ADS BY GOOGLE

Jelaskan Simbiosi hubungan ikan hiu dan ikan remora

0
9
jelaskan hubungan antara ikan hiu dan ikan remora simbiosis komensalisme
jelaskan hubungan antara ikan hiu dan ikan remora simbiosis komensalisme

Ikan hiu adalah salah satu jenis ikan karnivora yang memangsa ikan lain. Hubungan ikan Hiu dengan ikan jenis lain biasanya merupakan simbiosis predasi, dimana Ikan hiu menjadi pemangsa dan ikan lain menjadi mangsa.

Hal tersebut ternyata berbeda dengan yang terjadi pada ikan remora. Ikan remora adalah ikan khusus yang mempunyai lempeng penghisap pada bagian atas tubuhnya yang biasanya memanjang diatas kepala hingga sebagian kecil punggungnya.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa lempeng penghisap yang berada di punggung ikan remora tersebut adalah sebuah modifikasi sirip punggung yang disebut dorsal fin. Modifikasi sirip ini dikategorikan sebagai modifikasi tingkat tinggi.

Ikan remora secara sekilas terlihat menempel dan menjadi parasit pada ikan ikan besar seperti ikan hiu, paus, ikan pari, dan juga penyu laut. Melihat lebih detail, ternyata ikan remora hanya menempel dan tidak menjadi parasit bagi ikan hiu.

Ikan remora ini menggunakan penghisap pada punggungnya hanya untuk menempel, sehingga ketika ikan hiu berenang, ikan remora tidak perlu menggunakan energi yang banyak untuk berpindah tempat.

Simbiosis Ikan Hiu dan Ikan Remora

Hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu merupakan simbiosis komensalisme. Artinya, ikan hiu tidak dirugikan dan tidak diuntungkan dengan kehadiran ikan remora ini. Sebaliknya, ikan remora sangat diuntungkan dengan melekatnya pada tubuh ikan hiu.

Ikan remora dengan melekatkan diri pada ikan hiu, mendapatkan makanan lebih mudah, baik dari sisa sisa makanan ikan hiu, juga melalui hal hal yang menempel pada kulit ikan hiu. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa sebagai jenis ikan remora, juga memakan kotoran ikan hiu dan juga ikan besar lainnya seperti ikan pari dan Paus ketika melekat.

Ikan remora dan penghisap (pelekat) pada bagian atas kepala. Dave Johnson, Smithsonian., Public domain, via Wikimedia Commons

Ikan remora juga diuntungkan dengan mempermudah ikan remora untuk bergerak di lautan. Kita ketahui bahwa ikan, pada dasarnya harus bergerak agar air yang mengandung oksigen dapat masuk ke dalam insang agar bisa bernapas.

Selain itu, ikan remora juga mendapatkan perlindungan dengan melekat pada ikan hiu yang merupakan salah satu konsumen puncak pada lautan.

Terlepas dari pernyataan diatas, hubungan simbiosis antara ikan remora dengan ikan lainnya pun dapat menjadi parasit atau mengangggu khususnya bagi ikan remora yang berukuran besar dan melekat pada ikan hiu yang masih kecil. Hal ini karena dengan adanya ikan remora yang melekat pada dirinya, ikan hiu membutuhkan lebih banyak energi untuk berenang.

Hal yang sama terjadi pada kapal, khususnya di masa lampau, dimana banyak ikan remora melekat pada lambung kapal dan membuat kapal bergerak lebih lambat.

Kenapa Ikan Hiu Tidak Memakan Ikan Remora

Berdasarkan temuan yang ada oleh ahli ikan, bahwa ikan remora tidak selamanya aman dan tidak dimangsa oleh ikan hiu. Ada beberapa jenis ikan hiu yang sangat agresif dan tidak ingin dilekati oleh ikan remora. Contohnya, ikan hiu Sandbar dan ikan hiu lemon.

Walaupun begitu, memang kebanyakan ikan hiu tidak akan memangsa ikan remora yang melekat pada tubuhnya selama ikan hiu tidak kelaparan akibat tidak adanya ikan dilautan.

Hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu merupakan simbiosis?

Simbiosis komensalisme. Ikan remora sangat diuntungkan dengan melekat pada tubuh ikan hiu, mulai dari makanan, perlindungan serta mobilitas. Ikan hiu tidak dirugikan dan hanya sedikit untung atas hubungan simbiosis ini. Ikan hiu memperoleh pembersih tubuh gratis dan membersihkan sisa sisa makanan yang mengotori perairan.
jelaskan hubungan antara ikan hiu dan ikan remora simbiosis komensalisme

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini