ADS BY GOOGLE

Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis

0
14
Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis
Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis

Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis komensalisme. Hubungan interaksi antara lalat dan bunga rafflesia ini hanya menguntungkan bunga Rafflesia saja, sedangkan lalat khususnya lalat Charion, tidak dirugikan.

Apa itu Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia dikenal dengan nama bunga bangkai, nama ilmiahnya adalah Rafflesia arnoldii. Bunga Rafflesia bukanlah bunga yang memakan bangkai ataupun memangsa serangga seperti bunga Venus Flytrap. Bunga Rafflesia mempunyai simbiosis parasitisme pada akar pohon genus Tetrastigma.

Bunga Rafflesia tidak mengandung klorofil, sehingga untuk tumbuh dan berkembang, mereka menarik dan mengambil nutrisi secara parasit pada akar pohon genus Tetrastigma.

Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan berpembuluh angkut yang tidak mempunyai daun, batang dan bahkan akar pun bisa disebut akar semu. Hubungan antara bunga Rafflesia dan akar pohon hampir sama dengan jamur, berupa sejumlah jalinan massa sel yang masuk hingga ke dalam sel sel akar pohon tersebut.

Simbiosis Antara Bunga Rafflesia dan lalat

Hubungan simbiosis antara lalat dan bunga Rafflesia adalah simbiosis komensalisme. Simbiosis tersebut menguntungkan bunga Rafflesia karena serbuk sari yang berasal pada bunga Rafflesia jantan dapat membuahi bunga Rafflesia betina. Lalat sendiri, tidak dirugikan, walaupun dari segi waktu dapat dikatakan bahwa lalat ditipu.

Bunga Rafflesia ketika siap untuk melakukan penyerbukan, bunga akan mekar dan mengeluarkan bau seperti daging busuk. Bau ini, menurut riset yang ada, mempunyai kosentrasi yang identik atau mirip dengan bau daging busuk.

Dengan adanya bau ini, lalat akan mendekat dan masuk ke dalam bunga, dimana terdapat serbuk sari pada bunga Rafflesia jantan dan putik pada bunga Rafflesia betina. Serbuk sari pada bunga Rafflesia tidak berbentuk serbuk, melainkan seperti lem yang akan menempel pada abdomen lalat.

Serbuk sari tersebut dapat menempel dalam waktu yang cukup lama, selanjutnya ketika mendapati bunga Rafflesia betina yang berbunga, maka lalat kembali mendekat dan akhirnya terjadi penyerbukan.

Jadi pada kesimpulannya, lalat tidak dirugikan, dan tidak diuntungkan sedangkan bunga Rafflesia diuntungkan karena menjadi sarana penyerbukan, sehingga melestarikan spesies bunga Rafflesia.

Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis

Simbiosis komensalisme. Bunga Rafflesia diuntungkan oleh bantuan penyerbukan, dan lalat tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.
Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat merupakan simbiosis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini