Macam-Macam Fungsi Pers di Indonesia

0
119

Belajar Fungsi Pers

Kali ini kita akan belajar tentang macam macam fungsi Pers | Siapa yang tidak tahu tentang pers? Pers sekarang ini telah menjadi sumber informasi terpercaya oleh masyarakat sehingga bagi sebagian kelas dalam masyarakat merupakan kebutuhan pokok.

Dalam negara yang demokrasi ini, pers merupakan salah satu bentuk kemerdekaan individu dalam menerima informasi terkait sekitarnya serta pengawasan terhadap pemerintah begitulah juga dengan pemerintah dalam mengawasi masyarakatnya.

Walaupun begitu, pers tidaklah sebebas yang kita kira, oleh karena itu sebagian kecil dari masyarakat masih mengusahakan kemerdekaan pers yang sangat kita butuhkan guna mencapai kebebasan kita dalam mengeluarkan pikiran dan pendapat yang sesuai dengan hati nurani kita dan tentunya bertanggung jawab.

Bukan hanya itu, dengan ikut memerdekakan pers kita juga mengusahakan terwujudnya secara faktual dan nyata akan pasal 28 UUD 1945 tentang kemerdekaan dan kebenaran serta usaha dalam mengembangkan kecerdasan dan juga wawasan.

Setelah mencari di beberapa sumber, terdapat beberapa ahli yang memberikan tanggapan tentang fungsi pers. Berikut beberapa macam fungsi pers:

Fungsi Pers Secara Umum

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999. Dijelaskan bahwa terdapat 5 fungsi pers yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai Media Informasi, adalah pers memberi dan menyediakan informasi mengenai peristiwa yang terjadi kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.
  • Fungsi Pendidikan, adalah pers sebagai sarana pendidikan massa (mass education), pers memuat mengenai tulisan-tulisan yang mengandung unsur-unsur pengetahuan sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan
  •  Fungsi Menghibur, adalah pers dapat juga bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot, berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.
  • Fungsi Kontak Sosial, adalah terkandung makna demokratis dimana dalamnya terdapat unsur-unsur seperti social participation adalah keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan, social responsibility, yaitu pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyatnya, social support adalah dukungan rakyat terhadap pemerintah, social control adalah kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah. 
  • Sebagai Lembaga Ekonomi, adalah pers sebagai suatu perusahaan dapat dimanfaatkan keadaan sekitarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil produksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.

Selain itu secara umum, fungsi pers yaitu:

  • Menghubungkan atau Menjembatangi (to bridge or connecting) adalah sebagai penghubung atau jembatan antara masyarakat dan pemerintah atau sebaliknya. Komunikasi tidak dapat disalurkan melalui jalur atau kelembagaan yang ada, dapat disalurkan melalui pers.
  • Sebagai Wahana Komunikasi. yaitu pers berfungsi sebagai sarana komunikasi antarawarga negara, warga negara dengan pemerintahan, antarsesama lembaga pemerintah, dan antarberbagai pihak.
  • Sebagai Pembentuk Opini. adalah berfungsi sebagai informasi atau berita yang disajikan oleh pers yang dapat membentuk opini publik. Dengan demikian pers harus menyampaikan segala sesuatu dengan benar, sehingga tidak akan menimbulkan kebohongan publik.
  • Memotivasi atau Menggerakkan. adalah Pemberitaan atau sajian tertentu dalam media massa akan dapat memotivasi dan menggerakkan seseorang atau pihak tertentu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu kegiatan/perbuatan.

Fungsi Pers Menurut Widjaja

-Baca Juga-

Prof. Drs. H.A.W. Widjaja  dalam bukunya “Komunikasi dan Hubungan Masyarakat” menjelaskan bahwa pers dalam kehidupan demokratis memiliki fungsi yang penting dan bervariasi. Berikut beberapa fungsi pers menurut Widjaja.

  1. Fungsi Informasi (informative), yaitu pers berfungsi sebagai pemberi keterangan dan penerangan-penerangan tentang apa yang terjadi  sehari-hari yang meliputi, lingkungan kota, kabupaten, maupun internasional.
  2. Fungsi Mendidik (educative), yaitu pers berfungsi seperti surat kabar di negara-negara yang berkembang dimana berfungsi sebagai alat pendidikan yang paling murah.
  3. Fungsi Menghubungkan (connective) , yaitu pers berfungsi dalam menyelenggarakan hubungan sosial antara tokoh-tokoh negara atau masyarakat dengan pembaca yang dilakukan secara tidak langsung, seperti melalui iklan.
  4. Fungsi Mengumpulkan dan membentuk, yaitu pers berfungsi dalam mengumpulkan berbagai pendapat dimana akhirnya membentuk suatu pendapat umum.
  5. Fungsi Menjaga Ketertiban (maintain order and stability), yaitu pers berfungsi menjaga ketertiban umum serta berorientasi terhadap kepentingan umum, yaitu tidak menerbitkan berita-berita yang dapat merugikan bagi kepentingan umum
  6. Fungsi Menghibur (entertaining), yaitu pers dapat juga bersifat menghibur atau entertaiment (popular new paper), seperti  menyajikan teka-teki silang, nyanyian atau berita nyata yang sungguh-sungguh terjadi.

Fungsi Pers Menurut Mochtar Lubis

Menurut Mochtar Lubis, pers yang ada di negara-negara berkembang mempunyai lima fungsi pers. Fungsi Pers Menurut Mochtar Lubis adalah sebagai berikut…

  • Fungsi pemersatu
  • Fungsi mendidik,
  • Fungsi public wact dog atau kepentingan umum,
  • Fungsi penghapus mitos dan mistik
  • Fungsi sebagai forum berbicara masalah politik

Adapun menurut Kusman Hidayat yang dimuat dalam bukunya yang berjudul “Dasar-Dasar Jurnalistik/Pers” dimana dalam buku tersebut terdapat empat fungsi mengenai pers yaitu fungsi mendidik, fungsi penghubung, fungsi pembentuk pendapat umum, dan alat kontrol.

Pers didalam masyarakat yang lebih dikenal sebagai lembaga sosial (social institution), yaitu bahwa sebagai lembaga sosial pers dapat memengaruhi pola pikir dan kehidupan masyarakat dengan fungsinya yaitu sebagai komunikator massa. Pers dalam melaksanakan fungsinya, selalu berusaha dalam memberikan yang terbaik dan menyampaikan informasi dengan sesuatu yang baru.

macam macam fungsi pers
Macam macam fungsi pers

Oleh karena itu, kita sebagai konsumen pers harus mampu lebih teliti dan selektif dalam memilih informasi yang tepat.

Itulah dia tentang fungsi fungsi Pers, tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here