2019 Peta Dunia HD Ukuran Besar Lengkap Nama Negara Terbaru

0
1718

ADS BY GOOGLE

Gambar Peta Dunia 2019 Lengkap Dengan Nama Nama Negara dan gambar ukuran Besar | Sobat rajin belajar, kali ini saya akan berikan kepada kalian peta dunia terbaru 2019.

Sebelum saya masuk ke bagian gambar peta dunia dan bagian bagiannya seperti Benua dan negaranya, saya akan jelaskan kepada kalian tentang apa itu Peta dan Peta Dunia sendiri serta sejarah peta dunia.

Pengertian Peta

Pengertian Peta adalah representasi visual dari seluruh wilayah atau sebagian wilayah tertentu, yang digambarkan dalam bidang datar.

Berdasarkan Wikipedia, pengertian peta adalah penggambaran simbolis yang menekankan hubungan (Symbolic depiction emphasizing relationships)antar elemen ruang tertentu, seperti objek, wilayah ataupun tema tertentu (between elements of some space, such as objects, regions, or themes.)

Ilmu yang mempelajari tentang pembuatan peta disebut kartografi (Cartography). Orang yang mempelajari dan membuat peta disebut Kartografer (Cartographer).

Bumi Datar atau Bulat

Sebelum terlalu jauh,saya ingin menekankan terlebih dahulu satu hal ini. Bumi itu bulat dan digambarkan datar dalam bentuk peta 2D. Adapun peta 3D seperti Globe, merupakan penggambaran Bumi yang mendekati bentuk dasarnya.

Walaupun memang, secara kasat mata satelit, Bumi tampak bulat sempurna layaknya Globe, akan tetapi hal ini tentunya kurang tepat, karena ada perbedaan ketinggian permukaan bumi (elevasi) yang berbeda dari permukaan air laut.

Jadi kalo ada yang katakan bahwa bumi itu datar atas alasan Peta Dunia 2 dimensi bentuknya datar, saya rasa perlu kembali ke sekolah dasar atau SMP. Pergi belajar masalah dimensi dimensi bentuk.

teori bumi datar bumi bulat
teori bumi datar bumi bulat

Peta Dunia

Pada bagian ini saya akan membahas tentang apa itu peta dunia, sejarah peta dunia, dan macam macam peta dunia yang ada seperti proyeksi map peta dunia yang bermacam macam.

Definisi Peta Dunia

Definisi peta dunia adalah representasi visual permukaan Bumi dan letak tiap wilayah dan lautan yang ada dalam bentuk dua dimensi.

Representasi tersebut tentu saja berdasarkan perbandingan ukuran yang telah diukur sedemikian rupa, sehingga dengan menggunakan peta, manusia dapat menentukan jarak tempuh dari satu negara ke negara lain berdasarkan peta dunia saja.

Peta Dunia dan Globe

Ketika berbicara tentang peta dunia, pasti akan kepikiran Globe. Nah, kok Globe tidak disebut peta yah.

Pada dasarnya Globe adalah peta 3D, akan tetapi, agar tidak rancu dibedakan namanya dari peta menjadi Globe atau bola Dunia.

Globe
Advertisement by google
Globe

Jadi Globe dan Peta itu sama sama sebagai representasi visual permukaan Bumi, perbedaannya cuman itu saja, peta itu 2D sedangkan Globe itu 3D.

Yah kalo disamain sama budaya Wibu yah, Peta itu nijikon atau pecinta 2D sedangkan globe itu kehidupan nyata.

ADS By Google

Sejarah Peta Dunia

Nah ini yang rumit. Kok rumit kak? Rumit karena dunia sendiri itu berbeda pahamnya dalam sejarah pembuatan peta.

Kalian tahu bukan bahwa pemahaman tentang Bumi Bulat dan sperikal baru muncul dan berkembang menjadi kepercayaan pada abad 3 sebelum Masehi, yang sebelumnya sudah diperkirakan oleh Pythagoras pada abad ke 4-5 sebelum masehi.

Selain bentuk bumi yang bulat (geodesi) tersebut, area seperti Benua dan lautan pun tidak langsung menjadi pengetahuan bagi para pembuat peta (Kartografer).

Mereka membutuhkan data dari para petualang untuk melaporkan penjelajahan mereka sudah sampai mana.

Ketika Bumi diyakini sebagai sesuatu yang datar (dan memang begitu pada waktu lampau), perkembangan peta dan juga para petualang akan sangat sulit untuk berkelana kemana mana karena takut kejauhan dari markas mereka.

Barulah ketika Ferdinand Magellan pada tahun 1519 berlayar dari Spanyol ke arah barat terus menerus (tentu saja tidak garis lurus) hingga kembali ke Spanyol lagi pada tahun 1522. Dengan catatan dilanjutkan oleh Juan Sebastian de Elcano karena Magellan wafat dalam perang suku Maktan di Filipina.

Ferdinand Magellan penjelajah Bumi Bulat pertama kali
Ferdinand Magellan penjelajah Bumi Bulat pertama kali dan membuktikan bumi itu bulat

Pelayaran Magellan tersebut membuktikan bahwa Bumi atau Dunia itu bulat karena timnya telah berhasil memutari Bumi. Jikalau Bumi itu datar, maka, Magellan tidak mungkin kembali ke Spanyol dari arah berlawanan.

Nah, pada titik inilah, Bumi diyakini sebagai kebenaran mutlak bahwa bumi itu sperikal dan bulat sehingga peta dunia dapat disempurnakan.

Penemuan Benua dan Pulau Pulau

Peta Dunia juga tidak bisa dikatakan lengkap tanpa lengkapnya semua wilayah daratan dan lautan diseluruh penjuru bumi. Setidaknya Benua, yang merupakan daratan luas harus masuk dalam peta Dunia.

Penemuan Benua dan pulau pulau kecil lainnya itu membuat adanya perbedaan pada peta disetiap kebudayaan di dunia. Ambil contoh, Peta yang dibuat oleh Ibnu Batuta (1304-1368), hanya memasukkan benua Afrika, Eropa dan Asia, karena pada saat itu Benua Amerika dan Benua Australia serta Antartika, masih merupakan misteri.

Ibnu Batuta kartografer Arab
Ibnu Batuta kartografer Arab

Begitupun dengan pulau pulau kecil lainnya yang ada diseantero Bumi.

Begitupula Peta Dunia dari Eropa. Eropa hingga tahun 1500, masih mengira bahwa Benua Amerika yaitu pada bagian Amerika Utara bersambung dengan Benua Asia.

Apabila terdapat kesalahan dan tidak adanya areal yang cukup besar yang terdapat dalam peta tersebut, maka tidak dapat dikatakan sebagai sebuah perwakilan peta dunia karena tidak merepresentasikan Bumi secara utuh.

Peta Dunia Pertama

Peta Dunia, berdasarkan penelusuran sejarah Kartografi, pertama lengkap ditangan Gerardus Mercator, seorang kartografer kelahiran Belgia pada tahun 1569.

Peta yang dibuat oleh Gerardus Mercator ini kemudian disebut Peta Dunia Mercator. Peta dunia ini masih ada satu benua yang kurang yaitu Antartika. Artik atau kutub Utara sudah ada. Proyeksi peta dunia juga sudah menggambarkan bahwa dunia atau bumi itu bulat.

Gerardus Mercator Pembuat Peta Dunia hampir sempurna
Gerardus Mercator Pembuat Peta Dunia hampir sempurna

Dari peta mercator inilah, para petualang lautan berlayar kesana kemari menjelajahi Bumi dan menjadi acuan Globe atau bola dunia setelahnya.

Kelemahan peta merkator ini adalah adanya distorsi ukuran yang tinggi sehingga benua yang terlihat kenyataannya lebih kecil menjadi lebih besar dari aslinya.

Bahkan greenland yang aslinya 4 kali jauh lebih kecil dari Benua Afrika menjadi sama besar dengan benua Afrika.

Peta dunia merkator
Peta Dunia Yang mendekati sempurna oleh Gerardus Merkator. Disebut peta merkator.

Gambar Peta Dunia Terbaru

Semenjak adanya pesawat terbang dan satelit, Peta dunia telah mengalami banyak perkembangan dan pembaharuan.

Perkembangan peta dunia meliputi:

  1. Ukuran yang mulai disetarakan dan disesuaikan dengan aslinya
  2. Distorsi wujud atau citra visual semakin berkurang
  3. Visualisasi terhadap Bumi yang bulat semakin jelas terlihat dengan adanya garis garis kurvatur pada peta.
  4. Distorsi jarak menjadi semakin berkurang

Pertanyaannya kenapa peta Dunia yang sempurna belum pernah ada? Jawabannya ada pada kenyataan bahwa Bola atau sperikal contohnya Bumi, tidak mungkin bisa divisualisasikan secara sempurna dalam bentuk 2D atau permukaan datar.

Kenyataan tersebut, dibuktikan secara matematis dan absolut oleh ahli matematika Carl Friedrich Gauss.

Gambar Peta Dunia Ukuran Besar

Dibawah ini adalah gambar peta dunia lengkap dengan nama nama negara yang ada. Bagi kalian yang menginginkan gambar peta dunia ukuran besar silahkan cek link dibawah gambar dan mendownload nya.

Gambar peta dunia ukuran besar dan batas batas negara

Download gambar peta dunia ukuran besar pdf 8 mb

Download gambar peta dunia ukuran besar PNG 21 Mb

Gambar Peta Dunia Versi CIA Berdasarkan Fisik

Dibawah ini adalah gambar peta dunia versi CIA yang merupakan Badan Intelejen Pusat Amerika Serikat.

Untuk gambar peta dunia versi CIA ukuran besar, kalian bisa download versi PDF dibawah ini, dan ubah menjadi gambar sesuai keinginan kalian, atau yang ingin dalam bentuk gambar besar, silahkan cek juga link dibawah nya.

gambar peta dunia ukuran besar versi CIA berdasarkan fisik
gambar peta dunia berdasarkan fisik ukuran besar dan berwarna
Gambar peta dunia versi CIA berdasarkan fisiknya
Gambar peta dunia versi CIA berdasarkan fisiknya

Download gambar peta dunia CIA berdasarkan fisik pdf 2,6 mb | PNG

Gambar Peta Dunia Berdasarkan Zona Waktu

Peta dibawah ini adalah Peta Dunia Versi CIA berdasarkan zona waktu, sehingga kalian yang membutuhkan informasi perbedaan zona waktu, dapat mengecek gambar peta dibawah ini.

Bagi kalian yang ingin mendownload silahkan dicek link dibawah gambar.

Gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan zona waktu
Gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan zona waktu
peta dunia HD ukuran besar berdasarkan zona waktu
peta dunia HD ukuran besar berdasarkan zona waktu

Peta Dunia Dengan Warna Negara Berbeda

Peta dibawah ini adalah peta yang dibuat oleh CIA, versi 2019 terbaru yang mencitrkan persebaran Negara negara di dunia dengan memberikan warna yang berbeda beda.

Peta Dunia yang seperti ini sangat bagus untuk kalian cetak karena ada ragam warna yang membuat mudah para siswa dan pelajar untuk mengingat letak negara negara di Bumi.

Gambar peta dunia berwarna tiap negara ukuran besar
Gambar peta dunia berwarna tiap negara ukuran besar
peta dunia HD lengkap nama negara ukuran besar
peta dunia HD lengkap nama negara ukuran besar

Untuk gambar peta dunia ukuran besar kalian bisa cek link download gambar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Daftar Negara Di Dunia

No.NegaraPopulasi (2019)
1Cina1,420,062,022
2India1,368,737,513
3Amerika Serikat329,093,110
4Indonesia269,536,482
5Brasil212,392,717
6Pakistan204,596,442
7Nigeria200,962,417
8Bangladesh168,065,920
9Rusia143,895,551
10Meksiko132,328,035
11Jepang126,854,745
12Etiopia110,135,635
13Filipina108,106,310
14Mesir101,168,745
15Vietnam97,429,061
16DR Kongo86,727,573
17Turki82,961,805
18Iran82,820,766
19Jerman82,438,639
20Thailand69,306,160
21Inggris66,959,016
22Prancis65,480,710
23Tanzania60,913,557
24Italia59,216,525
25Afrika Selatan58,065,097
26Myanmar54,336,138
27Kenya52,214,791
28Korea Selatan51,339,238
29Colombia49,849,818
30Spanyol46,441,049
31Uganda45,711,874
32Argentina45,101,781
33Ukraina43,795,220
34Algeria42,679,018
35Sudan42,514,094
36Iraq40,412,299
37Poland38,028,278
38Canada37,279,811
39Afghanistan37,209,007
40Morocco36,635,156
41Saudi Arabia34,140,662
42Peru32,933,835
43Uzbekistan32,807,368
44Venezuela32,779,868
45Malaysia32,454,455
46Angola31,787,566
47Mozambique31,408,823
48Ghana30,096,970
49Nepal29,942,018
50Yaman29,579,986
51Madagaskar26,969,642
52Korea Utara25,727,408
53Côte d'Ivoire25,531,083
54Cameroon25,312,993
55Australia25,088,636
56Niger23,176,691
57Sri Lanka21,018,859
58Burkina Faso20,321,560
59Malawi19,718,743
60Mali19,689,140
61Romania19,483,360
62Kazakhstan18,592,970
63Syria18,499,181
64Chile18,336,653
65Zambia18,137,369
66Guatemala17,577,842
67Zimbabwe17,297,495
68Netherlands17,132,908
69Ecuador17,100,444
70Senegal16,743,859
71Cambodia16,482,646
72Chad15,814,345
73Somalia15,636,171
74Guinea13,398,180
75South Sudan13,263,184
76Rwanda12,794,412
77Benin11,801,595
78Tunisia11,783,168
79Burundi11,575,964
80Belgium11,562,784
81Cuba11,492,046
82Bolivia11,379,861
83Haiti11,242,856
84Greece11,124,603
85Dominican Republic10,996,774
86Czechia10,630,589
87Portugal10,254,666
88Jordan10,069,794
89Sweden10,053,135
90Azerbaijan10,014,575
91United Arab Emirates9,682,088
92Hungary9,655,361
93Honduras9,568,688
94Belarus9,433,874
95Tajikistan9,292,000
96Austria8,766,201
97Serbia8,733,407
98Switzerland8,608,259
99Papua New Guinea8,586,525
100Israel8,583,916
101Togo8,186,384
102Sierra Leone7,883,123
103Laos7,064,242
104Bulgaria6,988,739
105Paraguay6,981,981
106Libya6,569,864
107El Salvador6,445,405
108Nicaragua6,351,157
109Kyrgyzstan6,218,616
110Lebanon6,065,922
111Turkmenistan5,942,561
112Singapore5,868,104
113Denmark5,775,224
114Finland5,561,389
115Congo5,542,197
116Slovakia5,450,987
117Norway5,400,916
118Eritrea5,309,659
119State of Palestine5,186,790
120Oman5,001,875
121Costa Rica4,999,384
122Liberia4,977,720
123Ireland4,847,139
124Central African Republic4,825,711
125New Zealand4,792,409
126Mauritania4,661,149
127Kuwait4,248,974
128Panama4,226,197
129Croatia4,140,148
130Moldova4,029,750
131Georgia3,904,204
132Bosnia and Herzegovina3,501,774
133Uruguay3,482,156
134Mongolia3,166,244
135Albania2,938,428
136Armenia2,936,706
137Jamaica2,906,339
138Lithuania2,864,459
139Qatar2,743,901
140Namibia2,641,996
141Botswana2,374,636
142Lesotho2,292,682
143Gambia2,228,075
144Gabon2,109,099
145North Macedonia2,086,720
146Slovenia2,081,900
147Guinea-Bissau1,953,723
148Latvia1,911,108
149Bahrain1,637,896
150Swaziland1,415,414
151Trinidad and Tobago1,375,443
152Equatorial Guinea1,360,104
153Timor-Leste1,352,360
154Estonia1,303,798
155Mauritius1,271,368
156Cyprus1,198,427
157Djibouti985.69
158Fiji918.757
159Comoros850.91
160Bhutan826.229
161Guyana786.508
162Solomon Islands635.254
163Montenegro629.355
164Luxembourg596.992
165Suriname573.085
166Cabo Verde560.349
167Micronesia536.579
168Maldives451.738
169Brunei439.336
170Malta433.245
171Bahamas403.095
172Belize390.231
173Iceland340.566
174Vanuatu288.017
175Barbados287.01
176Sao Tome & Principe213.379
177Samoa198.909
178Saint Lucia180.454
179Kiribati120.428
180St. Vincent & Grenadines110.488
181Tonga110.041
182Grenada108.825
183Antigua and Barbuda104.084
184Seychelles95.702
185Andorra77.072
186Dominica74.679
187Saint Kitts & Nevis56.345
188Marshall Islands53.211
189Monaco39.102
190Liechtenstein38.404
191San Marino33.683
192Palau22.206
193Tuvalu11.393
194Nauru11.26
195Holy See799

Gambar Peta Dunia Berdasarkan Benua

Bagi kalian yang ingin belajar dan mengajarkan tentang peta dunia berdasarkan penunjukan benua saja, maka gambar peta dunia ukuran besar dibawah ini sangat cocok buat anda.

-Baca Juga-

Gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan benua dan samudra
Gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan benua dan samudra. Penambahan sedikit, dibagian putih dibawah, adalah benua antartika.
gambar peta dunia berdasarkan benua versi webp
gambar peta dunia berdasarkan benua versi webp

Silahkan di download gambarnya dalam bentuk PDF maupun PNG dibawah ini.

Pdf | PNG

Gambar Peta Buta Dunia

Peta buta dunia atau blank world map adalah peta yang hanya menampilkan batas batas areal atau wilayah tanpa adanya penanda.

Sangat cocok untuk kalian yang ingin mengeditnya menjadi sesuatu yang lain atau untuk dicetak dijadikan bahan ajar untuk menguji ingatan siswa atau anak didik kalian.

Gambar peta buta dunia ukuran besar download
Gambar peta buta dunia ukuran besar download
peta buta dunia HD ukuran Besar
peta buta dunia HD ukuran Besar

Download gambar peta buta dunia ukuran besar file PDF | PNG

Peta Buta Dunia Hitam Putih

Bagi kalian yang mengalami kesulitan mencetak dalam bentuk berwarna, silahkan gunakan gambar peta buta dunia hitam putih dibawah ini. Kalian cukup gunakan warna hitam pada printer anda untuk mencetak peta buta dunia dibawah ini.

Gambar peta buta dunia ukuran besar download
Gambar peta buta dunia ukuran besar download

Download gambar peta buta dunia ukuran besar file PDF | PNG

Gambar Peta Dunia Berdasarkan Vegetasi

Peta dunia selain menggambarkan batas batas teritorial tiap negara dan benua, juga sering digunakan untuk menggambarkan kepadatan vegetasi dan banyaknya tumbuhan hijau pada daerah tersebut dibandingkan dengan daerah lain.

Peta vegetasi adalah salah satu jenis peta tematik, dengan tema tentu saja kepadatan tumbuhan / tanaman di dunia.

Berikut Gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan kepatadan vegetasi yang ada.

peta dunia HD ukuran besar berdasarkan vegetasi
peta dunia HD ukuran besar berdasarkan vegetasi

Gambar Peta Dunia Berdasarkan Jenis Vegetasi

Selain berdasarkan kepadatan vegetasi, peta dunia juga mampu dibuat dengan tema berdasarkan jenis vegetasi yang umunya terdapat pada daerah tersebut.

Peta dunia yang seperti ini sangat bagus untuk digunakan dalam kuliah Ilmu Lingkungan ataupun pelajaran tentang diversitas tumbuhan dan tanaman yang ada di Bumi.

Berikut gambar peta dunia ukuran besar berdasrkan jenis vegetasi yang ada pada wilayah tersebut.

gambar peta dunia berdasarkan tipe vegetasi
gambar peta dunia berdasarkan tipe vegetasi
Gambar peta dunia berdasarkan tipe vegetasi ukuran besar
Gambar peta dunia berdasarkan tipe vegetasi ukuran besar

Download gambar file PDF | PNG

Gambar Peta Dunia Berdasarkan Ketinggian

Peta berikut adalah gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan ketinggian. Bagi kalian yang ingin mencetak gambar peta dunia dibawah ini, silahkan cek link download dibawah gambar.

Ada kalanya, kita ingin membandingkan ketinggian daratan satu negara denga negara lain dengan mudah tanpa harus mengetahui angka pastinya.

Ada pun masa dimana kita ingin mengetahui dan membandingkan dalamnya tiap lautan dan samudra di dunia.

Peta dunia dibawah ini mampu memberikan anda gambaran jelas tentang ketinggian dan kedalaman tiap wilayah di bumi.

gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan ketinggian
gambar peta dunia ukuran besar berdasarkan ketinggian

Gambar format WEBP, ukuran kecil

Gambar peta dunia ukuran kecil berdasarkan ketinggian
Gambar peta dunia ukuran kecil berdasarkan ketinggian

Download file pdf | PNG

Cara Membaca Peta Dunia

Jangan tutup halaman ini dulu yah, kalian perlu baca ini, cara membaca peta terutama peta dunia.

Dalam membaca dan memahami peta, dibutuhkan pengetahuan dasar dan peralatan dasar seperti kompas serta alat pengukur panjang (mis. penggaris).

Pengetahuan dasar seperti:

1. Membaca Kompas

Kompas, adalah alat yang digunakan untuk menentukan arah utara dan Selatan serta Barat dan Timur. Dalam perjalanan seperti berlayar ataupun pesawat, kalian membutuhkan kompas untuk membaca peta.

kompas untuk menentukan arah pada peta
kompas untuk menentukan arah pada peta

Dalam Peta, akan selalu disiapakan arah utara peta dan arah selatan peta. Nah, ini yang harus kalian samakan dengan arah utara-selatan kompas kalian.

Barulah kalian bisa menentukan arah perjalanan. Contoh, berlayar menuju Benua Australia dari kepulauan Jawa, maka kalian perlu ke arah tenggara. Silahkan perhatikan 16 arah mata angin dalam membantu pembacaan kompas anda.

arah mata angin dan jenis mata angin
arah mata angin dan jenis mata angin

2. Skala Angka Peta

Coba deh perhatikan gambar peta dunia diatas, kalian bisa lihat ada skala peta atau map scale pada peta tersebut.

Salah satu peta diatas, saya ambil contoh pada peta dunia berdasarkan zona waktu. Pada peta tersebut

Nah, angka tersebut adalah perbandingan matematis dari ukuran dan jarak nyata berbanding jarak dan ukuran pada peta tersebut.

Ambil contoh 1:10.000 (satu banding sepuluh ribu), artinya 1 unit pada peta tersebut mewakili 10.000 unit dalam dunia nyata atau keadaan aslinya.

1 Unit tersebut dapat kalian ganti sesuai keinginan kalian seperti 1 cm, 1 inchi, 1 meter, atau 1 milimeter. Tergantung keinginan kalian.

Skala peta dan ukuran peta ketika dibuat adalah satu kesatuan utuh. Ketika ukuran peta diubah, skala peta harus berubah. Oleh karena itu ketika kalian mendownload peta, kalian harus perhatikan ukuran peta tersebut, dan dicetak sesuai dengan ukuran peta tersebut.

3. Skala Garis Peta

Dalam membaca peta terutama mencetak peta, kalian juga harus memperhatikan skala garis peta.

Skala garis peta memiliki banyak nama lain seperti bar scale atau skala batang, skala grafis dan juga skala linear peta.

Skala garis peta digunakan sebagai alat bantu dalam menentukan jarak antara satu titik dengan titik lain ketika tidak adanya alat ukur seperti penggaris ataupun mistar.

Silahkan lihat gambar dibawah ini dalam mengukur jarak pada peta menggunakan skala garis / skala grafis pada peta.

fungsi skala garis peta dan kegunaannya
fungsi skala garis peta dan kegunaannya dalam mengukur jarak tanpa menggunakan mistar, cukup pensil dan sepotong kertas ataupun benang.

4. Garis Lintang dan Garis Bujur peta

Pengertian lintang (latitude) adalah jarak dalam derajat dari ekuator ke selatan atau ke utara. Sedangkan pengertian gari bujur (longitud) adalah jarak dalam derajat dari garis meridian Greenwich ke barat atau ke timur.

Setiap satu derajat terpisah sejauh 60 menit, dan setiap menit merupakan representasi dari satu mil laut (1,852 km). Sehingga dalam satu derajat terpisah sejauh 60 mil atau 60 x 1,852 km = 111,12 km.

Kalian dapat menemukan angka garis lintang dan garis bujur peta pada sisi atas dan bawah peta dunia dan peta lainnya. Posisi dimana kedua garis ini bertemu dan bersinggungan dapat digunakan sebagai penentu posisi anda, apalagi ketika tidak ada penanda disitu.

Untuk penjelasan lebih jauh tentang garis lintang (latitude) peta dan garis bujur peta (longitude) akan saya jelaskan nanti pada artikel terpisah. Silahkan ditunggu.

5. Garis kontur peta

Pada peta (tidak semua peta) terdapat garis kontur yang menjadi indikator tinggi rendahnya elevasi atau ketinggian permukaan daerah tersebut di dunia nyata.

Aturan garis kontur pada peta adalah ketika garis kontur tersebut rapat dan saling berdekatan artinya menandakan daerah tersebut pada kehidupan nyata memiliki ketinggian yang lebih dari daerah disekitarnya.

garis kontur peta
fungsi garis kontur peta

Ketika garis kontur pada peta berjauhan, dan berjarak satu sama dengan sekitarnya, artinya daerah tersebut pada kehidupan nyata rata atau lebih datar dibandingkan sekitarnya.

Nanti saya buatkan artikel terpisah tentang garis kontur peta pada artikel terpisah.

6. Legenda peta dan simbol

Legenda atau legend pada peta adalah penanda yang merepresentasikan item item atau benda ataupun tema tema tertentu pada titik tersebut pada kehidupan nyata.

contoh legenda pada peta Indonesia yang resmi
contoh legenda pada peta Indonesia yang resmi

Legenda yang sering ditemukan pada peta adalah

  • Garis berbeda ketebalan, warna, jenis (putus putus atau bersambung) yang menandakan berbagai hal mulai dari batas wilayah, jalanan, dan jalur tertentu.
  • Pegunungan yang diberi tanda segitiga hitam
  • Simbol warna
  • Dan banyak lagi lainnya

Silahkan baca artikel lebih jauh tentang legenda peta pada link artikel dibawah ini.

7. Sumber dan Tahun Peta

Dalam melihat dan menggunakan peta serta mencetak peta termasuk peta dunia, kalian juga harus memperhatikan dan mengetahui sumber dan tahun peta tersebut.

Jangan sampai anda mencetak peta yang lama dimana negara tersebut atau wilayah tersebut sudah bukan lagi bagian pemerintahan yang sekarang.

Begitupula dengan penanda lain seperti jalan, jalur transportasi dan banyak lagi lainnya yang mungkin berubah dimakan waktu.

Fungsi Peta Dunia dan Kegunaan

Peta dunia atau peta geografi mempunya beberapa kegunaan yaitu:

  1. Dalam pelayaran digunakan untuk perjalanan jauh lintas negara dan benua
  2. Digunakan untuk mengetahui letak setiap negara dengan negara lainnya
  3. Untuk mengetahui letak dan ukuran suatu benua
  4. Membandingkan ukuran tiap negara dengan negara lainnya
  5. Membandingkan ukuran tiap benua
  6. Memperkirakan jarak tempuh pesawat ataupun kendaraan lain (kurang akurat)
  7. Menghitung zona waktu atau perbedaan waktu tiap negara ataupun wilayah
  8. Menentukan perbedaan iklim pada posisi matahari tertentu
  9. Membandingkan vegetasi tiap negara serta benua
  10. Membandingkan topografi tiap negara benua benua
  11. Peta Dunia tertentu digunakan untuk membandingkan kepadatan penduduk tiap negara ataupun benua

Jenis Jenis Peta

Ada dua jenis peta yaitu peta umum dan peta khusus.

Peta umum terbagi atas 3 jenis yaitu:

  1. Peta topografi
  2. Peta korografi
  3. Peta dunia atau peta geografi

Peta khusus dapat berjumlah banyak. Hal ini karena peta khusus juga disebut peta tematik. Peta tersebut adalah peta yang menggambarkan informasi tema tertentu.

Contohnya peta persebaran vegetasi diatas, peta iklim dan cuaca di Indonesia, peta curah hujan di Indonesia dan dunia, peta lokasi parawisata, dan banyak lagi lainnya.

Kelebihan Peta Dunia Dibanding Globe

Kita ketahui, bahwa ada beberapa kekurangan pada peta dunia yang tadi diperlihatkan gambarnya diatas. Salah satunya adalah distorsi bentuk, jarak dan ukuran yang tidak sesuai dibandingkan dengan lainnya.

Walaupun semakin kesini semakin maju, tetap itu tidak mampu mengalahkan kesempurnaan Globe.

Akan tetapi, dibalik kekurangan peta dunia, ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh Globe, yaitu:

  1. Peta karena 2D lebih mudah disimpan
  2. Dapat menampung berbagai ukuran skala
  3. Dapat dengan mudah ditampilkan pada ukuran layar yang berbeda
  4. Dapat memperlihatkan ukuran besar dari suatu titik
  5. Lebih murah dan lebih mudah dibuat

Demikianlah artikel tentang peta dunia dan gambar peta dunia ukuran besar yang dapat kalian download PNG ataupun file PDF nya. Semoga bermanfaat buat kalian.

Apa itu Peta

Peta adalah representasi visual permukaan Bumi pada bidang datar (2 dimensi). Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel diatas.

Apa itu Peta Dunia

Peta dunia adalah representasi visual seluruh permukaan Bumi dalam bidang datar (2 dimensi) dengan teknik proyeksi sehingga mampu mewakili bentuk 3 dimensinya yaitu Bulat speriks.
Untuk contoh gambar peta dunia dan penjelasan lebih jauh, silahkan baca artikel diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here