ADS BY GOOGLE

Pengertian dan Ciri Ekosistem Padang Rumput

0
21
pengertian dan ciri ekosistem padang rumput
pengertian dan ciri ekosistem padang rumput | Scottthezombie at English Wikipedia / CC BY-SA

Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput atau grassland ecosystem adalah daerah luas yang di didominasi oleh vegetasi rumput rumputan atau Poacea. Tumbuhan kelompok lain juga sering ditemukan termasuk dari family Cyperaceae dan Juncaceae.

Ekosistem padang rumput dapat ditemukan pada semua daerah dan semua iklim kecuali di daerah Artik dan Antartika.

Ekosistem padang rumput disebut juga dengan steppe atau sabana, walaupun sebenarnya keduanya merupakan tipe ekosistem rumput.

Ada ekosistem padang rumput campuran dan ada pula yang murni, seperti steppe yang merupakan ekosistem padang rumput murni dan sabana yang merupakan ekosistem padang rumput campuran.

Letak geografis ekosistem padang rumput di dunia cukup beragam, hampir di semua daratan di dunia kecuali kutub, dapat ditemukan bioma padang rumput. Di gunung pun kita dapat menemukan ekosistem padang rumput.

Pengertian

Pengertian ekosistem padang rumput atau grassland ecosystem adalah daerah dengan vegetasi utama yaitu rerumputan.

Ada yang murni rerumputan semua dan ada pula yang campuran yang dapat terdapat pepohonan di dalamnya walaupun hanya dalam jumlah sedikit, contohnya pada ekosistem sabana.

Ekosistem padang rumput mempunyai manfaat yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan hewan hewan. Banyak hewan ternak, khususnya sapi dan kerbau hidup dan makan di ekosistem padang rumput.

pengertian dan ciri ekosistem padang rumput
pengertian dan ciri ekosistem padang rumput | Scottthezombie at English Wikipedia / CC BY-SA (perubahan ukuran, penambahan tulisan dan perubahan warna)

Itulah arti dari ekosistem padang rumput.

Ciri Ciri

Dalam mempelajari tentang suatu ekosistem, kita harus memperhatikan dua komponen yaitu komponen abiotik dan komponen biotik. Kedua komponen inilah yang akan saling berinteraksi dan membentuk ekosistem.

Ciri Abiotik

Berikut adalah komponen abiotik pada ekosistem padang rumput

  • Penetrasi cahaya matahari sangat tinggi karena tumbuhan tinggi seperti pepohonan dan penghalang lainnya sangat minim dan hampir tidak ada.
  • Kelembaban bervariasi sesuai dengan letak geografis dan kondisi iklim dan cuaca pada daerah tersebut
  • Suhu pun bervariasi sesuai dengan letak geografis
  • Curah hujan cukup rendah, tapi ada. Rata rata curah hujan ekosistem padang rumput ada yang 25-50 cm/tahun dan ada pula yang 60-150 cm/tahun.
  • Sangat mudah terjadi kekeringan dan kebakaran
  • Tidak mampu mempengaruhi secara langsung suhu ataupun kelembaban disekitar ekosistem.

Ciri ciri abiotik ekosistem padang rumput diatas dapat diambil menjadi dasar untuk mengetahui ciri ciri atau komponen biotik pada ekosistem padang rumput.

Ciri Biotik

Selanjutnya setelah membahas komponen abiotik, kita bahas tentang komponen biotik ekosistem padang rumput.

  • Flora ekosistem padang rumput didominasi oleh kelompok rumput rumputan seperti poaceae. Ada tumbuhan lain, seperti pepohonan, kelompok Cyperaceae, dan juga Juncaceae.
  • Jenis rumput juga beragam, ada yang grama grasses, dan ada pula buffalo grasses.
  • Ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan atau fauna seperti serangga, hewan pengerat, reptil, ular, bison, kangguru, burung, zebra, jerapah, kijang, serigala, cheetah, jaguar, dan singa. Tapi tidak semua yah harus ada dalam setiap ekosistem padang rumput.
  • Flora dan fauna pada ekosistem padang rumput jauh lebih sedikit jenisnya dibandingkan dengan flora dan fauna pada hutan hujan tropis.
ekosistem padang rumput di Antelope ValleyCAUSA. source: Scottthezombie at English Wikipedia / CC BY-SA

Fungsi Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput mempunyai beberapa fungsi baik bagi lingkungan maupun untuk manusia. Berikut beberapa fungsi ekosistem padang rumput

  1. Sebagai tempat sumber pakan bagi hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau
  2. Sebagai tempat hidupnya banyak jenis karnivora besar seperti singa dan hewan hewan bertubuh besar seperti gajah dan jerapah.
  3. Sebagai tempat rekreasi dan wisata yang unik dan indah, terlebih lagi ketika ada banyak hewan liar yang hidup di dalamnya.
  4. Ada banyak ekosistem padang rumput yang dijadikan sebagai tempat bermain dan berolahraga.
  5. Ada banyak ekosistem padang rumput di dunia dijadikan tempat camping atau berkemah karena cukup datar dan jarak pandang yang jauh dan tidak terhalangi sehingga memudahkan untuk penjagaan.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat ekosistem padang rumput.

Rantai Makanan dan Jaring Makanan

Tentu saja dalam suatu ekosistem akan selalu ada rantai makanan serta jaring makanan. Begitupun dengan ekosistem padang rumput.

Produsen utama pada ekosistem padang rumput adalah rumput itu sendiri. Selanjutnya adalah pepohonan dan tumbuhan jenis lain yang ada. Walaupun lebih sedikit, pepohonan menjadi sumber makanan yang penting bagi tumbuhan berleher panjang seperti jerapah.

Selanjutnya, setelah produsen, adalah konsumen pertama yang merupakan herbivora atau fauna herbivora ekosistem padang rumput. Contohnya, serangga, sapi, kambing, kerbau, bison, jerapah, gajah, kijang, rusa dan banyak lagi.

Selanjutnya adalah konsumen sekunder atau konsumen tingkat kedua yang akan memangsa konsumen tingkat pertama. Mereka ini adalah hewan hewan pemakan daging yang disebut karnivora. Salah satu contohnya adalah ular, tikus, burung pemakan ulat dan lainnya.

Selanjutnya adalah konsumen akhir atau konsumen puncak yang merupakan pemangsa utama karena dapat memangsa konsumen tingkat satu dan dua. Contohnya adalah singa dan elang.

Pada ekosistem padang rumput, ada juga kelompok pemakan bangkai seperti burung pemakan bangkai atau vulture atau hering. Contohnya burung Nasar.

Dalam ekosistem padang rumput yang berperan sebagai pengurai adalah cacing dan mikroba tanah sehingga sisa sisa organisme seperti hewan yang mati dan tumbuhan yang mati akan terurai dan zat zat organiknya kembali ke tanah.

Contoh rantai makanan ekosistem padang rumput adalah

Contoh rantai makanan Ekosistem padang rumput
Rumput -> Serangga -> Tikus -> Ular -> Singa -> Mati, bangkai dimangsa oleh burung pemakan bangkai -> cacing dan detritivor lainnya -> mikroba tanah -> zat organik kembali ke rumput.

Itulah penjelasan tentang materi ekosistem padang rumput, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here