ADS BY GOOGLE

Pengertian Nekton Adalah

0
21
pengertian nekton dan ciri ciri nekton
pengertian nekton dan ciri ciri nekton

Nekton Adalah

Nekton adalah organisme perairan yang mampu berenang. Berasal dari kata Yunani yang artinya to swim atau berenang. Ketika sesuatu dikatakan berenang, artinya sesuatu tersebut mampu bergerak dan berpindah dalam tubuh air secara aktif, bukan secara pasif.

Nekton dikatakan bergerak secara aktif, juga berarti bahwa mereka adalah organisme perairan yang mampu melawan arus air, berbeda dengan kelompok organisme plankton yang hanya bergerak secara pasif.

Istilah nekton pertama kali di ungkapkan dalam dunia Ilmiah oleh Ernst Haeckel untuk memisahkan antara organisme perairan yang bergerak aktif dengan organisme yang bergerak pasif.

Walaupun begitu, kita tidak bisa mengatakan bahwa suatu organisme menjadi nekton atau menjadi plankton terhadap seluruh masa hidupnya. Ada organisme, yang pada satu fase hidupnya menjadi plankton dan kemudian menjadi nekton. Ada pula organisme yang seluru fase hidupnya menjadi plankton, atau tidak mampu bergerak aktif.

Hal ini jugalah yang membuat para peneliti sering menghindari penggunaan istilah nekton dan plankton ketika mengklasifikasikan suatu organisme. Istilah ini hanya bisa digunakan dalam pembahasan ekologi, bukan taksonomi.

Ciri Ciri

Ciri ciri nekton adalah mempunyai kemampuan dan alat untuk bergerak secara aktif dalam tubuh air. Berikut adalah ciri ciri spesifik nekton.

  1. Mampu berenang
  2. Mampu bergerak dalam tubuh air
  3. Mempunyai alat gerak aktif yang dapat mendorong tubuhnya di dalam tubuh air
  4. Ikan memiliki sirip, cumi cumi dan gurita mempunyai tentakel.
  5. Memiliki sistem saraf dan alat gerak yang terkoordinasi
  6. Mempunyai alat sensor untuk mengetahui pergerakan dirinya dan mangsanya / ancaman.
pengertian nekton dan ciri ciri nekton
pengertian nekton dan ciri ciri nekton

Contoh Nekton

Berikut beberapa contoh nekton:

  1. Ikan
  2. Moluska seperti gurita dan cumi cumi
  3. Paus
  4. Lobster

Ada banyak spesies dilautan yang ketika masa larva atau masih kecil, berperilaku plankton, hal ini tentu sebagai akibat belum adanya alat pergerakan aktik, contoh Ubur ubur, ketika masih fase larva, merupakan plankton dan ketika telah menjadi medusa (dewasa) merupakan nekton.

Perbedaan Nekton dan Bentos

Nekton tentu sangat berbeda dengan bentos. Walaupun ada satu tahap atau satu waktu dimana organisme nekton menjadi bentos. Nekton adalah organisme yang aktif berenang, sedangkan bentos adalah organisme yang berada di dasar perairan/substrat.

Ada jenis ikan yang ketika berburu, bersembunyi di bawah pasir laut, dan ketika mangsa lewat, akan keluar dan memakan mangsanya.

Ikan yang menjadi organisme bentos atau menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar perairan adalah ikan Dragonet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here