ADS BY GOOGLE

Faktor Pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut

0
28
faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut
faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut
faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut

Gen yang terdapat pada kromosom, gen dapat berasal dari DNA ataupun RNA.

Gen

Apa itu gen? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita belajar hereditas ataupun materi genetika dalam biologi. Pengertian Gen (genes) adalah rangkaian nukleotida yang dapat berada di DNA ataupun RNA yang mengkode sintesis suatu produk, dapat berupa RNA ataupun Protein.

Gen sendiri juga dikenal sebagai “Unit hereditas yang berada pada lokus dan memenuhi kromosom. Ada beberapa sifat gen yaitu

Sifat Sifat Gen

Sifat – sifat gen adalah :

  • mengandung satuan informasi genetik berupa nukleotida;
  • sebagai zarah tersendiri, terdapat dalam kromosom;
  • dapat menduplikasi diri pada pembelahan sel;
  • mengatur sifat-sifat yang diturunkan.

Fungsi Gen

Fungsi Gen adalah :

  • Fungsi utama gen adalah mengkode pembentukan protein (enzim dan protein fungsional lainnya) dan RNA (RNA messenger, RNA transport dan RNA lainnya).
  • menyampaikan informasi genetik pada generasi berikutnya;
  • mengendalikan perkembangan dan metabolisme sel atau individu.

Komposisi dan susunan gen-gen di dalam tubuh suatu makhluk hidup disebut genotipe, yaitu sifat pada makhkuk hidup yang tidak terlihat. Sifat perpaduan antara sifat genotipe dan lingkungannya disebut fenotipe, yaitu sifat pada mahluk hidup yang dapat dilihat.

Jika gen dominan bersama-sama dengan gen resesif, sifat yang akan tampak adalah sifat yang dibawa oleh gen dominan dan sifat yang dibawa oleh gen resesif tidak akan muncul.

Thomas Hunt Morgan (1911) berhasil menemukan bahwa gen terdapat pada setiap segmen atau lokus kromosom. Gen A, B, C, D, E terletak pada satu kromosom, sementara gen a, b, c, d, e terletak pada satu kromosom yang lain. Kedua kromosom ini merupakan kromosom homolog. Gen A berpasangan dengan gen a dan menempati lokus yang bersesuaian pada kromosom homolog, bekerja untuk menunjukkan sifat-sifat alternatif sesamanya sehingga A dan a disebut alela.

faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut
faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut

Kromosom

Kromosom terdapat di dalam nukleus yang berfungsi membawa sifat keturunan atau membawa informasi genetika, karena di dalam kromosom mengandung gen. Kromosom tersusun atas benang kromatin, benang kromatin tersusun atas serabut-serabut protein, DNA dan RNA. Kromosom tersusun dari sentomer dan lengan.

Setiap inti sel makhluk hidup yang mampu bereproduksi secara seksual memiliki dua jenis kromosom yaitu :

kromosom tubuh atau autosom yang berfungsi untuk menentukan sifat-sifat tubuh suatu organisme.
kromosom kelamin atau gonosom yang berfungsi untuk menentukan jenis kelamin suatu organisme, yaitu jantan atau betina.

Pada manusia mempunyai 46 kromosom. Kromosom tubuh terdiri atas 22 pasang autosom (22AA). Kromosom seks manusia terdiri atas 1 pasang gonosom, yang menentukan jenis kelamin perempuan bersifat homolog (dinotasikan dengan XX) dan yang menentukan jenis kelamin laki-laki bersifat nonhomolog (dinotasikan dengan XY).

Macam Kromosom Berdasarkan Letak Sentromer

Berdasarkan kedudukan sentromer terhadap lengan, kromosom dibedakan menjadi berapa macam yaitu :

  • Metasentris (meta =tengah) yaitu kromosom yang mempunyai lengan yang sama panjang sehingga sentromer terletak di tengah.
  • Submetasentrik (submeta = agak tengah), yaitu kromosom yang mempunyai 2 lengan yang hampir sama panjangnya dan sentromer terletak diantara dua lengan yang tidak sama panjang.
  • Akrosentrik (akro = tidak sama), yaitu kromosom yang mempunyai 2 lengan, di mana salah satu lengan sangat pendek dan yang lainnya panjang, sentromer berada diantara dua lengan yang tidak sama panjang.
  • Telosentrik (tele = ujung), yaitu kromosom yang satu lengan dan sentromer terletak pada salah satu ujung dari lengan.
faktor pembawa sifat yang diwariskan dari induk pada keturunannya disebut
Macam-macam kromosom menurut letak sentromernya

Ada beberapa jenis kromosom yaitu :

  • Kromosom homolog, adalah kromosom yang berpasangan, selalu mempunyai bentuk, panjang, dan letak sentromer serta struktur yang hampir sama bahkan sama.
  • Kromosom diploid (2n). Istilah “Ploid” adalah jumlah perangkat kromosom, sehingga kromosom diploid adalah dua perangkat kromosom atau kromosom yang selalu berpasangan (homolog), maka di dalam inti sel tubuh terdapat dua perangkat kromosom (diploid). Sebagai contoh kromosom sel kulit manusia itu diploid yang berarti 2n atau ada 23×2 kromosom atau 46 kromosom.
  • kromosom haploid (n), adalah kromosom yang tidak memiliki pasangan atau hanya memiliki satu sel kromosom saja, contohnya sel sperma yang hanya mengandung satu set kromosom (n) yang artinya hanya ada 23 kromosom.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini