Pencipta Lagu Hari Merdeka dan Lirik Lagu Hari Merdeka

0
31

ADS BY GOOGLE

Kalian pernah dengar lagu “Hari Merdeka”? Pencipta lagu Hari Merdeka adalah Husein Mutahar. Mari mengetahui lebih jauh tentang lagu “Hari Merdeka” dan pencipta lagu serta lirik lagu Hari Merdeka.

Pencipta Lagu Hari Merdeka

Lagu Hari Merdeka sering dinyanyikan oleh siswa siswa ketika sudah dekat hari peringatan kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus. Lagu “Hari Merdeka” sendiri diciptakan oleh Bapak Husein Mutahar. Kalian udah kenah belum siapa itu Husein Mutahar?

Siapa Itu Husein Mutahar ?

Nama lengkap beliau adalah Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al-Muthahar, beliau lahir di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 5 Agustus 1916. Beliau adalah keturunan Arab-Indonesia dari klan al-Mutahar dari keluarga Ba’alawi sada. Ayah beliau bernama Sayyid Salim bin Ahmad bin Salim al-Mutahar. Itu artinya, pencipta lagu Hari Merdeka ini adalah seorang habib. Tau kan apa itu Habib. Artinya keturunan Nabi Muhammad.

Pendidikan Husein Mutahar

Keluarga beliau dapat dikatakan mampu pada waktu itu, oleh karena itu, ketika sekolah dasar, Bapak Husein Mutahar mampu bersekolah di Europeesche Lagere School selama 7 tahun. Selama sekolah dasar, Husein Mutahar juga belajar kepada Encik Nur untuk mempelajari Al-Quran.

Pencipta lagu Hari Merdeka - Muhammad Husein Mutahar
Pencipta lagu Hari Merdeka – Muhammad Husein Mutahar

Setelah lulus dari sekolah dasar, Husein Mutahar bersekolah selama 3 tahun di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs yang merupakan sekolah menengah (sekarang bisa disamakan dengan SMP). Selama berada di Sekolah Menengah ini, beliau diajarkan ilmu agama oleh Kyai Saleh di Semarang.

Setelah lulus, beliau lanjut ke sekolah Algemene Middlebare School yang setara dengan SMA yang berlokasi di Yokyakarta.

Setelah lulus SMA, bapak pencipta lagu Hari Merdeka ini kuliah di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1946 hingga 1947. Beliau berhenti kuliah karena memilih ikut dalam peperangan 5 hari Revolusi Nasional Indonesia (Battle of Five Days) melawan Belanda dan Inggris yang pecah ketika Indonesia telah merdeka. Jadi sudah dikatakan bahwa Bapak Husein Mutahar adalah seorang nasional patriot yang rela berkorban untuk kedaulatan Negara Indonesia yang tergambarkan hampir disetiap lagu ciptaannya.

Dikarenakan kecerdasannya, beliau juga sempat ikut dalam sekolah pelatihan diplomat dan konsulat di Belanda, Amerika Serikat (New york).

Keluarga dan Kehidupan Pribadi

Bapak Pencipta Lagu Hari Merdeka ini menurut sumber yang jelas, tidak pernah menikah selama hidupnya. Walaupun begitu, beliau mengadopsi 6 anak laki laki dan 2 anak perempuan.

Anak anak tersebut merupakan anak dari janda ataupun bapak yang akan menyerahkan anaknya sebelum meninggal dunia, dan adapula yang diserahkan karena orang tua mereka ingin agar keturunan mereka dikenal sebagai anak bapak Mutahar.

Pekerjaan Husein Mutahar

Pekerjaan bapak pencipta lagu Hari Merdeka dan Dirgahayu Indonesiaku ini dapat dikatakan beragam. Mulai dari seorang militer, seorang diplomat, seorang politisi, dan juga seorang musisi serta komposer.

Karir Militer

Sejarah karir militer bapak pencipta lagu Hari Merdeka ini dimulai ketika menjadi tentara pada saat perang 5 hari di Semarang (Five Day Battle). Ketika terjadinya pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Yokyakarta, admiral Mohammad Nazir, Panglima Angkatan Laut Indonesia menunjuk beliau menjadi sekertarisnya dan menaikkan pangkatnya menjadi Letnan.

Karir beliau menanjak setelah ini, setelah dikenal oleh Bung Karno, beliau ditunjuk menjadi ajudan Presiden Sukarno. dan pangkatnya diangkat menjadi Mayor Laut. Selanjutnya dalam dua tahun tersebut naik dari Ajudan III menjadi ajudan II.

Karir Politik

Karir politik Bapak Husein Mutahar dimulai jauh sebelum beliau kuliah ataupun ikut dalam militer. Bapak pencipta lagu Hari Merdeka ini pernah menjadi anggota partai politik mulai dari tahun 1938 hingga 1942. Dari masa itu, pegawai administrasi di Kantor Biro Konsultasi Kementerian Perindustrian Jawa Tengah Utara, Departemen Ekonomi.

Ketika Jepang menjajah Indonesia pada tahun 1943, Husein Mutahar menjadi sekretaris pimpinna divisi Ekonomi di Kantor Gubernur Jawa Tengah (Dalam pemerintahan Jepang waktu itu).

ADS By Google

Setelah kemerdekaan Indonesia, di rezim Sukarno pada tahun 1966, beliau ditunjuk menjadi Direktur Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia hingga tahun 1968.

Pada tahun 1969 – 1979, Husein Mutahar menjadi pejabat di Departemen Hubungan Internasional Republik Indonesia, dan kemudian ditunjuk menjadi Diplomat di Vatikan pada tahun 1969-1973. Jabatan terakhir beliau dalam karir politiknya adalah sebagai Sekretaris Jendral Departemen Hubungan Internasional pada tahun 1974.

Karir Musik Husein Mutahar

Bapak Husein Mutahar yang kita kenal sebagai pencipta lagu Hari Merdeka ini tentu saja adalah seorang komposer. Namanya disingkat H.Mutahar dalam setiap karya lagu ciptaannya.

Beliau sebagai komposer dan pembuat lagu, menurut Bulletin Paskibaraka terbitan 21 Juni 2007 telah membuat hampir 100 lagu semasa hidupnya.

Lagu pertama yang diciptakan oleh beliau berjudul “Syukur” yang dituliskan pada tanggal 7 September 1944 di Semarang, lagu tersebut pertama kali diperkenalkan ke khalayak ramai pada bulan Januari 1945.

Lagu kedua beliau, adalah lagu yang akan saya berikan liriknya pada artikel kali ini, yaitu “Hari Merdeka” yang dibuat pada tahun 1946. Beliau juga menulis lagu Dirgahayu Indonesiaku, Hymne Almamater UI, hymne Pramuka.

-Baca Juga-

Beliau juga menulis beberapa lagu lagu anak seperti Gembira, Tepuk Tangan Silang Silang, Mari Tepuk, Slamatlah, Jangan Putus Asa dan Saat Berpisah.

Penemu Paskibraka

Bapak pencipta lagu Hari merdeka ini memiliki karya yang mungkin sebagian besar orang Indonesia tidak tahu. Beliau adalah penemu, pembuat dan perancang Paskibraka yang kita kenal sekarang ini.

Kalian tahu paskibraka bukan? Itu loh barisan pengibar Bendera Merah Putih yang dibagi 3 kelompok yaitu 17,8 dan 45. Orang yang merancang dan membuat dan memperkenalkan Paskibraka dalam upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Untuk perayaan Hari Kemerdekaan adalah Bapak Husein Mutahar.

Sejarah dibalik paskibraka ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1946. Ketika itu beliau bersama 5 orang lainnya menjadi pengibar bendera Merah Putih di ulang tahun Indonesia yang pertama di Yokyakarta. Jadi beliau bersama 5 orang lainnya membentangkan Bendera Merah Putih dan kemudian menariknya ke atas hingga berkibar (seperti yang kita lihat sekarang ini).

Pada masa Presiden Suharto, Formasi Paskibraka disempurnakan dengan format 17, 8 dan 45 (70 orang semua). Digunakan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1967.

paskibraka Indonesia
Advertisement by google
Paskibraka Indonesia dibuat dan didirikan pertama kali oleh Husein Mutahar (Pencipta Lagu Hari Merdeka).

Lagu Hari Merdeka

Dibawah ini saya berikan lirik lagu hari merdeka beserta not angka dan juga video serta file mp3 sehingga kalian bisa dengan mudah menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan Husein Mutahar ini.

Lirik lagu Hari Merdeka

lirik lagu hari merdeka ciptaan Husein Mutahar
lirik lagu hari merdeka ciptaan Husein Mutahar

Hari Merdeka karangan H. Mutahar

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Not Angka dan Balok Lagu Hari Merdeka

Silahkan didownload ataupun disave file gambar not angka lagu Hari Merdeka karangan Hs. Mutahar atau Husein Mutahar.

Not angka dan balok lagu Hari merdeka ciptaan Husein Mutahar
Not angka dan balok lagu Hari merdeka ciptaan Husein Mutahar

Video Lagu Hari Merdeka

Buat kalian yang suka latihan ataupun mendengarkan lagu Hari Merdeka, kalian bisa nonton video youtube dibawah ini. Silahkan disimak.

Video lagu Hari Merdeka karangan Hs. Mutahar tahun 1946.

buat yang ingin menghemat paket data, silahkan dengarkan lagu Hari Merdeka menggunakan file wav atau mp3 dibawah ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yah.

Rekaman Lagu Hari Merdeka karangan Hs. Mutahar.

Sekian dulu artikel tentang pencipta lagu “Hari Merdeka” dan lirik lagu serta not angka dan baloknya. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Tetap semangat belajar karena LEARN IS EASY. Belajar itu mudah kok.

Siapa pencipta lagu Hari Merdeka

Hs. Mutahar. Nama lengkap Muhammad Husein Mutahar.

Kapan Lagu Hari Merdeka dibuat

Tahun 1946

Apa lagu pertama ciptaan Hs. Mutahar

Lagu berjudul “Syukur”

Siapa penulis lagu hymne Pramuka

Hs. Mutahar

Tuliskan lirik lagu Hari Merdeka


Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita