Pengertian Anemometer dan Jenis Jenis Anemometer

0
120

Anemometer

Pengertian Anemometer | Apa itu Anemometer? Pengertian Anemometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur/menentukan kecepatan angin. Kita ketahui sekarang ini ada 5 jenis anemometer yaitu anemometer mangkok, anemometer baling kincir angin, anemometer laser doppler, anemometer hot wire, dan terakhir anemometer sonic.

1Apa itu Anemometer Mangkok

Pengertian anemometer mangkok adalah alat pengukur kecepatan angin yang berbentuk mangkok pada kipasnya. Jadi prinsip kerja anemometer mangkok adalah pada baling yang akan memutar tersebut, berbentuk mangkok, yang biasanya berjumlah tiga bilah.

Anemometer mangkok umumnya digunakan di stasiun meteorologi. untuk mengamati keadaan cuaca. Kecepatan berputar propeller atau baling baling anemometer mangkok itu akan menjadi dasar pengukuran kecepatan angin.

Sekarang ini sudah ada beberapa jenis anemometer mangkok yang tersebar dipasaran, ada juga yang anemometer mangkok digital ada juga yang masih manual. Angin yang menggerakkan mangkok membuat anemometer berputar.  Jenis anemometer yang lebih modern yaitu anemometer digital dan anemometer high range and low range.

2Anemometer Kincir angin

Pengertian anemometer kincir angin adalah anemometer yang berbentuk panjang vertikal yang memiliki pergerakan yang biasanya konstan. Anemometer ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan anemometer mangkok yaitu mengukur kecepatan baling berputar.

Biasanya dalam satu fasilitas pengukuran, anemometer kincir dan anemometer mangkok terpasang dua dua untuk mendukung validitas data.

3Anemometer laser doppler

Pengertian anemometer laser doppler adalah anemometer yang bekerja dengan menggunakaan sinar laser yang ditembakkan ke molekul udara yang melewati alat sensornya. Alat ini sangatlah akurat dan sering digunakan dalam  pembuatan pesawat dan percobaan pesawat dan sejenisnya.

4Anemometer Sonic

Pengertian anemometer sonic adalah anemometer yang menggunakan gelombang suara ultrasonik yang dihasilkannya yang akan digunakan untuk mengukur kecepatan angin.

-Baca Juga-

5Anemometer Hot-wire

Pengetian anemometer dan jenis jenis anemometer

Pengetian anemometer hotwire adalah anemometer yang menggunakan prinsip perpindahan kalor pada kawat besi  pada anemometer tersebut untuk mengukur kecepatan angin yang memindahkan kalor pada kawat besi anemometer.

Selain untuk mengukur kecepatan angin, anemometer juga dikenal untuk mengukur tekanan angin tersebut. Ada dua jenis anemometer untuk hal tersebut yaitu anemometer piring (plate) dan anemometer tabung.

Sekarang ini, hampir semua anemometer sudah digital, kecuali pada beberapa rumah yang masih memasang anemometer lamanya. Kebanyakan rumah di Amerika memang mengunakan anemometer dirumahnya untuk mengetahui lebih dini tentang datangnya badai ataupun tornado.

Anemometer digital merupakan alat yang terdiri atas tombol-tombol dan layar tampilan (display). Anemometer digital memiliki tiga skala pengukuran yaitu meter/sekon, km/jam, dan knots. Salah satu keuntungan dari anemometer digital selain lebih mudah mengetahui kecepatan angin adalah kemampuan untuk mengukur berkali kali dan menyimpan hasil pengukuran, sehingga kita bisa mengetahui dengan cepat apabila terjadi perubahan.

Demikianlah artikel tentang pengertian anemometer, semoga bermanfaat.  Tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here