah waktunya jam pulang sekolah, akan dicari sama orang tuanya. Siswa siswi akan sangat takut bila telat pulang ataupun tidak langsung kembali kerumah. Orang tua pun begitu, mereka akan marah dan mencari anaknya ketika pada saat jam pulang sekolah mereka tidak kembali kerumah

Sekarang saya melihat hal itu mulai pudar. Siswa siswi mulai terbiasa dengan pulang sekolah kemudian berkeliaran dan tidak langsung pulang ke rumah. Orang tua mulai terlihat tenang tenang saja ketika anaknya telat pulang dan bahkan ada yang masih merasa tenang ketika anaknya baru balik rumah setelah Maghrib. Ini artinya sudah terjadi pergeseran hadirin sekalian.

Hadirin dan teman teman sekalian, Indonesia harus bersatu dan melawan kejahatan yang amat keji ini. Narkoba harus kita hilangkan dari Bumi Indonesia. Tidak boleh lagi ada penyebaran narkoba di bumi pertiwi Ini. 

Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk menghilangkan narkoba dari Indonesia. Aparat kepolisian haruslah aktif dan bergerak cepat dan cerdas dalam menangkap para gembong narkoba di Indonesia. 

Hadirin sekalian, beberapa solusi yang bisa saya tawarkan adalah yang pertama, Aturan tentang klub klub malam dan sejenisnya, harus diperketat lagi. Bahkan aturan MIRAS pun harus diperketat, saya percaya, larangan terhadap MIRAS akan berdampak positif terhadap turunnya pengguna Narkoba di Indonesia.

Kedua, Mari terapkan Perda perda syariah di Indonesia. Khususnya aturan tentang aktivitas malam, aktivitas anak anak dan remaja Indonesia di malam hari. Kunci dari masa depan bangsa Kita ada di tangan anak muda Indonesia.

Ketiga, Pejabat pejabat publik dan aparat keamanan harus bersih dari Narkoba. Harus diadakan pengecekan secara berkala tiap bulan ataupun tiap 2 bulan sekali, kepada seluruh pejabat publik dan juga aparat keamanan.

Hadirin sekalian, ketiga langkah diatas saya rasa tidak cukup, kalian bisa tambahkan sendiri, harapan saya kedepannya Indonesia 2030 Bersih dari Narkoba.

Sekian Pidato Saya Tentang Bahaya Narkoba dan Penyebarannya di Masyarakat dan kalangan Pelajar Indonesia. 

Saya sampaikan maaf saya bila ada kata dan kalimat yang menyinggung perasaan hadirin. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba File PDF dan DOC

Download file pidato tentang narkoba dan bahaya narkoba disini

Contoh Pidato singkat narkoba bahasa Inggris di kalangan pelajar

Contoh Pidato singkat tentang narkoba singkat bahasa Indonesia tentang bahaya Narkoba

Contoh Pidato singkat tentang narkoba dalam bahasa Indonesia masalah kenakalan remaja

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba di Kalangan Pelajar

Contoh pidato narkoba singkat panjang
Contoh pidato narkoba singkat panjang

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat Ibu Guru
Dan teman-teman yang saya banggakan

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di kelas ini, untuk melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia.

Pidato saya kali ini akan membahas tentang bahaya narkoba dan penyalagunaan narkoba, saya akan membahas tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.
Narkoba dan narkotika sudah sangat sering disalah gunakan di kalangan generasi muda seusia kita ini. Padahal kita semua sudah sering diajarkan dan diberitahu bahwa obat obatan terlarang tersebut tidaklah berguna apapun untuk tubuh kita, malah sangat berbahaya.

Tapi betapa mirisnya keadaan ini, semakin hari semakin banyak anak muda yang menggunakan narkoba ataupun narkotika tersebut dan menjadi korban.
Keadaan ini sangatlah memprihatinkan, potensi yang harusnya dapat diraih oleh para generasi muda terhenti akibat penggunaan narkoba dan narkotika.

Teman teman sekalian, izinkan saya untuk memberitahukan apa itu narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat obatan terlarang. Sesungguhnya kata narkoba sudah jarang digunakan dalam istilah kesehatan. Kementerian kesehatan menggunakan istilah NAPZA yaitu narkotika, psikotropika dan zak adiktif.

Karakteristik khusus dari narkoba adalah kemampuan adiktif yang dimiliki. Yaitu efek ketergantungan terhadap obat tersebut. Ambillah contoh ketika kamu sudah merasakan masakan yang sangat enak dan kamu ingin makan terus makanan tersebut setiap harinya. Kalikan perasaan tersebut beberapa kali, itulah perasaan adiktif yang dirasakan bagi para pemakai narkoba.

Bahkan perasaan ketergantungan narkoba tersebut disertai dengan perasaan histeria dan tubuh yang kesakitan serta gangguan mental dan juga tubuh yang “gampang sakit” dan melemah. Orang sering sebutnya “sakau”.

Teman teman sekalian, orang orang yang menggunakan narkoba pada umumnya ingin melampiaskan kemarahan mereka ataupun unek unek dna kepusingan mereka sehingga mereka ingin memakai narkoba. Adapun sebagian dari generasi muda kita, ingin disebut keren dan hanya ingin mencoba dan ingin bersenang senang.

Teman teman sekalian, saya sangat berharap dan menyarankan kepada kita semua yang hadir disini, termasuk diri saya. Untuk tidak tertarik mencoba ataupun melampiaskan masalah dan lari dari masalah dengan mengonsumsi narkoba. Itu sama saja dengan lari dari mulut singa tapi masuk ke dalam mulut buaya. Narkoba tidak menyelesaikan masalah, malah memperumit masalah.

Beberapa dampak Negatif Penyalagunaan Narkoba yang perlu teman teman sekalian ketahui agar lebih teguh lagi dalam menghindari narkoba sekurang kurangnya ada 6 yaitu:

  1. Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,
  2. Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
  3. Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,
  4. Sering menguap, mengantuk, dan malas,
  5. Tidak memedulikan kesehatan diri,
  6. Suka mencuri untuk membeli narkoba.

Teman teman sekalian, mungkin diantara kita ada yang bertanya bagaimana dengan yang sudah terlanjur mencoba narkoba tersebut. Kita harus merangkul mereka dan mendaftarkan mereka untuk rehablitasi.

Oleh sebab itu, tindakan pencegahan adalah langkah yang terbaik yang harus dimaksimalkan oleh semua pihak, baik itu teman teman, orang tua, guru guru serta aparat lain yang terkait. Pencegahan akan mengamankan masa depan generasi muda kita dan waktu muda yang berharga yang mereka miliki. Jangan sampai waktu muda kita dan mereka, dihabiskan dalam penjara akibat memakai dan mengedarkan narkoba.

Teman teman sekalian, salah satu tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan adalah memilih teman dan pergaulan kita dengan logis dan penuh kesadaran. Jangan sampai kita terbentur dalam dunia pergaulan bebas dan dunia malam. Jangan karena mau dibilang keren, kita membuang semua ilmu kita terhadap mana yang berbahaya, mana yang salah, serta melupakan yang benar dan baik untuk dilakukan.

Teman teman yang saya cintai dan banggakan, Kita semua harus menyadari dan menyadarkan generesi muda lainnya, para siswa dan siswi sejawat bahwa kita adalah target utama dari para pengedar narkoba. Kita memiliki kapasitas untuk membeli barang haram tersebut. Jadi, kita semau harus kuat dan berhati hati dalam bergaul dan memilih teman.

Para pengedar tersebut akan mencoba berbagai macam trik dan situasi agar kita ingin mencoba dan membeli barang haram tersebut dari tangan mereka. Untuk itu kita harus berani katakan “TIDAK”.

Selain langkah langkah diatas, hal yang tidak kalah penting adalah pendidikan moral dan keagamaan yang harus dipupuk dan ditanam betul betul dalam diri kita. Ketaatan dan ketaqwaan kita kepada Allah Yang Maha Esa, akan memperkuat benteng pertahanan kita terhadap godaan godaan para pengedar narkoba tersebut.

Akhirul kata, pada kesempatan ini, saya ingin mengajak teman teman sekalian untuk bersatu padu bersama sama aktif dan peduli terhadap pencegahan penyalagunaan narkoba.

Mari kita gunakan kesempatan dan umur serta waktu muda ini untuk belajar dan berkarya demi Bangsa dan Negara. Mari kita teriak bersama sama, pada hitungan ketiga ulangi kalimat saya ‘Katakan Tidak Pada Narkoba”, satu dua tiga “Katakan tidak pada Narkoba”.

Semoga Allah SWT melindungi kita semua bangsa Indonesia dari serangan narkoba.
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

-Baca Juga-

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba di Kalangan Remaja Indonesia

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat-Panjang
Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Singkat-Panjang

Assalamu’alaikum Wr Wb
Salam sejahtera bagi kita semua
Yang terhormat kepala sekolah
Bapak/Ibu Guru ….
Dan teman-teman yang saya cintai

Ayo bersama sama kita ucapkan Alhadulillah, sebagai bentuk puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dan aman damai.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan secara singkat mengenai bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa.

Narkoba atau sering disebut juga sebagai NAPZA, atau narkotika, psikotropika dan zak adiktif, adalah hal sudah sangat membahayakan generasi muda kita termasuk, para siswa SMA dan SMP di Indonesia.

Salah satu contoh narkoba yang sekarang ini paling menyebar dan membahayakan siswa siswa adalah ekstasi dan juga sabu sabu serta ganja.

Teman teman sekalian, tak sedikit pula dari siswa seumuran kita yang mencari narkoba oplosan yaitu putaw yang memiliki potensi keracunan lebih tinggi dan bahkan mematikan.

Peredaran barang haram ini sudah sporadis, menyebar keberbagai lini dan tempat di bumi pertiwi ini. Mulai dari tempat tempat hiburan malam seperti diskotik, bar, klub malam, tempat karaokean, serta lounge. Bahkan tempat tempat seperti perkantoran dan juga sekolahan tak luput dari barang haram ini.

Teman teman sekalian, kita semua sudah tahu bahwa dengan mengonsumsi obat obatan terlarang ini, mereka telah mematikan masa depan mereka. Menyia nyiakan harapan dan doa yang tepat dipanjatkan untuk kebaikan mereka. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi kepada kita semua.

Teman teman sekalian, jadi apa yang menarik anak muda teman teman kita semua ini ingin mencoba narkoba sedangkan mereka tahu bahwa narkoba itu bahaya. Banyak laporan dari BPN, bahwa rerata pengguna narkoba untuk remaja dan pelajar, adalah broken home atau keluarga yang tidak harmonis serta adanya masalah dalam keluarga. Baik itu perceraian, cek cok antara Ayah dan Ibu, serta adanya kekecewaan terhadap orang tua mereka.

Memang betul teman teman, narkoba dapat membuat kita berhalusinasi dan rileks, akan tetapi itu semua hanya ilusi. Masalah itu akan tetap ada dan bahkan bertambah ribet ketika kita lari ke narkoba.

Teman teman sekalian, ada 4 Juta penduduk Indonesia yang menjadi pengguna aktif narkoba, dan diperkirakan 1 dari setiap 50 orang Indonesia, pernah mecicipi barang terlarang tersebut.

Teman teman sekalian, kondisi ini sudah sangat miris. Salah satu laporan dar iILO, bahwa ada 4 persen pengguna narkoba Indonesia adalah remaja dibawah 17 tahun,

Apakah kalian tahu teman teman, bahwa menurut laporan BPN, bahwa ada 7000 siswa SMP dan lebih dari 10.000 siswa SMU dan setingkat yang menjadi pengguna narkoba. Dan bahkan teman teman sekalian, ada 800 siswa SD yang terbukti menggunakan narkoba. Tentu saja, ini angka diperoleh dari hasil tangkapan, bagaimana dengan yang tidak tertangkap? Fakta ini sangat lah memprihantikan dan membuat saya cemas akan masa depan bangsa dan generasi muda kelak.

Tidak sedikit diantara remaja pengguna narkoba tersebut adalah hasil tipuan para bandar dan pengedar narkoba agar mereka terjerat dalam lingkaran kecanduan narkoba. Remaja remaja Indonesia ditipu dengan istilah permen dan makanan agar mereka mau mencoba narkoba yang ada dengan gratis. Setelah kecanduan, mereka akan disuruh beli dan kemudian ini yang akan menyebabkan masalah sosial selanjutnya.

Fakta fakta yang telah saya sebutkan sebelumnya menunjukkan bahwa kita masih belum berhasil dalam mencegah masuknya dan menyebarnya narkoba sehingga terjadi penyalagunaan narkoba di kalangan remaja dan generasi muda kita.

Kita harus betul betul bangkit dari kebodohan ini dan melawan penyebaran narkoba dan penetrasi narkoba di dunia pendidikan. Salah satu metode yang kita semua bisa terapkan adalah penyadaran terhadap bagaimana buruknya kita ketika kita mengonsumsi narkoba dan apa efek samping yang terjadi ketika kita menggunakan narkoba.

Efek seperti sakau dan gangguan mental hingga gila serta kemampuan motorik dan intelegensia yang berkurang seiring waktu. Efek samping yang horor tersebut harus terus di gaung kan dalam lingkungan sekolah sehingga Indonesia khususnya para pelajar Indonesia bisa terbebas dari sentuhan Narkoba.

Akhir kata, mari kita bersama sama suarakan Katakan Tidak Pada Narkoba, ayo sama sama, satu dua tiga “Katakan Tidak pada Narkoba”. Mari kita ajak keluarga kita, teman teman kita, adik adik kita dan senior senior kita untuk sadar betul akan buruknya narkoba ini”, Semoga kita menang dalam perang melawan Narkoba ini.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ceramah : Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba di Kalangan Remaja

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mari sama sama ucapkan Hamdalah, “Alhamdulillah”, kepada Allah SWT, yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Atas seluruh nikmat yang diberikan kepada kita semua.
Shalawat dan salam kita kita curahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita jalan kebenaran yaitu Islam sesuai dengan wahyu dari Allah SWT.
Hadirin Hadirat,

Mengawali pidato saya, saya akan mengutip ucapan salah satu bapak Proklamator yaitu Bung Karno, “Berikan Aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia, “
Itulah kalimat Bung Karno yang terkenal disepunjuru dunia, termasuk Indonesia dari sabang sampai marauke. Ucapan tersebut adalah salah satu penyemangat bagi generasi muda, pemuda di jaman tersebut hingga saat ini. Agar kita sadar bahwa generasi muda adalah kunci kebesaran Bangsa Ini.

Para proklamator kita, para pahlawan Indonesia, adalah orang orang yang hebat, yang menghabiskan waktunya untuk memikirkan bangsa ini, kebesaran bangsa ini. Dan mempertahankan bangsa ini. Mereka tidak menghabiskan waktu dan kesehatan mereka dalam narkoba dan juga miras. Hal itulah yang membuat kita bangga dan tidak akan melupakan jasa jasa pahlawan.

Kita sebagai pemuda jaman Now, sebagai generasi milenial. Memiliki utang yang amat besar terhadap para pahlawan kita. Kita harus bayar dengan menjaga dan merawat kemerdekaan tersebut. Bukan dengan menghabiskan waktu mencari kesenangan duniawi serta melakukan tindakan tindakan yang dilarang oleh Allah SWT.

Sebagai seorang muslim, ada beberapa hal yang diharamkan selain makanan yaitu anjing dan babi. Yah, benar, Alkohol yaitu miras dan juga narkoba. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S. Al-Maidah ayat 90.

تُفْلِحُونَ لَعَلَّكُمْ فَاجْتَنِبُوهُ الشَّيْطَانِ عَمَلِ مِنْ رِجْسٌ وَالْأَزْلَامُ وَالْأَنْصَابُ وَالْمَيْسِرُ الْخَمْرُ إِنَّمَا آَمَنُوا الَّذِينَ أَيُّهَا يَا

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah [434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Hadirin Sebangsa Dan setanah air

Merujuk ayat diatas, kita diharamkan dan betul betul dilarang untuk mengonsumsi khamar tanpa alasan jelas.

Bila kita kaji lebih dalam, kalimat اِنّما dari segi balaghoh merupakan اداة القصر yang berfungsi untuk menspesifikasikan. Hal ini menunjukan bahwa mengonsumsi khamar betul-betul merupakan perbuatan yang paling jelek diantara perbuatan syetan.

Syetan oleh Allah SWT di naskan sebagai makhluk yang segala perbuatannya itu paling buruk. Ketika kita merujuk pada ayat di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa kita adalah orang yang lebih buruk perbuatannya dari syitan.

Hadirin sebangsa dan setanah air. Kenapa Allah mengharamkan khamar bagi kita sebagai umat muslim. Hal tersebut tentu saja karena hal itu merugikan, sangat merugi bagi manusia untuk dikonsumsi. Baik itu khamar dalam bentuk padat, serbuk, pil ataupun minuman.

Apabila kita mengonsumsi khamar baik itu dalam bentuk miras ataupun narkoba dan psikotropika, mental akan rusak, akan muncul gangguan jiwa serta akal sehat akan terganggu, sedangkan sebagai orang Islam, akal sehat adalah kunci dalam beribadah.

Mental yang rusak adalah kunci bagi masuknya syaitan kedalam diri kita dan pikiran kita. Ini akan mempermudah bagi syaitan memengaruhi kita dalam kehidupan kita sehari hari.

Hadirin sekalian, tidak sedikit generasi muda kita, para pemuda dan remaja, ingin coba coba, mereka berpendapat “tidak apa apa kalau cuman nyicip”, Pemikiran pemikiran seperti ini adalah kesesatan yang nyata. Jangan konsumsi narkoba dan juga miras sedikit apapun, hal ini berdasar pada hadist:

كل مسكرخمروكل مسكرحرام

Artinya : Setiap zat yang memabukkan itu kmar dan setiap zat yang memabukkan itu haram.(HR. Abdullah Ibnu Umar)

Hadirin Rahimakumullah

Khamar yaitu narkoba, psikotropika dan juga miras bukanlah hal yang baru. Dan juga bukanlah masalah yang baru muncul di generasi sekarang. Jauh sebelum Rasulullah lahir, kebiasaan untuk menjadi mabuk dan berhalusinasi sudah menjadi kebudayaan di berbagai sudut dunia. Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap penetrasi penetrasi budaya dan kebiasaan penyalagunaa narkoba dan miras yang bisa merusak generasi muda kita.

Pada masa Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang bersumber dari Abu Hurairah. Bahwa ketika Rasulullah SAW pergi ke Madinah, di dapatnya kaumnya suka minum arak dan makan hasil judi, kemudian mereka bertanya kepada Rasulullah tentang hal itu, untuk memberikan jawaban atas pertanyaan itu, maka turunlah Surat Al-Baqarah ayat 219. Allah berfirman

يُنْفِقُونَ مَاذَا وَيَسْأَلُونَكَ نَفْعِهِمَا أَكْبَرُ مِنْ وَإِثْمُهُمَا لِلنَّاسِ وَمَنَافِعُ كَبِيرٌ إِثْمٌ فِيهِمَا قُلْ وَالْمَيْسِرِ الْخَمْرِ عَنِ يَسْأَلُونَكَ
تَتَفَكَّرُونَ لَعَلَّكُمْ الْآيَاتِ لَكُمُ اللَّهُ يُبَيِّنُ كَذَلِكَ الْعَفْوَ قُلِ

Artinya: mereka bertanya kepada-mu (Muhammad) tentang khomr dan judi. Katakanlah. “pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar dari pada manfaatnya” dan mereka bertanya kepadamu (tentang)apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, “kelebihan (dari apa yang diperlukan)”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu berfikir ”

Jama’ah Syarhil Qur’an Rohimakumullah

Ayat 219 surat Al Baqarah yang saya bacakan tadi, adalah kebenaran yang nyata yang sudah terbukti oleh banyak hasil riset di dunia. Bahwa khamar itu merusak tubuh manusia, walaupun pada penggunaan tertentu khamar memiliki manfaat, akan tetapi manfaat tersebut sangat sedikit. Jadi, ayat tersebut menjelaskan kepada kita bahwa memang banyak manusia dari dulu hingga sekarang yang menyalagunakan khamar baik itu narkoba dan juga miras.

Mereka mencari kesenangan, rasa mabuk, pelampiasan dan lari dari kenyataan dengan mendekati narkoba dan miras. Hal ini sungguh sangatlah salah besar dan dosa besar. Masalah yang lebih besar adalah kecanduan yang muncul setelah mengonsumsi narkoba dan miras. Pikiran yang rusak dan banyak lagi keburukan dari narkoba dan miras.
Mereka yang memakai Khamar baik dalam bentuk narkoba dan miras merupakan salah satu manifestasi penyakit “hubbuddunya wa karohhiyatul maut”. Cinta dunia dan takut dengan mati oleh karena itu Allah mengharamkannya.

Hadirin rahimakumullah, kita semua baik itu generasi muda maupun generasi tua harus sadar betul bahaya dari penggunaan narkoba dan miras ini. Mereka sangat merusak. Baik buat yang sehat kuat serta yang tua jompo sekalipun. Baik buat pengguna maupun keluarga pengguna.

Hadirin rahimakumullah.

Tidak lah sedikit anak-anak muda kita yang mati diujung lidahnya hanya dua kata yang terucap : ganja, morfin, ganja, morfin. Merintih, memohan, memanggil ganja dan morfin sampai dia mati,tanpa iman. Naudzubillah hi min dzalik.

Lalu hadirin bagaimana generasi muda kalau sudah terjerumus dengan narkoba mau dibawa kemana bangsa kita saat ini? Bagaimana bangsa ini akan bangkit menjadi jaya di mata dunia bila para pemuda yang dicari Bung Karno mabuk mabukan dan hilang akal sehat mereka akibat narkoba.

Kita harus bergerak dan bersatu padu dalam gerakan anti narkoba dan juga miras. Kita sebagai umat muslim harus menjadi contoh yang baik dan benar dalam gerakan anti narkoba ini.

Sudah seharusnyalah bagi umat Islam menunjukkan kepada umat umat lain mana yang benar dan mana yang bathil dengan memberikan contoh yang benar. Jangan sampai ada diantara kita yang terjerumus dalam barang barang haram ini, Insya Allah ya Allah, Amin Ya Allah.

Semua lini mulai dari masyarakat, para remaja, orangtua, kalangan jomblo, suami istri serta kakek nenek, harus bersatu padu. Dari berbagai jabatan baik itu di instansi hukum seperti polisi dan jaksa, serta instansi lainnya haruslah bersih dari narkoba dan menjadi contoh yang baik dan benar dalam gerakan anti narkoba ini.

Hadirin sebangsa dan setanah air.

Mari kita bersama sama menjaga keutuhan bangsa dan negara ini dengan meningkatkan ukhuway basyariyah, ukhwah wathoniyah, dan ukhuwah Islamiyah dan bersatu padu mengantisipasi serangan NAPZA, miras dan juga judi.

Insya Allah, negara ini menjadi negara yang baldatun Toyyibatun warabbun Gofur, negara yang aman damai dan tentram yang berlandaskan Pancasila dengan Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT sebagai sila pertama.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan . Saya ucakan terima kasih atas perhatiannya, Akhir kalam. Billahitaufik walhidayah warridho walinayah.
Wassalamualaikum.wr.wb

Video contoh pidato singat tentang narkoba dan bahaya narkoba (2019)

Dibawah ini adalah contoh video pidato singkat tentang narkoba dan bahaya narkoba yang dibawakan oleh Ibu Polwan Cantik. Silahkan di simak dan digunakan sebagai contoh pidato singkat tentang narkoba dan bahaya narkoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here