Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

0
545

ADS BY GOOGLE

Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Pagi Sobat Rajin belajar, kali nih kita akan belajar tentang nilai nilai Pancasila. Salah satu fungsi dan peran nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat adalah sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Pancasila

Pancasila seperti kita ketahui tersusun atas 5 sila yang menjadi dasar negara, dasar ideologi dan juga sebagai pandangan hidup bangsa kita.

Kelima sila tersebut adalah

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Ciri Atau Karakteristik Nilai Pancasila

Dalam setiap sila dalam Pancasila terdapat ciri atau karakteristik yang selanjutnya akan tertuang dalam nilai nilai pancasila.

Ciri atau karakteristik yang terkandung dalam nilai nilai Pancasila tersebut adalah sebagai berikut:

Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa

lambang sila pertama pancasila
lambang sila pertama pancasila

Dalam sila pertama Pancasila, terkandung pengakuan atas kehadiran dan keberadaan Tuhan sebagai pencipta Alam Semesta beserta seluruh isi nya.

Atas dasar itulah, semua manusia yang beriman haruslah mengakui adanya Tuhan yang terwujud dalam ketaatan kepada Tuhan yang Maha Esa yaitu dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menghindari seluruh larangan-Nya.

Sila Kedua: Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
Advertisement by google
lambang sila kedua pancasila

Sila kedua Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab ini mempunyai kandungan rumusan sifat keseluruhan budi manusia Indonesia yang mengakui eksistensi manusia yang sederajat dan sama (equal).

Dalam sila kedua ini juga meyakini bahwa budi manusia Indonesia memiliki hak dan kewajiban (rights and obligation) yang sama sebagai warga negara (citizen) yang dijamin oleh negara.

Sila Ketiga Persatuan Indonesia

lambang sila ketiga pancasila
lambang sila ketiga pancasila

Sila ketiga Pancasila mengandung ciri atau karakteristik yaitu merupakan perwujudan dari paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, individualis, golongan, suku bangsa.

Selain itu, sila ketiga Pancasila Persatuan Indonesia ini juga menekankan bahwa paham kebangsaan Indonesia mendahulukan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga apapun sebabnya tidak akan pecah-belah dan berpisah.

Ciri dan karakteristik sila ketiga ini jugalah yang harusnya dikedepankan dalam kerusuhan Papua di Manokwari yang ditimbulkan oleh aksi rasisme di Surabaya dan kota lainnya. Kita harus bersatu sesama bangsa Indonesia dan warga negara Indonesia.

Sila Keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

lambang sila keempat pancasila
lambang sila keempat pancasila

Ciri dan karakteristik dalam sila keempat pancasila adlah sebagai sendi utama demokrasi (main pilar of democracy) di Indonesia yang berdasarkan atas musyawarah dan asas kekeluargaan.

Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

lambang sila kelima pancasila
lambang sila kelima pancasila

Ciri dan karakteristik sila kelima Pancasila yaitu sebagai salah satu tujuan negara yang berkeingina mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

ADS By Google

Itulah diatas 5 ciri atau karakteristik Pancasila.

Pancasila Sebagai Satu Kesatuan

Seluruh sila Pancasila diatas, janganlah dijalankan dan dilaksanakan terpisah pisah, kelima sila diatas dan nilai yang terkandung didalamnya haruslah dianggap sebagai satu kesatuan dan dijalan dan dipahami secara utuh dan saling berkaitan.

-Baca Juga-

Sila sila dalam Pancasila haruslah dianggap sebagai satu kesatuan yang bulat, yang bila dihilangkan satu sila atau hanya dijalankan 4 sila saja, maka tidak akan dapat disebut sebagai Pancasila lagi. Itu akan melanggar Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Penerapan dan menjalankan serta Implementasi Pancasila secara menyeluruh, utuh dan bulat ini tidak bisa ditawar tawar dan juga diperas peras. Mutlak harus dijalankan seluruhnya. Terutama bagi penyelenggara Negara dan pemerintahan.

Apabila ada aturan perundang undangan yang melanggar nilai nilai Pancasila serta ciri dan karakteristiknya maka undang undang tersebut tidaklah sah dan harus segera diganti ataupun dihapuskan. Disinilah tugas Mahkamah Konstitusi dalam menegakkan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Kita semua sudah tahu bahwa Pancasila sejak disahkan menjadi dasar negara kita semenjak 17 Agustus 1945, telah bertahan dan mampu ada hingga sekarang. Walaupun telah banyak konflik dan pergolakan untuk mengganti ideologi Pancasila ini mereka tidak berhasi.

Ambil contoh, PKI yang ingin mengganti ideologi Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia menjadi komunis. Hal ini tidak berhasil dan gagal total.

Sejarah membuktikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dinamika Bangsa Indonesia. Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa Pancasila sudah merupakan kesepakatan final untuk seluruh bangsa Indonesia sekarang dan nanti.

Pancasila mampu menyatukan perbedaan perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia yang sangat majemuk dan mampu diterima disetiap lapisan masyarakat.

Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara

Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

Sebagai penikmat kemerdekaan, kita semua, seluruh warga Indonesia sudah seharusnya menjaga dan melestarikan Pancasila. Sudah seharusnyalah kita semua menjaga dan menghargai nilai nilai Pancasila dan menggunakannya dalam setiap aspek kehidupan kita.

Salah satu sikap menghargai nilai nilai Pancasila adalah mempertahankan Pancasila dan mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila dalam setiap aspek kehidupan sehari hari.

Serta mempertahankan Pancasila artinya kita tidak berniat dan melakukan perubahan terhadap Pancasila. Kita juga tidak berniat untuk menghapus Pancasila, dan mengganti Pancasila dengan dasar negara lain.

Ketika ada oknum atau kelompok yang berniat dan ingin mengubah Pancasila artinya mengancam kesatuan Negara Indonesia dan mengancam keamanan negara. Dikategorikan sebagai perbuatan makar.

Oleh karena itu,dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia hal yang pertama dilakukan adalah mempertahankan Pancasila. Apabila Pancasila yang merupakan dasar negara diganti artinya mengancam keberadaan Negara Indonesia.

Kalian pasti paham bukan, bahwa dasar negara adalah pondasi penyusun negara tersebut, yang menopang bangunan negara tersebut. Apabila Pancasila yang sebagai dasar negara diganti, sama saja dengan menghancurkan bangunan negara Indonesia.

Sudah merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia dan rakyat Indonesia serta pemerintah untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila dan nilai nilai Pancasila.

Salah satu upaya mempertahankan dan menjaga Pancasila adalah dengan mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam keseharian kita, kalian dapat membaca nilai nilai Pancasila yang berjumlah 45 butir pada link dibawah ini.

Jelaskan Nilai Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Silahkan dibaca penjelasan lengkapnya pada artikel diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here