Definisi Dasar Negara Indonesia

0
17

Kembali lagi dengan belajar itu mudah. Kali ini kita akan belajar tentang dasar negara. Dasar negara adalah landasan kehidupan bernegara. Tidak akan berdiri kokoh dan berjalan dengan baik tanpa adanya dasar negara yang menjadi pedoman kehidupan bernegara.

Dasar negara sangatlah penting bagi suatu negara. Karena tanpa adanya dasar negara, tak akan ada pedoman dalam penyelenggaraan negara. Pedoman tersebut tentu saja merupakan arah dan tujuan yang besar yang menjadi pondasi dari negara tersebut.

Indonesia memiliki dasar negara. Yaitu Pancasila.

Definisi dasar negara adalah  pedoman hidup bernegara mencakup cita-cita negara, tujuan negara, norma bernegara

Definisi Dasar Negara Secara Etimologi

Untuk lebih paham tentang apa itu dasar negara. Mari kita tinjau dasar negara berdasarkan etimologi atau asal katanya. Dasar Negara (untuk definisi dasar negara di Indonesia) berasal dari bahasa Belanda yaitu Philosophische Grondslag yang memiliki arti norma (lag), dasar (grands) dan filsafat (philosophische).

Selain dari bahasa Belanda, dasar negara juga diturunkan dari bahasa Jerman. Weltanschauung (dasar negara) yang bermakna sebagai pandangan mendasar (anshcauung) dan dunia (welt).

Dari etimologi diatas, kita dapat katakan bahwa definisi dasar negara adalah suatu pedoman dalam mengontrol kehidupan penyelenggaraan negara yang meliputi berbagai sektor kehidupan.

Apa Itu Dasar Negara Indonesia: Pancasila

Dasar negara kita, negara Indonesia adalah Pancasila. Lima sila yang menjadi dasar negara kita merupakan sila sila yang menjadi pondasi dan pedoman dari negara Indonesia.

Pancasila selain menjadi dasar negara  Indonesia, juga menjadi Idelogi Bangsa Indonesia. Sesuai definisi dasar negara yang disebutkan diatas, Pancasila mengandung cita cita negara, tujuan negara dan norma bernegara.

Kelima sila yang ada di Pancasila merupakan warisan dari kebudayaan luhur bangsa Indonesia. Kelima sila itu adalah Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusayawaratan perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

-Baca Juga-

Pancasila Sebagai Dasar negara
Pancasila Sebagai Dasar negara

Demikianlah pengertian tentang dasar negara. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Baca juga artikel lain tentang pengertian pancasila sebagai dasar negara dan makna pancasila sebagai dasar negara

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here