ADS BY GOOGLE

Jenis simbiosis antar kerbau dan burung jalak adalah simbiosis

0
25
Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis
Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis

Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antar makhluk hidup yang menguntungkan kedua bela pihak.

Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis

Simbiosis Mutualisme. Ini merupakan jenis simbiosis yang kedua pihak untung dan tidak ada yang dirugikan.
Burung jalak memakan kutu kutu yang ada pada tubuh kerbau dan kerbau pun diuntungkan dengan kutunya yang hilang dan lebih merasa nyaman dan tidak perlu bersusah payah untuk menghilangkan kutu kutu tersebut.
Simbiosis mutulialisme adalah satu dari beberapa jenis simbiosis makhluk hidup yang terjadi dalam ekosistem.
Jenis simbiosis antar kerbau dan buruk jalak adalah simbiosis

Simbiosis Antara Kerbau dan Burung Jalak

Simbiosis yang terjadi diantara kedua jenis hewan yang berbeda ini adalah simbiosis mutualisme. Kedua pihak diuntungkan dengan interaksi keduanya.

Disatu sisi, burung jalak diuntungkan dengan mendapatkan makanan berupa kutu kutu yang ada di tubuh kerbau. Kutu kutu tersebut jumlahnya tidak sedikit dan mampu membuat kenyang beberapa burung jalak.

Disisi lain, Kerbau diuntungkan dengan terbantukan menghilangkan kutu kutu yang menganggu pada tubuhnya. Dengan begitu, kerbau hidup lebih nyaman dan tidak perlu menghabiskan energi untuk mengusir kutu kutu yang ada pada tubuhnya.

Hubungan kedua terjadi secara alami dan uniknya kedua jenis hewan ini mengerti dan saling hidup rukun. Kerbau tidak merasa terganggu dengan burung jalak yang hinggap di punggungnya dan memakan kutu kutu. Burung jalak pun tidak merasa takut dan dengan santainya hinggap di punggung kerbau.

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah interaksi antar makhluk hidup yang saling menguntungkan dan memang penting untuk dilakukan dan akan sangat rugi ketika tidak terjadi. Hal inilah yang membedakan simbiosis mutualisme dengan simbiosis kooperasi (kooperatif).

Simbiosis kooperatif, sama dengan simbiosis mutualisme, yaitu kedua bela pihak diuntungkan, akan tetapi ada sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut adalah, interaksi tersebut boleh tidak terjadi, dan tidak ada kerugian berarti ketika interaksi tersebut tidak dilakukan.

Salah satu contoh simbiosis mutualisme selain contoh diatas adlaah simbiosis antara tumbuhan berbunga dengan lebah madu. Tumbuhan berbunga membutuhkan lebah untuk menyebarkan serbuk sari sehingga terjadi penyerbukan. Selanjutnya, lebah madu membutuhkan nektar yang dihasilkan oleh tumbuhan berbunga untuk membentuk madu dan menjadi sumber makanan mereka. Nektar ini dihasilkan oleh tumbuhan berbunga yang siap untuk melaksanakan penyerbukan.

Simbiosis mutuliasme ini merupakan lawan dari simbiosis parasitisme, dimana dalam simbiosis parasitisme, satu pihak dirugikan dan pihak lain untung.

Ada banyak lagi contoh contoh simbiosis mutualisme antar makhluk hidup yang terjadi di dalam ekosistem, khususnya ekosistem hutan hujan tropis yang berisikan banyak jenis jenis organisme yang berbeda.

Semoga dengan artikel ini, adik adik dapat memahami lebih banyak tentang jenis jenis simbiosis, khususnya simbiosis mutualisme yang terjadi pada hewan dan tumbuhan disekitar kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini