13+ Fungsi Tulang Pengumpil Manusia Lengkap Gambar Penunjukan

0
1584

ADS BY GOOGLE

Fungsi Tulang Pengumpil | Selamat pagi semua, pagi pagi begini saya akan bahas tentang fungsi tulang pengumpil dan bagian bagian serta struktur dan otot yang melekat pada tulang pengumpil.

Tak perlu basa basi terlalu lama saya langsung masuk saja ke bagian pertama dari pembahasan kali ini yaitu:

Definisi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil adalah tulang panjang (tulang pipa) yang menyusun lengan bawah manusia yang memanjang dari sisi lateral siku hingga ke arah ibu jari pergelangan tangan.

Apa itu sisi lateral? sisi lateral artinya sisi yang menjauh dari bidang median tubuh. Kalian coba perhatikan gambar dibawah perihal lokasi anatomi pada tubuh manusia.

Kalian coba deh, pegang lengan bawah kiri kalian (pakai tangan kanan tentunya), sentuh dari ibu jari dan geser hingga ke siku. kerangka yang kalian sentuh adalah tulang pengumpil pada manusia.

Nama lain tulang pengumpil adalah radius. Sampai sekarang saya belum tahu alasan pasti kenapa tulang radius diartikan sebagai “tulang pengumpil” dalam istilah anatomi Indonesia.

Menurut KBBI, pengumpil artinya alat yang digunakan untuk mengumpil. Sedangkan mengumpil artinya adalah mengangkat atau menaikkan barang. Mungkin karena orang Indonesia anggapnya bahwa tulang radius yang paling berperan dalam mengangkat barang, maka dinamakanlah tulang pengumpil.

Fungsi Tulang Pengumpil

Pada bagian ini saya akan berikan beberapa fungsi tulang pengumpil (radius) yang menjadi bagian dari lengan bawah manusia.

  1. Fungsi utama tulang pengumpil adalah menjadi penyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia (ekstremitas atas manusia).
  2. Sebagai tempat melekatnya otot otot lengan
  3. Bersama dengan tulang hasta, menyusun lengan bagian bawah
  4. Memungkinkan adanya gerakan memutar (rotasi) akibat adanya sendi putar.
  5. Memungkinkan terjadi gerakan membengkokkan lengan akibat adanya sendi engsel
  6. Dengan bantuan otot, mengendalikan pergerakan siku dan lengan.
  7. Ikut berperan dalam gerakan pergelangan tangan (sendi dan otot pada pergelangan tangan)
  8. Ikut berperan dalam produksi sel darah akibat adanya sumsum tulang yang banyak (tulang pipa)
  9. Bersama dengan tulang hasta dan tulang pergelangan tangan, membentuk sendi peluru pada pergelangan tangan.
  10. Tempat melekatnya otot bisep (biceps) yang memanjang dari ujung lengan atas.
  11. Memungkinkan terjadinya gerakan fleksi dan ekstensi (meluruskan dan membengkokkan) karena adanya otot bisep.
  12. Tangan mampu mengangkat benda keatas, karena adanya tulang pengumpil dan otot bisep.
  13. Memungkinkan terjadinya gerakan abduksi pada lengan tangan (alat gerak atas manusia). Abduksi (menjauhi tubuh).

Itulah diatas, macam macam fungsi tulang pengumpil yang bekerja sama dengan otot otot, dan tulang tulang lainnya seperti tulang hasta, tulang humerus (lengan atas) dan tulang pergelangan tangan.

fungsi tulang pengumpul dan struktur
Letak tulang pengumpil pada tubuh manusia dan fungsinya. Diedit dan ditambahkan judul atas dan diubah ke webp dan dipotong bagian sedikit di bagian bawah Anatomography, Radius – anterior view2, CC BY-SA 1.0

Struktur Tulang Pengumpil

Struktur tulang pengumpil, sesuai dengan yang saya sebutkan diatas, merupakan tulang pipa (tulang panjang) yang memanjang dari bagian lateral siku hingga ke arah ibu jari pada tulang pergelangan tangan.

Berbeda dengan tulang hasta, tulang pengumpil yang melekat pada daerah siku lebih kecil dan yang melekat pada daerah pergelangan tangan lebih besar. Bahkan pada tulang pergelangan tangan, ukuran ujung tulang pengumpil jauh lebih besar dari tulang hasta yang ada pada tulang pergelangan tangan.

Oleh karena itu, lebih banyak otot yang melekat yang berfungsi dalam pergerakan pergelangan tangan dibagian tulang pengumpil dibandingkan pada tulang hasta.

Batang Tulang

Bagian tengah atau batang pada tulang pengumpil, berbentuk prismoid (atau seperti terjadi pemutaran sudut sehingga berbentuk prisma), sehingga daerah atas lebih sempit dari daerah bawah dan sedikit bengkok.

Oleh karena itu, batang tubuh tulang pengumpil memiliki tiga batas dan tiga permukaan.

Tiga batas tersebut adalah batas volar, batas dorsal dan batas interosseous. Dan tiga sisi atau permukaannya adalah permukaan volar (facies volaris), permukaan dorsal (facies dorsalis), dan permukaan lateral (facies lateralis).

ADS By Google

Batas batas dan permukaan diatas penting untuk diketahui sebagai penanda otot otot yang melekat pada bagian tersebut. Tentu saja nama otot yang melekat akan mengikuti nama nama diatas.

-Baca Juga-

Artikulasi Sendi

Pertemuan sendi atau artikulasi sendi pada tulang pengumpil ada dua yaitu:

  • Pada daerah sendi tulang pergelangan tangan, ujung tulang pengumpil bertemu dengan tulang skafoid dan bersama dengan tulang hasta melekat pada tulang semilunar. Disebut artikulasi radiocarpea
  • Pada daerah sendi siku, melekat dengan insisura radialis (incisura radialis). Disebut radioulnar. Dan capitulum pada tulang lengan atas (humerus). Disebut humeroradialis.

Agar lebih paham silahkan amati gambar gambar anatomi tulang pengumpil dibawah ini.

struktur tulang pengumpil
Advertisement by google
Struktur tulang pengumpil

Otot Tulang pengumpil

Ada beberapa otot yang melekat pada tulang pengumpil seperti otot supinator, otot brachialis (bisep), otot flexor superficialis, flexor pollicis longus, otot extensor ossis metarcarpi pollicis, extensor primi internodii pollicis, otot pronator teres, pronator quadratus dan tendon supinator lungus.

Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar otot otot tulang pengumpil dan penujukannya dibawah ini.

fungsi tulang pengumpil dan otot tulang pengumpil
fungsi tulang pengumpil dan otot tulang pengumpil

Hubungan Tulang Pengumpil dan Tulang Hasta

Ada dua hubungan antara tulang pengumpil dan tulang hasta yaitu:

  1. Diartrosis pada artikulasi (persendian) radioulnaris proksimal dan distal
  2. Sinartrosis berupa sindesmosis radioulnaris (membrana interossea antebrachii)

Kalian sudah tahu apa itu diartrosis bukan, diartrosis adalah artikulasi atau pertemuan tulang yang memungkikan terjadinya pergerakan atau disebut sendi. Sedangkan sinartrosis itu pertemuan antar tulang yang tidak memungkinkan adanya pergerakan.

Diartrosis radioulnaris proksimal adalah daerah antara siku dan tulang pengumpil dan tulang hasta. Sedangkan radioulnaris distal pada daerah pertemuan tulang hasta dan pengumpil di daerah pergelangan tangan.

Proksimal dan distal ditentukan oleh batang tubuh yaitu posisi tengah tubuh. Bila kalian berdiri tegak, maka garis yang dibentuk oleh tulang belakang kalian adalah batang tubuh. Posisi proksimal artinya lebih dekat dari batang tubuh, sedangkan distal artinya lebih jauh dari batang tubuh.

Sedangkan sinartrosis pada tulang pengumpil dan tulang hasta adalah sindesmosis radioulnaris yaitu membrana interossea anterbrachii.

Sindesmosis adalah jenis sinartrosis yang dihubungkan oleh jaringan ikat, yang memungkinkan adanya

Patah atau Keretakan Tulang

Ada beberapa jenis patahan atau fraktur (fracture) pada tulang pengumpil yang dapat terjadi pada manusia seperti.

  • keretakan Essex-Lopresti (fracture) yang terjadi pada kepala tulang pengumpil dan hubungan hasta dan pengumpil.
  • Keretakan pada batang tulang
  • Keretakan Galeazzi yang pada distal sendi radioulnar.
  • Keretakan Colles
  • Keretakan smith
  • Keretakan Barton.
tulang pengumpil dan tulang hasta
Apa fungsi tulang pengumpil pada manusia

Fungsi utama tulang pengumpil pada manusia ada dua yaitu (1) menyusun lengan bawah manusia (2) tempat melekatnya otot otot lengan dan pergelangan tangan.

Fungsi tulang pengumpil yang lain dapat anda lihat pada artikel diatas atau link ini
artikel fungsi tulang pengumpil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here