12 Negara Tertua di Dunia Yang Bikin Shock, Mesir dan Cina Bukan Tertua

0
300

ADS BY GOOGLE

Negara tertua di dunia | Oke, para pembaca learniseasy.com, kali ini kita akan menjawab pertanyaan seputar negara tertua di dunia dan urutannya.

Sebelum itu, saya satukan dulu pemahaman saya dengan kalian tentang “negara” dan “tertua”. Pertama, saya hanya menjelaskan negara sebagai negara atau nation atau sebuah bentuk kekuasaan teritorial (wilayah) yang memiliki konstitusi di dalamnya.

Kenapa saya keluarkan kerajaan kerajaan dari pembahasan negara tertua ini karena kerajaan di masa lampau tidak mempunyai batas batas teritorial yang jelas, tidak mempunyai konstitusi yang mengatur tentang daerah atau wilayahnya, serta kerajaan tersebut hancur sebelum menjadi negara.

Bila anda mencari kerajaan tertua atau dinasti tertua di dunia menurut sejarah adalah Dinasti uruk (Irak) dan Dinasti atau kerajaan Mesir. Akan tetapi, kedua entitas tersebut bukanlah negara, serta hancur dan runtuh sebelum menjadi negara yang ada sekarang.

Selain itu, artikel ini mengacu pada ulang tahun Negara negara berdasarkan awal mulanya. Sehingga bila dikatakan negara tertua, artinya negara tersebut haruslah berumur sesuai dengan ulang tahunnya.

Selain ulang tahun, dasar penamaan negara tersebut menjadi dasar urutan negara tertua ini. Ambil contoh Mesir atau Egypt. Kerajaan Mesir Kuno sudah ada sejak 5000 tahun silam, akan tetapi, pada saat itu tidak disebut sebagai Egypt tapi Kemet (Kermit) yang artinya tanah hitam yang subur. Kata Egypt sendiri baru baru muncul ketika Islam masuk ke dalam Mesir.

Serta kita juga harus membedakan antara kata “tertua” dan “pertama”. Bila anda mencari negara pertama maka harusnya anda buka artikel dibawah ini. (artikel masih dibuat, harap bersabar).

Daftar Negara Tertua Di Dunia

Saya rasa sudah jelas yah, kenapa beberapa kerajaan seperti Mesir kuno dan kerajaan lainnya tidak saya masukkan dalam daftar negara tertua di dunia ini. Mari masuk ke daftarnya

1. Negara Jepang

Negara tertua pertama adalah Jepang. Sebelumnya Jepang terpecah belah menjadi beberapa kerajaan wilayahnya. Barulah ketika Kaisar Jimmu, mendirikan Kekaisaran Jepang pada tahun 660 SM (sebelum masehi).

kaisar pertama Jepang Jimmu Tenno
Kaisar pertama Jepang Jimmu Tenno

Ulang tahun negara Jepang dirayakan berdasarkan tahun 660 SM tersebut. Akan tetapi barulah ketika Restorasi Meiji terjadi pada tahun 1868, Jepang menjadi negara modern seperti saat ini.

Bendera Jepang Negara tertua di dunia
Advertisement by google
Bendera Jepang Negara tertua di dunia

Jepang memiliki kaisar sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Sekarang ini, Kaisar Jepang adalah Naruhito dan Shinzo Abe sebagai perdana Menteri.

negara tertua di dunia jepang
negara tertua di dunia jepang

2. Negara San Marino

Kalian pernah dengan negara yang bernama San Marino ini? Selain dikatakan sebagai negara tertua kedua, San Marino juga merupakan negara kelima terkecil di dunia.

negara san marino
Pemandangan negara san Marino

Negara San Marino didirikan pada tahun 301 SM (Sebelum masehi) pada tanggal 3 september. Konstitusi San Mario sendiri adalah konstitusi tertua yang ditulis pada tahun 1600.

Negara San Marino terletak di benua Eropa disekitar negara Italia. Sejak awal berdirinya, San Marino tidak pernah dipimpin oleh Raja, melainkan oleh Arengo. Arengo adalah perwakilan dari tiap kepala keluarga yang ada di San Marino.

Barulah ketika tahun 1243, untuk pertama kalinya negara San Marino memiliki kepala negara yaitu Kapten Regent.

ADS By Google

bendera san marino
bendera san marino

Pada tahun 1992, Negara San Marino bergabung dengan PBB.

Hingga sekarang masih banyak orang yang berselisih pendapat antara Jepang atau San Marino yang merupakan negara tertua di dunia

-Baca Juga-

3. Negara Cina

Negara tertua ketiga adalah Cina. Kita ketahui bersama bahwa sejarah dinasti atau kerajaan di Cina sudah ada sejak 3500 tahun silam. Akan tetapi, Cina merayakan pada ulang tahun negaranya berdasarkan tahun 221 SM (sebelum masehi) sebagai awal terbentuknya Cina sebagai negara.

kaisar pertama Cina, negara tertua ketiga di dunia
kaisar pertama Cina, negara tertua ketiga di dunia

Tahun 221 SM tersebut dikatakan sebagai awal terbentuknya negara Cina karena pada tahun tersebut, Kaisar pertama Cina, diklaim pertama kali dan disatukan oleh kaisar Qin Shi Shuang.

Cina yang sekarang kita kenal sebagai Republik Cina sendiri baru hadir ketika Dinasti Qing berakhir pada tahun 1912.

Setelah itu, Mao Tse Tung, aktivis komunis Cina, mengubah negara Republik Cina menjadi Negara Republik Rakyat Cina (RRC) pada tahun 1949.

Jadi kalau kita katakan negara Cina sudah ada sejak 3500 tahun silam, saya kira itu salah, Cina sebagai negara ada ketika Kaisar Qin Shi Shuang menyatukan daratan Cina dan mengklaimnya. Sedangkan RRC yang merupakan negara Cina yang kita kenal sekarang baru tercipta ketika tahun 1949.

bendera Cina
bendera Cina (RRC)

Jadi sebenarnya, Indonesia sebagai Negara lebih dulu hadir daripada RRC.

4. Negara Prancis

Negara tertua keempat adalah Prancis yang didirikan dari kerajaan Prancis pada tahun 843 sebelum Masehi. Kerajan Prancis berubah menjadi Negara Republik Prancis pada tanggal 22 September 1792.

Walaupun sebelumnya diawal artikel saya katakan bahwa ulang tahun tersebut dirayakan berdasarkan perayaan ulang tahunnya, Prancis sendiri merayakan hari perayaan Nasionalnya pada tanggal 14 Juli 1789.

Tahun tersebut adalah tahun terjadinya penyerbuan benteng Penjara Bastille yang sebagai simbol perlawanan terhadap monarki dan bangkitnya republik pertama.

Parade ulang tahun Prancis ini merupakan parade terbesar dan teramai yang diadakan di Eropa pada tanggal 14 Juli, di jalan Champs-Elysees, di kota Paris.

5. Negara Austria

Negara Austria awal terbentuknya sudah ada sejak tahun 976 SM. Sebelumnya adalah merupakan wilayah militer Kekaisaran Romawi Suci.

negara tertua kelima Austria
negara tertua kelima Austria

Kekaisaran Romawi Suci sendiri bukanlah kekaisaran mutlak seperti Prancis karena Kaisarnya tidak berkuasa atas wilayah wilayah yang bergabung di dalamnya. Jadi lebih kearah konfederasi yang didasarkan atas keagamaan.

bendera Austria
bendera Austria

Hari ulang tahun nasional Austria sendiri berbeda dengan hari pembentukannya, yaitu pada tanggal 26 Oktober 1955.

Negara tertua lainnya yaitu:

  1. Hungaria tahun 1001,
  2. Portugal tahun 1143,
  3. Mongolia tahun 1206,
  4. Thailand tahun 1238,
  5. Andorra tahun 1278, dan
  6. Switzerland (Swiss) pada tahun 1291 dan
  7. Irak pada tahun 1501.

Kesimpulan

Sebelum saya akhir pembahasan negara tertua ini, saya harus katakan bahwa memang sulit menentukan mana negara tertua di dunia.

Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satunya karena adanya perbedaan definisi tentang kerajaan dan serta nama kerajaan dan nama negara yang terbentuk dikemudian hari.

Walaupun begitu, ketiga negara pertama yang saya sebutkan diawal sepertinya memang negara tertua di dunia dengan urutan tertua tentu saja jatuh pada Negara Jepang.

Untuk Negara dan Kebudayaan tertua di dunia, tentu saja jatuh pada Sumeria,Mesir Kuno,Cina Kuno,Lembah Sungai Hindu. Sedangkan kerajaan tertua yang ada jatuh pada Mesir Kuno pada tahun 3150 SM.

Secara mitologi, Raja tertua jatuh pada Raja Alulim yang merupakan Raja Sumeria yang berkuasa selama 28 ribu tahun lamanya.

Urutan negara tertua di dunia dari yang paling tua adalah

(1) Jepang (2) San Marino (3) Cina (4) Prancis (5) Austria.
Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here