(2019) Pengertian Atom Menurut para Ahli dan Sejarah ATOM

0
51

ADS BY GOOGLE
Kembali lagi dengan learniseasy.com . Mari belajar KIMIA karena belajar Kimia itu berguna dan bermanfaat.
Salah satuh dasar utama dari belajar kimia adalah memahami apa itu ATOM dan pengertian ATOM.
Atom seperti yang kita ketahui dalam Buku buku pelajaran SMP dan SMA (sekarang ini mungkin ada anak SD diluar sana yang belajar tentang ATOM), bahwa atom adalah penyusun semua benda yang ada di kehidupan ini.
Atom yang dimaksud bukanlah BOM ATOM yang sering kalian dengar di Berita, tetapi atom yang sesungguhnya ada dan telah ada disekitar kita bahkan sebelum kita ada.
KOK dikatakan ATOM? Nah, gini ceritanya, dahulu kala di jaman Yunani KUNO, waktu itu belum WARNET masih mahal dan Internet kuota murah belum ada, para penduduk planet C-53 alias BUMI mulai mempertanyakan apa benda terkecil yang menjadi penyusun benda tersebut. Syarat mereka waktu itu adalah, penyusun tersebut haruslah tidak bisa lagi dibagi. Hal itulah yang kemudian mendasari asal kata atomos yaitu a yang artinya tidak dan tomos yang artinya terbagi.
Nah, sekitarnya waktu itu ada internet mungkin mereka tidak perlu lagi mengira ngira, tinggal tanya ke GOOGLE, and jreng muncul deh apa zat terkecil yang menyusun benda. 
Contoh kasus waktu itu, mereka perdebatkan apa penyusun dari terkecil dari air segelas, nah mereka coba ambil air segelas, lalu air tersebut dibagi dua gelas sama rata, lalu dibagi lagi dan seterusnya hingga air tersebut tidak lagi mampu dibagi.

Kamu Perlu TAHU

Orang yang pertama mengemukakan konsep atom dalam sejarah MANUSIA adalah Leucippus dan Democritus di Abad ke 5 sebelum masehi, 500 ratus tahun sebelum YESUS dijadwalkan lahir.

Kalian kan sudah tahu berdasarkan kolom “KAMU PERLU TAHU” diatas siapa penemu konsep atom. NAH yang KALIAN BETUL BETUL HARUS tahu adalah, ARISTOTELES, salah satu pemikir paling encer otaknya saat itu menolak konsep atom. Aristoteles berpendapat bahwa tidak mungkin alam yang rumit ini dimasukkan dalam konsep kecil seperti itu. Aristoteles lahir lahir setelah beberapa lama setelah konsep ini muncul di kalangan ilmuwan Yunani.

KONSEP ATOM : PADA AWALNYA

Nih konsep atom dan merupakan pengertian atom yang pertama oleh Leucippus dan democritus (sumber:Sejarah konsep atom Leucippus)

(Kalo ada yang nanya, kok bahasa Inggris bukan bahasa Yunani kuno? Jawabannya karena sudah ditranslasi, kalo pake bahasa Yunani KUNO, saya dan dirimu itu tidak akan mampu membacanya)

1. Matter is composed of atoms separated by empty space through which the atoms move.

2. Atoms are solid, homogeneous, indivisible, and unchangeable.

3. All apparent changes in matter result from changes in the groupings of atoms.

4. There are different kinds of atoms that differ in size and shape.

5. The properties of matter reflect the properties of the atoms the matter contains.

artinya kurang lebih seperti ini

1. Materi terdiri dari atom-atom yang dipisahkan oleh ruang kosong di mana atom-atom bergerak.

2. Atom itu solid, homogen, tidak terpisahkan, dan tidak dapat diubah.

3. Semua perubahan nyata dalam materi disebabkan oleh perubahan dalam pengelompokan atom.

4. Ada berbagai jenis atom yang berbeda dalam ukuran dan bentuk.

5. Sifat-sifat materi mencerminkan sifat-sifat atom yang dikandungnya.

ADS By Google

(Ingat diatas ini pengertian atom menurut Leucippus yang saya translate pake google translate).

pengertian atom dan atom menurut Bohr
Pengertian atom. diagram dan animasi wujud atom menurut Bohr. Kurzon [CC BY-SA 3.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)]

Pengertian ATOM menurut para ahli

Jadi bagi kalian yang butuh pengertian atom yang lain yang selain Leucippus, silahkan dibaca dan dipahami pengertian atom menurut para ahli dibawah ini:

-Baca Juga-

Berikut ini beberapa Pengertian Atom Menurut para Ahli:

  • Pengertian Atom Menurut Demokritos: Atom adalah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta (Atoms are the smallest particles consisting of all the ingredients in the universe)
  • Pengertian Atom Menurut John Dalton: Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat seperti unsurnya (Atoms are the smallest particles of an element that still have properties like the elements)
  • Pengertian Atom Menurut J.J. Thomson: Atom adalah bola yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar secara merata (Atoms are positively charged balls and negatively charged electrons are spread evenly)
  • Pengertian Atom Menurut Ernest Rutherford: Atom adalah partikel yang terdiri dari inti atom, yaitu proton dan neutron yang berada pada bagian pusat dan dikelilingi elektron-elektron (Atoms are particles consisting of atomic nuclei, namely protons and neutrons that are in the center and surrounded by electrons).
Advertisement by google
Gambar model atom Ernest Rutherford. Kelereng warna oranye itu adalah elektron, dan kelereng yang ditengah itu sebagai wujud inti atom, yang biru-ungu sebagai proton dan yang abu abu sebagai neutron. Garis yang melingkar lingkar itu merupakan orbit dari elektron.

Definisi definisi atom dan pengertian atom diatas sesungguhnya sudah cukup untuk menjelaskan tentang apa itu atom sesungguhnya.

Akan tetapi, setelah berkembangnya zaman, kita tidak bisa mengatakan bahwa ATOM adalah partikel terkecil. KALIAN tahu QUARK. QUARK adalah partikel terkecil elementer yang paling terakhir kita temukan.  Jadi pengertian yang kita bisa pakai adalah Pengertian ATOM menurut Ernest Rutherford dengan sedikit modifikasi. Liat diujung artikel.

Demikianlah artikel tentang pengertian atom oleh para ahli dan penjelasan konsepnya. MAAF kalo terkesan bercerita, sudah dari dulunya kalo saya ngajar, gitu caranya. Tunggu YOUTUBE TUTOR saya yah.

Pertanyaan Seputar Pengertian ATOM

Apa partikel terkecil

Yang jawab atom, itu sudah tepat kok. Cuman buat yang mau dibilang lebih tepat untuk kekinian, maka jawabannya adalah QUARK. just google it.

Apa pengertian atom?

Atom adalah partikel yang terdiri atas inti atom dan elektron.

Jadi bukan lagi partikel terkecil yah, kalau kita pake definisi kekinian.
Kok tidak rinci sebut inti atom yaitu neutron dan proton. Itu karena ATOM HIDROGEN dengan simbol H, tidak memiliki neutron pada inti atomnya. Jadi rasanya tidak tepat kalau kita rinci disitu inti atom harus ada dua yaitu neutron dan proton untuk disebut ATOM, melainkan kehadiran proton dalam inti sudah cukup untuk dikatakan “SESUATU ITU” sebagai atom.

Apakah ada partikel lebih kecil dari QUARK?

Saya rasa untuk sekarang ini tidak ada yang bisa kita deteksi.
WHY?
Karena QUARK itu sudah sangat kecil, istilah yang dipakai peneliti untuk ukuran QUARK adalah “point-like entities”, ukurannya itu 4 kali lebih kecil dari proton. Sehingga sangat sangat kecil buanget. ILMUWAN hitungnya sekecil 10-19 .
Jadi kalo ada yang mau sebut ukuran QUARK, jangan pake kata “sebesar” yah. Pake kata “Sekecil” karena memang kecil pake banget.
Ada yang lebih kecil? Katanya sih masih diteliti, namanya itu PREON.
Untuk alat ukur paling mutakhir sekarang, tidak ada yang mampu mengukur dengan lebih kecil dari ukuran QUARK, quark aja sangat rumit ukurnya, apalagi partikel yang “mungkin menyusun QUARK”. silahkan baca sumber ini: QUARK
Siap siap pusing bacanya yah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here