[Jawaban] Jelaskan Macam Macam Termometer – Jenis Jenis Termometer

0
13

ADS BY GOOGLE

Jelaskan Macam macam termometer dan jenis jenis termometer | Kemarin dulu, kita belajar masalah besaran pokok dan besaran turunan. Salah satu besaran pokok yang kita pelajari yang adalah suhu atau temperatur.

Kali ini kita akan mempelajari alat ukur suhu yaitu termometer dan macam macam termometer yang sudah dibuat manusia.

Apa itu Termometer

Pengertian termometer adalah alat ukur suhu atau temperatur yang pada umumnya memiliki 3 jenis skala yaitu Celsius, Fahrenheit dan juga reaumur.

Jenis Jenis Termometer

Secara garis besar ada 5 jenis termometer yang ada di dunia ini. Kelima jenis termometer itu adalah (1) termometer zat cair, (2) termometer zat padat,(3) termometer listrik, (4) termometer gas, dan terakhir (5) termometer optik.

Kelima jenis termometer diatas menggunakan prinsip yang sama untuk menghasilkan tujuan yang sama yaitu mengukur suhu atau temperatur suatu sistem atau benda atau keadaan.

Berikut penjelasan dari 5 jenis termometer tersebut.

1. Termometer zat cair

Definisi dari termometer zat cair adalah termometer yang berisikan zat cair yang digunakan sebagai indikator perubahan suhu yang terjadi. Jadi bukan zat penyusunnya yang cair yah, tapi wujud zat yang digunakan untuk mengukur itu cair.

Ambillah contoh termometer klinis yang menggunakan air raksa. Raksa seperti yang kita ketahui pada tabel periodik kimia, adalah logam berat merkuri. Dikarenakan titik lebur raksa yang rendah yaitu -38 C dan titik didih 356,7 C, maka raksa digunakan sebagai pengisi termometer klinis atau termometer ruangan.

Contoh lain dari termometer zat cair adalah termometer maksimum-minimum yang dibuat oleh Six-Bellani. Oleh karena itu termometer ini biasa disebut termometer maksimum-minimum Six-Bellani.

2. Termometer zat padat

Macam macam termometer | Pengertian termometer zat padat adalah termometer yang menggunakan reaksi yang terjadi pada zat padat sebagai indikator perubahan suhu. Contoh dari jenis termometer zat padat adalah termometer termokopel dan termometer hambatan.

3. Termometer gas

Pengertian termometer gas adalah alat pengukur suhu yang menggunakan perubahan dan besar tekanan gas sebagai indikator perubahan suhu. Nilai tekanan yang terjadi pada tabung tertutup tersebut kemudian dikonversi sebagai suhu benda atau zat yang diukur tersebut.

termometer gas - jenis jenis termometer
termometer gas – jenis jenis termometer

4. Termometer Optik

Ini merupakan jenis termometer yang menggunakan prinsip warna dan cahaya. Pengertian termometer optik adalah alat pengukur suhu yang menyesuaikan warna cahaya dan kilauan zat atau radiasi termal dengan indikator konversi yang ada pada alat tersebut. Salah satu contoh termometer dari jenis termometer optik adalah Pirometer.

Termometer optik juga dapat berupa mendeteksi radiasi termal yang dimiliki oleh benda tersebut. Contoh dari termometer optik ini adalah termometer inframerah.

5. Termometer Listrik

Macam macam termometer | Ini adalah jenis termometer yang dapat dapat dikatakan sebagai termometer padat, perbedaannya hanyalah, indikator utama adalah perambatan listrik itu sendiri dan hambatan yang dialaminya.

Termometer jenis ini dikategorikan sebagai termometer dengan akurasi tinggi dan juga memiliki harga yang mahal. Salah satu contoh termometer dari jenis termometer listrik adalah termometer resistor atau termometer hambatan.

ADS By Google

Macam Macam Termometer

Setelah saya kalian tahu masalah jenis jenis termometer, kita masuk kebagian macam macam termometer. Pada bagian ini saya akan memberikan contoh contoh termometer dari berbagai jenis termomemeter yang ada diatas.

Jadi bagi kalian yang lagi mencari macam macam termometer, silahkan dibaca dan dipelajari yah, saya pasang beberapa gambar termometer tersebut agar kalian lebih mudah mengerti.

1. Termometer Klinis

Macam macam termometer | Termometer klinis adalah istilah umum untuk termometer yang sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Pada dasarya, termomemeter klinis sama saja dengan termometer air raksa ataupun termometer alkohol dan merupakan jenis termometer zat cair.

Termometer klinis yang biasa kita jumpai di rumah sakit itu menggunakan alkohol sebagai pengisi cairan.

macam macam termometer dan jenis termometer
Advertisement by google
Termometer klinis dan termometer alkohol – macam macam termometer

Skala Suhu termometer Klinis

Macam macam termometer | Skala dari termometer klinis itu berbeda dengan skala termometer lainnya. Dikarenakan kegunaannya hanya untuk mengukur suhu tubuh manusia, skala terendah dari termometer klinis adalah 35°C dan skala suhu tertinggi termometer klinis adalah 42°C.

Selain itu, tingkat ketelitian dari termometer klinis adalah 0,1°C.
Ukuran Termometer Kecil

Ukuran termometer klinis yang kecil ini daan memiliki desain lengkungan yang sempit agar dapat disisip pada bagian yang susah seperti ketika dan bagian tubuh lainnya dan juga agar ketika diangkat, pengukuran suhu yang dilakukan tidak seketika berubah.

2. Termometer Air Raksa

Termometer air raksa adalah termometer yang sangat sering kita jumpai, khususnya bagi siswa SMP dan SMA. Dalam 3 jenis laboratorium mulai dari lab fisika, lab biologi dan juga laboratorium kimia, pasti akan menemukan termometer air raksa.

termometer air raksa - macam macam termometer
termometer air raksa – macam macam termometer

Termometer air raksa, seperti yang dijelaskan pada jenis jenis termometer, merupakan salah satu contoh termometer zat cair yang berisikan zat merkuri atau raksa. Air raksa tersebut digunakan sebagai indikator pengukuran suhu.

Skala Termometer Air Raksa

Termometer air raksa, secara teori dapat mengukur suhu mulai dari -37°C hingga 356°C (-35 hingga 673°F), akan tetapi atas dasar keamanan, termometer air raksa hanya digunakan untuk mengukur suhu dari skala -37°C hinga 120°C.

Bahaya Termometer Air Raksa

Macam macam termometer | Hampir semua negara maju sudah melarang penjualan termometer air raksa di sekolah sekolah dan pusat kesehatan seperti rumah sakit. Seiring dengan terjadinya beberapa kasus keracunan merkuri, negara seperti Inggris dan Amerika Serikat mulai membatasi warga negara.

Salah satu pembatasan tersebut, melarang penjualan termometer air raksa untuk penggunaan rumah sakit dan sekolah.

Untuk termometer air raksa yang telah terlanjur terjual, kedua negara tersebut mengizinkan untuk menggunakan dengan pengawasan yang jelas.

Filipina adalah negara pertama di Asia Tenggara (ASEAN) yang melarang penggunaan seluruh peralatan kesehatan medis berbahan merkuri termasuk didalamnya termometer air raksa untuk keperluan rumah sakit dan pelayanan kesehatan.

3. Termometer maksimum-minimum Six-Bellani

Ini adalah macam termometer yang menggunakan air raksa dan juga alkohol dalam pengukuran suhu atau temperatur. Jenis termometer ini masuk dalam jenis termometer zat cair.

Termometer jenis ini digunakan dalam pengukuran suhu harian, makanya disebut termometer maksimum-minimum. Penemu termometer maksimum-minimum adalah Six-Bellani. Suhu harian atau suhu dalam skala waktu tertentu, biasanya mengukur suhu dalam 24 jam.

termometer maksimum minimum six bellani
termometer maksimum minimum six bellani

Termometer Six-Bellani ini sering disebut sebagai termometer Six saja. Penggunaan termometer ini diluar negeri adalah sebagai termometer ruangan atau termometer dinding.

Cara Kerja Termometer Maksimum-Minimum

Macam macam termometer | Cara kerja jenis termometer ini cukup sederhana dan mudah. Terdapat bagian marker atau penanda yang terpasang pada bagian kolom maksimum dan penanda pada bagian minimum. Penanda tersebut anda gerakan menggunakan tangan apabila masih berada pada posisi default, atau posisi awal.

Penanda tersebut mampu bergerak dengan adanya perubahan besarnya suhu maksimum dan juga perubahan suhu minimum. Contoh, apabila terjadi kenaikan suhu maksimum, maka penanda pada bagian maksimum akan ikut naik, dan akan tetap pada posisinya kecuali suhu tersebut mengalami kenaikan, dan tidak akan turun apabila suhu pada waktu tersebut mengalami penurunan.

Pada penanda suhu minimum, apabila suhu pada waktu tersebut menurun, maka penanda akan bergerak turun. Apabila suhu minimum mengalami kenaikan, maka penanda tidak akan berpindah. Jadi hanya berpindah ketika suhu turun.

4. Termometer Dinding

Sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya, termometer dinding sama saja dengan termometer air raksa, dan juga termometer alkohol. Termometer ini memiliki satu fungsi, yaitu mengukur suhu ruangan.

Oleh karena itu, kebanyakan rumah tidak memiliki termometer dinding. Hanya usaha usaha tertentu yang memiliki termometer dinding, contoh kandang jamur atau usaha lainnya dimana suhu dan kelembaban itu penting.

Bagi kalian yang ingin memasang termometer dinding, saya sarankan gunakan termometer maksimum-minimum Six-Bellani saja. Dengan begitu anda dapat mengetahui suhu maksimum dan minimum ruangan anda atau usaha anda.

5. Termometer Alkohol

Termometer alkohol adalah salah satu jenis termometer zat cair. Macam termometer ini menggunakan zat pengisi tabung berupa alkohol, seperti etanol ataupun asetat isoamyl dan juga nitrogen.

macam macam termometer dan jenis termometer
Termometer klinis dan termometer alkohol – macam macam termometer

Alasan kenapa termometer alkohol muncul ada dua, yaitu karena termometer air raksa berbahaya dan juga sulit dibuat, dan alasan kedua adalah termometer air raksa tidak akurat dan bahkan tidak mampu untuk suhu lebih rendah dari -37°C.

Skala Termometer Alkohol

Dikarenakan sifat alkohol khususnya etanol yang berbeda dengan air raksa, maka batasan suhu minimum dan suhu maksimum juga berbeda.

Skala minimum atau suhu terendah yang dapat diukur oleh termometer alkohol adalah -114,9°C. Skala tertinggi atau suhu tertinggi yang dapat diukur adalah 78°C.

Lebih tinggi dari suhu tersebut, dapat menyebabkan termometer hancur.
Bila termometer alkohol tersebut mengandung kombinasi dari etil alkohol, toluena dan pentana, maka suhu minimum atau suhu terendah yang dapat diukur bisa hingga -200°C.

-Baca Juga-

6. Termometer Galileo

Termometer galileo bukanlah termometer yang ditemukan oleh Galileo Galilei. Ini merupakan termometer yang ditemukan berdasarkan prinsip yang digunakan oleh termometer ini untuk mengukur suhu atau perubahan temperatur yang ada.

Termometer galileo terbuat dari tabung kaca silinder yang mengandung cairan bening, dan didalamnya terdapat wadah wadah kecil kaca yang berisikan cairan berwarna sebagai penanda.

termometer galileo - jenis jenis termometer
termometer galileo – jenis jenis termometer

Ukuran dari beberapa wadah kecil tersebut yang digunakan sebagai indikator suhu, dibuat sedemikian rupa agar tidak bertabrakan dan saling menahan.

Prinsip yang ada dalam termometer galileo ini adalah prinsip yang ditemukan galileo bahwa kepadatan cairan dapat menjadi penanda suhu. Semakin tinggi suhu cairan maka kepadatan berkurang.

7. Termistor: Termometer Hambatan

Jenis termometer ini adalah termometer listrik dan juga jenis termometer zat padat. Termistor merupakan termometer hambatan, yang dijelaskan diawal.

Termometer ini berkerja dengan prinsip hambatan atau resistansi zat tersebut yang telah diukur sedemikian rupa sehingga apabila terjadi hambatan sebesar itu, maka suhu benda atau zat tersebut adalah segitu.

Ada dua jenis termistor, yaitu termistor NTC dan termistor PTC. Keduanya memiliki prinsip kerja yang berbeda. Termistor NTC, ketika suhu naik, hambatan berkurang. Sedangkan termistor PTC, ketika suhu naik hambatan bertambah.

termistor - macam macam termometer
termistor – macam macam termometer

Termometer ini jarang sekali digunakan untuk pengukuran suhu sebagai pengetahuan, lebih sering digunakan sebagai kontrol otomatis terhadap suatu sistem atau rangkaian listrik.

Sebagai contoh, Termistor PTC sering kita temukan pada rangkaian listrik untuk menjaga agar tidak terjadi overcurrent atau kelebihan tegangan. Kita tahu kalau tegangan berlebih, suhu naik, makanya untuk menahan tersebut kita butuhkan hambatan yang naik ketika suhu naik. Termistor PTC jawabannya.

Termistor NTC digunakan pada kontrol temperatur suhu inkubator dan juga digunakan sebagai indikator suhu pada beterai ketika di charge.

8. Termometer Hambatan (RTDs)

Termometer ini merupakan jenis termometer padat dan juga termometer listrik. Menurut sumber yang saya baca, termistor dan termometer hambatan memiliki perbedaan, yaitu bahan yang digunakan dan juga tujuannya.

Penyusun dari Termometer hambatan ini adalah platinum, tembaga dan juga nikel. Pengoperasian termometer hambatan ini membutuhkan listrik untuk dapat bekerja.

termometer hambatan - macam macam termometer
termometer hambatan – macam macam termometer

Tingkat ketelitian dari pengukur suhu ini, dikategorikan sebgai tingkat ketelitian tertinggi dibandingkan dengan temometer lainnya dengan tingkat ketahanan akurasi yang paling tinggi, bahkan termokopel pun takluk.

Skala Suhu Termometer Hambatan (RTDs)

Skala terendah atau suhu terendah yang dapat diukur oleh termometer jenis ini adalah -200°C (-328.0°F) dan skala tertinggi atau suhu tertinggi adalah 500°C (923,0°F).

9. Termokopel : Termometer Digital

Ini merupakan jenis termometer yang banyak digunakan oleh ilmuwan dan profesional serta teknisi dalam bekerja. Termokopel memiliki prinsip kerja yang sama dengan termometer hambatan, yaitu menggunakan arus listrik yang ada dan mengukur hambatan yang terjadi sebagai perubahan voltasi yang kemudian dikonversi menjadi ukuran suhu.

termometer termokopel - macam macam termometer
termometer termokopel – macam macam termometer

Kelebihan Termokopel

Termokopel memiliki kelebihan yang sangat banyak, yang pertama, sebagai termometer digital sehingga pengoperasian dan pengukuran menjadi lebih mudah. Kedua Termokopel memiliki berbagai dan berbagai variasi sesuai kebutuhan anda. Ketiga, termokopel memiliki kecepatan reaksi atau kecepatan pembacaan yang tinggi, paling cepat untuk semua jenis termometer yang ada.

Kekurangan Termokopel

Adapun kekurangan dari jenis termometer ini adalah, ketahanan. Ketahanan termometer ini, dikarenakan digunakan dalam pengukuran yang ekstrem, maka ketahanan semakin berkurang. Kedua, adalah ketelitian dari termokopel masih lebih rendah dari termometer hambatan.

10. Termometer Bimetal mekanik

Pengertian termometer bimetal mekanik (Bimetallic Thermometer) ini adalah jenis termometer yang terbuat dari dua buah keping logam yang mempunyai koefisien muai yang berbeda yang dipelat hingga menjadi satu.

termometer bimetal mekanik - macam macam termometer
termometer bimetal mekanik – macam macam termometer

Cara kerja termometer bimetal mekanik bergantung pada pemuaian dari kedua logam tersebut. Termometer yang dirangkai dengan jarum indikator ini akan bergerak sesuai dengan tingkat pemuaian dua logam yang ada dalam termometer ini. Apabila terjadi pemuaian, jarum indikator akan bergerak.

Ada dua jenis termometer bimetal yaitu jenis lempengan spiral dan jenis heliks.

  • termometer bimetal heliks
  • termometer bimetal spiral - jenis jenis termometer
  • termometer bimetal di dapur

Kelebihan dan Kelemahan Termometer

Kelebihan dari termometer bimetal ini adalah kemudahan dalam membuat dan memperbanyak, daya tahan dan kekuatan yang baik serta harga yang cukup murah. Ketahanan yang dimaksud adalah ketahanan terhadap goncangan, dan faktor fisik yang dapat menyebabkan rusak, contoh termometer air raksa, bila terbentur kaca akan pecah dan raksa akan meluber.

Kekurangan termometer bimetal mekanik adalah akurasi akan semakin rendah bisa mengukur pada suhu yang rendah. Hal ini karena prinsip logam memuai adalah suhu tinggi sedangkan logam yang digunakan memiliki titik muai yang tidak pada suhu rendah.

Kegunaan termometer bimetal mekanik lebih sering pada pemakaian peralatan rumah yang bersuhu tinggi seperti pengukur suhu oven, pengukur suhu pemanas ruangan. Jadi, termometer bimekanik ini lebih sering digunakan untuk mengukur suhu benda yang ketika digunakan atau suhunya lebih tinggi dari suhu ruangan ataupun suhu tubuh kia.

11. Termometer Inframerah

Termometer inframerah adalah salah satu contoh jenis termometer optik yang menggunakan radiasi sinar inframerah yang kemudian dikonversi sebagai ukuran suhu benda atau zat tersebut.

Termometer inframerah sering digunakan dalam pengukuran suhu benda yang bergerak, jauh atau dapat harus menyentuh benda atau zat tersebut dan juga ketika benda atau zat yang mau diukur tersebut dikategorikan sebagai benda berbahaya atau diduga berbahaya.

termometer inframerah - macam macam termometer
termometer inframerah – macam macam termometer

Harga termometer inframerah sekitar 1 jutaan hingga 5 jutaan.

12. Termometer Probe

Macam macam termometer | Ini adalah jenis termometer zat padat yang mempunyai ujung runcing dan terhubung dengan kabel yang cukup panjang. Ujung runcing dari termometer probe ini sangatlah sesuai dengan fungsinya untuk mengukur zat atau benda yang harus ditusuk seperti buah dan sejenisnya.

Kabel panjang yang ada pada termometer probe memudahkan pengguna termometer untuk mengukur suhu benda.

termometer probe - macam macam termometer
termometer probe – macam macam termometer

Termometer probe sering digunakan oleh praktisi buah, ahli makanan, minuman dan banyak lagi, silahkan di google.

Sekedar informasi tambahan, ini juga merupakan termometer digital.

13. Termometer digital

Macam macam termometer | Sesuai namanya, termometer digital adalah termometer yang memiliki sensor digital dan layar sebagai indikator penunjuk suhu. Sensor yang sering digunakan pada termometer digital adalah termokopel ataupun termometer hambatan.

Kegunaan termometer digital sesungguhnya sama saja dengan termometer lainnya, yaitu mengukur suhu. Termometer digital hanyalah bentuk dari termometer yang memiliki layar LED sebagai penunjuk suhu.

Sehingga apapun jenis termometernya ketika telah mengalami digitalisasi, maka layak disebut sebagai termometer digital.

Sekarang ini, sudah banyak termometer digital yang menggantikan termometer zat cair maupun zat padat, seperti termometer air raksa, alkohol, bimetal dan lainnya.
Termometer digital sudah banyak ditemukan dalam dunia kesehatan seperti rumah sakit dan menganggantikan penggunaan termometer klinis.

Sekian artikel tentang macam macam termometer sebagai alat pengukur suhu. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here