Pencipta Lagu Bagimu Negeri dan Lirik Lagu Bagimu Negeri [Lengkap]

0
74

ADS BY GOOGLE

Pencipta lagu Bagimu Negeri adalah Kusbini. Siapa itu Kusbini? Mari mengenal lebih jauh Bapak Kusbini yang dikenal sebagai tokoh musik keroncong dan komposer yang legendaris yang sejajar dengan gesang, Annie Landouw dan Roekiah.

Tempat Tanggal Lahir Kusbini

Kusbini adalah seorang musisi dan seniman serta komposer yang asal Mojokerto, lahir pada tanggal 1 Januari 1910 di Desa Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur.

Nama Kusbini pada waktu itu ditulis dengan ejaan dulu yaitu Koesbini.

Berdasarkan tanggal kelahiran, tempat lahir beliau adalah Kemlagi, Mojokerto, Hindia Belanda. Tetapi karena Indonesia sudah merdeka, dan Mojokerto berada di Jawa Timur maka ditulislah Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur.

Karir Kusbini dan Lagu Ciptaan

Kusbini sebagai pencipta lagu Bagimu Negeri mulai berkarir sebagai musisi dan seniman di organisasi Jong Stryken Tokkel Orkest (Jitso), merupakan perkumpulan musik kerocong di Surabaya.

Kusbini setelah mempelajari musik di sana kemudian pindah Pendidikan Musik Apollo di Malang. Disinilah Kusbini (Pencipta lagu bagimu negeri) dijuluki “Buaya Keroncong” oleh kenalannya. Selanjutnya kusbini tampil sebagai penyanyi keroncong dan juga pemain biola di Siaran Nirom dan Cirvo di Surabaya.

Musisi beranak 11 ini, tidak hanya menciptakan lagu Bagimu negeri, Kusbini juga mengarang beberapa lagu yang mengandung semangat kemerdekaan dan semangat perjuangan seperti Cinta Tanah Air, Salam Merdeka, Pembangunan.

Selain menciptakan lagu perjuangan, Kusbini juga membuat beberapa lagu keroncong yaitu Keroncong Bintang Senja Kala, Keroncong Sarinande, Keroncong Purbakala, Kerocnong Moresko, keroncong Dwi Tunggal, Keroncong Pamulatsih, dan juga keroncong Ngumandang Kenang.

Salah satu ciptaan lagu keroncong Kusbini yang juga mengandung semangat perjuangan kemerdekaan adalah Kewajiban Manusia. lagu keroncong Kewajiban Manusia ini mengajak bangsa Indonesia untuk gigih teguh bersatu untuk merenggut kemerdekaan.

Diri Kusbini sebagai pemain musik dan penyanyi mulai dikenal banyak orang ketika ikut dalam perusahaan rekaman piringan hitam (black record) Hoo Soen Hoo pada tahun 1935 – 1939. Pada masa inilah, Kusbini mulai diakui sebagai pemain musik dan penyanyi keroncong dan juga pencipta lagu.

Kusbini (pencipta lagu bagimu negeri) pun pernah bermain film yaitu Film Jantung Hati dan film Air mata Ibu. Dalam kedua film tersebut, lagu lagu kusbini digunakan sebagai pengisi musik dan khusus Kusbini ciptakan untuk mengisi kedua film tersebut.
Ketika Jepang berkuasa di Indonesia, Kusbini ditugaskan pada Radio Militer Hooso Kanri Kyoku dan Pusat kebudayaan Jepang di Bidang Musik.

Kusbini sewaktu di Radio
Kusbini sewaktu di Radio

Di masa itulah Kusbini berkolaborasi dan bekerja sama dengan beberapa musisi dan pencipta lagu Indonesia seperti Ismail Marzuki, Cornel Simanjuntak, Sanusi Pane, dan banyak seniman lainnya.

Kemudian Kusbini dipindahkan ke PUTERA di Cikini Batavia. Lagu Bagimu Negeri diciptakan pada tahun 1942 dan pertama kali dinyanyikan kepada Sukarno. Pada waktu itu Lagu Bagimu negeri ciptaan Kusbini masih menggunakan kalimat “Indonesia Raya” pada bait terakhir lagu, akan tetapi diganti dikemudian hari karena Jepang melarang.

Kesalahan Judul Lagu

Anak Kusbini, mengaku bahwa lagu ciptaan bapaknya, yaitu Bagimu Negeri seharusnya di tulis dengan kalimat “Bagimu Neg’Ri” serta pada lirik bagian terakhir harusnya disebut “Bagimu Negri Indonesia Raya” akan tetapi saat itu nama Indonesia dilarang disebut sehingga diganti dengan “Jiwa Raga Kami”.

ADS By Google

Lagu Bagimu negeri sendiri pertama kali dinyanyikan ke publik yaitu melalui siaran Radio Jepang dan dinyanyikan oleh Ibu Sud (Saridjah Niung).

Ibu Sud, Penyanyi lagu Bagimu Negeri
Advertisement by google
Ibu Sud, Penyanyi lagu Bagimu Negeri

Salah satu pencapaian Kusbini selain pencipta lagu Bagimu Negeri yang banyak orang tidak ketahui adalah jasanya dalam penyempurnaan teks lagu kebangsaan Indonesia Raya. Atas jasa ini, Kusbini mendapatkan gelar penghormatan dari pemerintah yaitu Anugerah Seni Pemerintah Republik Indonesia.

Kusbini juga membuat musik untuk lagu ciptaan Armijn Pane yaitu Lukisan Zaman.

Meninggalnya Pencipta Lagu Bagimu Negeri

Kusbini telah meninggalkan kita pada tanggal 28 Februari 1991 di rumahnya di Pengok, Yokyakarta,meninggalkan 11 anak. Pemakaman beliau diiringi musik Lagu Perdamaian yang beliau ciptakan.

pencipta lagu bagimu negeri kusbini infografik poster
pencipta lagu bagimu negeri kusbini infografik poster

Lirik Lagu Bagimu Negeri Sebelum Perbaikan

Seperti dijelaskan sebelumnya, lagu bagimu negeri atau tepatnya lagu “Bagimu Neg’Ri” mengalami perubahan lirik pada bait terakhir. Lirik lagu Bagimu negeri sebelum terjadinya perbaikan dapat anda lihat dibawah ini.

Padamu negeri kamu berjanji

Padamu negri kami berbakti

Padamu negeri kamu mengadi

bagimu negri Indonesia Raya

Lirik Lagu Bagimu Negeri

Setelah mengalami perbaikan dikarenakan adanya larangan Jepang untuk menyebutkan nama “Indonesia”, maka Kusbini mengubah lirik lagu bagimu negeri pada bait terakhir dari “Bagimu negri Indonesia Raya” menjadi “Bagimu negri Jiwa Raga kami”.

Padamu negeri kamu berjanji

Padamu negri kami berbakti

Padamu negeri kamu mengadi

bagimu negri jiwa raga kami

Birama Lagu Bagimu Negeri

Dibawah ini adalah birama lagu Bagimi Negeri. Silahkan di simpan atau didownload di gadget anda.

lirik lagu bagimu negeri dan birama lagu bagimu negeri
lirik lagu bagimu negeri dan birama lagu bagimu negeri

Kalian dapat lihat video dibawah ini tentang cara menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Silahkan disimak

Lagu Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini

Fakta !

-Baca Juga-

Kusbini pernah di gugat oleh J. Semadi atas hak cipta “Bagimu Negeri”. Tepatnya pada tahun 1978, Pencipta Lagu Bagimu Negeri, Kusbini, digugat oleh J. Semadi, dan pada akhirnya dimenangkan oleh Kusbini.

Pertanyaan Seputar Lagu Bagimu Negeri

Siapa pencipta lagu Bagimu negeri

Kusbini

Kapan Kusbini menciptakan Lagu Bagimu Negeri

Tahun 1942

Siapa yang menggugat Kusbini atas hak cipta lagu Bagimu Negeri

J. Semadi

Siapa penyanyi pertama di muka publik Lagu “Bagimu Negeri”

Ibu Sud.

Apa Lirik lagu Bagimu Negeri

Padamu negeri kamu berjanji
Padamu negri kami berbakti
Padamu negeri kamu mengadi
bagimu negri Indonesia Raya

Sekian artikel tentang pencipta lagu Bagimu Negeri, bagi kalian yang mencari pencipta lagu lainnya, silahkan tulis di kolom search diatas, Insya Allah ketemu. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learniseasy.com.