[Jawaban] Fungsi Kloroplas Sebagai Organel Fotosintesis dan Struktur

0
400

ADS BY GOOGLE

Fungsi Kloroplas dan Struktur | Setelah sekian lama mengajar biologi sel, baru kali ini saya menulis lagi tentang fungsi kloroplas dan struktur kloroplas di learniseasy.com

Kalian mungkin saja membaca artikel ini karena mencari tentang fungsi kloroplas, dan bukan struktur kloroplas ataupun pengertiannya. Atas dasar tersebut. Saya akan mengubah urutan pembahasan saya.

Saya akan mulai dengan fungsi kloroplas dan kemudian apa apa saja yang perlu kalian ketahui tentang organel sel yang imut tapi punya banyak fungsi ini.

Langsung saja kita terjun ke materi kloroplas, silahkan disimak dengan baik yah.

Fungsi kloroplas Pada Tumbuhan

Pada bagian diatas, saya menuliskan ” Fungsi Kloroplas pada Tumbuhan “, hal itu karena memang pada dasarnya, dari semua sel yang ada, hanya sel tumbuhan saja yang memiliki organel sel ini.

Adapun bila ditemukan kloroplas pada sel tipe lain selain sel tumbuhan, saya akan jelaskan diakhir artikel ini.

Apa saja fungsi kloroplas ? Berikut ulasan dan penjelasannya.

Fungsi Utama Kloroplas Sebagai Organel Fotosintesis

Kloroplas, seperti yang dijelaskan dalam artikel sel tumbuhan ini, mengandung struktur dinamai tikaloid. Pada tilakoid terdapat fotosistem 1 dan fotosistem 2. Kedua fotosistem tersebut mengandung pigmen fotosintesis.

Pigmen fotosintesis seperti klorofil a, klorofil b dan pigmen lainnya, berfungsi dalam menangkap foton (energi cahaya) dari sinar matahari (atau sumber lainnya) sebagai energi untuk melaksanakan fotosintesis.

Fotosintesis sendiri adalah cara tumbuhan untuk memperoleh makanannya. Ini adalah salah satu keunikan dari sel tumbuhan.

Fungsi utama ini menjadi penggerak kehidupan di bumi dan menjadi sebab tumbuhan dikategorikan sebagai produsen.

Fotosintesis tersebut mengubah CO2 dan air menjadi glukosa dengan menggunakan energi cahaya. Glukosa tersebutlah yang kemudian menjadi sukrosa, amilum dan bentuk karbohidrat lainnya.

Fungsi Kloroplas Dalam Menghasilkan Energi

Kloroplas selain melakukan fotosintesis, juga menghasilkan energi kimia seperti ATP. Kloroplas menghasilkan ATP dalam proses yang disebut sebagai fotofosforilasi.

Fotofosforilasi sendiri sesungguhnya juga merupakan bagian dari proses fotosintesis sel tumbuhan.

Walaupun pada kloroplas sendiri, ATP yang dihasilkan sangat sedikit, hanya cukup untuk melangsungkan kelanjutan dari proses fotosintesis menuju pembentukan glukosa. Terkadang malah tidak cukup, akibat kurangnya energi cahaya.

ADS By Google

Fungsi Kloroplas Dalam Melawan Patogen

Seperti yang dijelaskan dalam sciencedaily, bahwa kloroplas adalah salah satu organel yang berperan penting dan berfungsi dalam pertahanan sel tumbuhan.

Mekanisme yang terjadi adalah ketika sel tumbuhan terinfeksi patogen, akan terbentuk tabung kecil yang akan memanjang dari kloroplas menuju nukleus sel tumbuhan. Tabung kecil tersebut disebut stromulus.

Ketika terjadi kontak dengan nukleus tersebutlah, akan muncul reaksi apoptosis yang akan menyebabkan sel yang terinfeksi mati. Matinya sel tersebut akan menghentikan patogen untuk menyebar ke sekitar sel tumbuhan lain.

akan menghentikan patogen untuk menyebar ke sekitar sel tumbuhan lain.

Selanjutnya sel tumbuhan yang tetanggaan dengan sel yang mati tersebut akan membentuk stromulus juga. Pembentukan ini untuk memberikan informasi kepada nukleus untuk menghasilkan gen gen yang mampu bertahan dan melawan infeksi patogen. Hebat bukan. Sumber : Chloroplast tubes play a key role in plants’ immune defense

Fungsi Kloroplas sebagai penghasil Nitrit Oksida (NO)

NO atau nitrit oksida adalah gas radikal bebas. Selain kloroplas, NO juga dihasilkan di apoplas, mitokondria, dan peroksisom.

NO pada sel tumbuhan utamanya pada tumbuhan mempunyai banyak kegunaan dan fungsi. Salah satunya pada pergerakan stomata. Penutupan stomata dipengaruhi oleh NO dan juga ABA.

Fungsi Kloroplas sebagai penghasil ROS

ROS adalah singkatan untuk reactive Oxygen Species. ROS adalah molekul reaktif dan radikal bebas turunan oksigen (O2). ROS dalam sel tumbuhan berfungsi sebagai pembunuh patogen secara langsung, menguatkan dinding sel tumbuhan, mengaktifkan gen pertahanan tumbuhan dan banyak lainnya.

ROS pun dalam jumlah berlebih berbahaya buat sel tumbuhan akan tetapi tingkat berbahaya ini dianggap sebagai mekanisme apoptosis pada tumbuhan untuk membatasi penyebaran penyakit.

Fungsi Kloroplas Dalam Sintesis Hormon Tumbuhan

Ada beberapa hormon yang dihasilkan oleh kloroplas atau dengan bantuan kloroplas. Hormon tumbuhan yang dihasilkan atas kerja organel kloroplas adalah hormon asam absisat (ABA), hormon etilen (ET), hormon jasmonad (JA) dan hormon asam salisilat (SA / salicylic acid). Sumber: Chloroplasts at the Crossroad of Photosynthesis, Pathogen Infection and Plant Defense

Kalian bisa cari digoogle tentang fungsi tiap hormon tersebut pada tumbuhan. Secara garis besar, fungsinya adalah untuk sebagai kontrol stres pada tumbuhan.

-Baca Juga-

Fungsi Kloroplas sel tumbuhan
Fungsi Kloroplas sel tumbuhan

Cukup banyak bukan fungsi dari kloroplas. Pasti kalian baru tahu bahwa kloroplas memiliki fungsi selain tempat terjadinya fotosintesis. Sangat menarik untuk bisa tahu lebih banyak tentang ciptaan Tuhan yang satu ini.

Struktur Kloroplas

Struktur kloroplas sederhananya terbagi atas tiga bagian yaitu membran luar, membran dalam, dan sistem tilakoid.

Menurut artikel terbaru, dikatakan bahwa kloroplas sel tumbuhan sedikitnya mempunyai 3 membran yaitu luar, dalam dan sistem tilakoid tersebut.

Dapat anda amati pada gambar dibawah ini struktur kloroplas dan bagian bagiannya.

Struktur kloroplas fungsi kloroplas
Kloroplas pada sel tumbuhan tingkat tinggi. Edit by admin learniseasy.com, perubahan pada warna pembatas dan penambahan plastoglobuli dan perubahan pada warna bagian dalam zoom reaksi yang terjadi di tilakoid. By Kelvinsong
Advertisement by google
– Own work, CC BY-SA 3.0, Link

Membran luar

Membran luar kloroplas adalah pelapis terluar dari kloroplas yang dapat dilalui oleh molekul molekul kecil dan ion ion untuk masuk ke dalam ruang antar membran. Untuk molekul besar seperti protein membutuhkan adanya kompleks TOC untuk memasukkannya.

Ruang antar membran

Ruang antar membran adalah ruang antara membran dalam dan membran luar kloroplas. Ruang ini juga disebut intermembran. Jarak antara membran luar dan membran dalam atau lebar ruang ini adalah sekitar 10-20 nanometer.

Membran dalam

Membran dalam pada kloroplas adalah pembungkus bagian dalam yang bersentuhan dengan stroma atau matriks kloroplas. Membran dalam berfungsi menjaga dan regulator keluar masuknya zat dalam stroma.

Stroma

Stroma adalah cairan semi jel dalam kloroplas. Cairan ini banyak mengandung protein dan alkalin. Stroma dapat disamakan dengan sitosol pada sitoplasma.

Didalam stroma inilah terjadi reaksi gelap fotosintesis atau siklus Calvin. Didalam stroma ini juga terbenam tilakoid.

Dalam stroma kita dapat menemukan adanya nukleoid DNA kloroplas, ribosom, granula pati, plastoglobuli, dan berbagai jenis protein.

Tilakoid dan Granum

Dalam stroma, terdapat struktur seperti keping atau bantalan yang mengandung pigmen hijau. Struktur itu disebut tilakoid.

Pada tilakoid inilah, terdapat pigmen pigmen yang dibutuhkan kloroplas dalam berfotosintesis.

Ketika tilakoid berkumpul dan bertumpuk maka disebut sebagai granum atau grana. Tumpukan tersebut secara teori dapat berkisar antara 2 hingga ratusan tilakoid. Walaupun yang ditemukan hingga saat ini hanya berkisar 10-20 tilakoid untuk tiap granum.

Grana atau Granum berfungsi dalam memberikan efektivitas ruang bagi kloroplas sehingga lebih banyak tilakoid dalam ruang, dan meningkatkan hasil fotosintesis.

DNA Plastida / Kloroplas

DNA plastida adalah materi genetik bagi kloroplas yang mengkode organel tersebut. Materi genetik DNA ini berfungsi dalam penggandaan (replikasi) secara intraseluler (ketika dibutuhkan banyak organel dalam satu sel) dan memperbanyak kloroplas sebelum terjadinya pembelahan sel.

Plastoglobula

Ini adalah gumpalan lipid protein yang terdapat dalam stroma kloroplas. Biasanya melekat pada tilakoid.

Amilum atau pati

Kloroplas menghasilkan amilum atau pati sebagai hasil fotosintesis ketika sudah banyak glukosa yang dihasilkan. Amilum tersebut berada dalam stroma. Apabila dibutuhkan untuk dikeluarkan akan dibawah ke dalam vakuola sentral sel tumbuhan.

Untuk penjelasan lebih detail dan lengkap tentang struktur kloroplas, saya sudah tuliskan di artikel dibawah ini.

Demikianlah artikel tentang fungsi kloroplas dan struktur kloroplas. Semoga bermanfaat buat kalian. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learn Is EASY.

Apa itu kloroplas

Salah satu organel sel tumbuhan yang mengandung klorofil sebagai pigmen fotosintesis.

Apa fungsi kloroplas

Fungsi utama kloroplas adalah sebagai organel fotosintesis. Fungsi kloroplas yang lain dapat anda baca pada artikel diatas. Silahkan dibaca dengan baik.

Bagaimana struktur kloroplas

Struktur kloroplas terdiri atas 3 bagian utama yaitu membran luar, membran dalam dan sistem tilakoid (tempat pigmen klorofil ada). Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel diatas.

Apakah kloroplas menghasilkan ATP

Ya, pada tahap fotofosforilasi

Tempat terjadinya reaksi gelap adalah

Reaksi gelap terjadi di bagian stroma pada kloroplas

Tempat terjadinya reaksi terang adalah

Reaksi terang terjadi di tilakoid kloroplas ataupun granum (grana).

Apa hasil fotosintesis

Hasil fotosintesis adalah glukosa yang kemudian dipolimer menjadi amilum atau pati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here