Pengertian Besaran dan Satuan Fisika

0
17

Pengertian Besaran dan Satuan Fisika | Assalamualaikum, siswa siswi yang rajin, kita akan pelajari beberapa hal tentang besaran dan satuan dalam fisika.

Poin poin yang akan kita belajar dalam artikel ini adalah (1) Pengertian besaran pokok (2) Pengertian besaran turunan (3) Pengertian besaran pokok dan besaran turunan (4) Pengertian besaran skalar (5) Pengertian besaran vektor.

Besaran dan Satuan

Apa itu Besaran? Pengertian besaran adalah pernyataan yangmengandung makna ukuran dan memiliki satuan, bisa juga kita katakan bahwa besaran adalah sesuatu yang memiliki ukuran.

Ada berbagai macam besaran dalam ilmu fisika yang kita patut ketahui yaitu besaran pokok, besaran turunan, besaran vektor dan juga besaran skalar.

Mari kita dalami satu persatu besaran tersebut.

Besaran Pokok

Apa itu besaran  pokok? Pengertian besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan, atau memiliki batasan batasan yang telah disepakati secara universal.

Pengertian besaran pokok dapat juga kita sebut katakan sebagai “besaran yang satuannya menjadi dasar penentuan besaran besaran lainnya”.

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya menjadi dasar penentuan satuan besaran lainnya. Besaran pokok meliputi panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, intensitas cahaya, dan jumlah zat.

Seluruh besaran pokok diatas memiliki satuan internasional yang berbeda beda. Contoh besaran pokok Panjang, memiliki satuan internasional (SI) yaitu m (meter). Waktu memiliki SI yaitu detik atau sekon. Massa SI nya kilogram (kg). Kuat Arus SI nya ampere (A). Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat tabel dibawah ini.

Tabel besaran pokok dan satuan Internasional beserta simbol satuannya
Tabel besaran pokok dan satuan Internasional beserta simbol satuannya

Kalian ingat ingat tabel diatas yah. Supaya mudah jawab soal pas ujian semester ataupun ujian kenaikan kelas nantinya.

baca artikel tentang besaran pokok panjang dan konversinya. Baca juga artikel tentang besaran pokok massa dan konversinya.

Besaran Turunan

Setelah membahas tentang pengertian besaran pokok dan contoh serta macam macam besaran pokok. Mari kita masuk ke besaran turunan.

-Baca Juga-

Pengertian besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok.

Kalian sudah lihat tabel besaran pokok diatas kan, jadi selain 7 besaran pokok diatas, besaran lainnya adalah besaran turunan.

Ada banyak besaran besaran turunan. Ambil contoh, luas bidang suatu ruangan atau ruang kelas kamu adalah besaran turunan karena diperoleh dari hasil mengalikan lebar dan panjang kelas tersebut. Contoh 6 m x 6 m artinya 36 meter persegi.

Besaran Skalar

Besaran skalar adalah besaran yang tidak mengandung arah atau informasi arah. Kelajuan pada suatu benda kita ketahui sebagai besaran skalar. Sehingga nilai dari kelajuan akan selalu bernilai positif.

Besaran skalar sangat berbeda dengan besaran vektor.

Besaran Vektor

Pengertian besaran vektor adalah besaran yang memiliki arah dan nilai. Fungsi dari adanya besaran vektor adalah memungkinkan kita untuk mengetahui kecenderungan benda tersebut untuk berpindah kemana.

Contoh besaran vektor adalah momentum, kecepatan dan banyak lagi. Hampir semua besaran vektor adalah besaran turunan. Besaran vektor sangat sering digunakan dalam Ilmu Fisika.

Satuan

Dalam ilmu fisika kita mengenal istilah satuan. Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran. Kita juga dapat mengatakan bahwa satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran.

Dalam Ilmu sains dan khususnya fisika dikenal adanya satuan internasional atau SI sebagai hasil kesepakatan bersama yang baku dan berlaku universal sehingga mudah membandingkan ukuran besaran tertentu.

Satuan Internasional sesuai dengan tabel diatas ada dua jenis yaitu MKS dan cgs. MKS adalah Meter, Kilogram dan Sekon. Sedangkan cgs adalah sentimeter, gram dan sekon. Keduanya sebenarnya sama saja.

Satuan international (SI) adalah sistem satuan yang digunakan secara international. Syarat satuan ditetapkan sebagai SI yaitu; nilainya tetap, berlaku international, mudah ditiru dan diperbanyak, mudah diubah (dikonversi) ke satuan lain.

Satuan juga dibagi menjadi Satuan baku dan Satuan tak baku. Satuan baku adalah satuan yang digunakan secara umum, satuan baku disebut juga satuan standar. Sedangkan satuan tak baku adalah satuan yang digunakan di daerah setempat. Contoh satuan tak baku adalah satu jengkal, satu depa dan banyak lagi satuan tak baku yang dulu digunakan oleh nenek moyang kita.

Rangkuman

  • Mengukur adalah membandingkan besaran dengan besaran sejenis sebagai satuan; menghasilkan ukuran yang terdiri atas nilai dan satuan. Mengukur membutuhkan alat ukur. Alat ukur harus sesuai dengan besaran yang akan diukur.
  • Besaran yang diukur terdiri atas besaran pokok dan turunan. Satuan besaran pokok didefinisikan, satuan besaran turunan diturunkan dari besaran pokok. Panjang, massa, waktu, kuat arus, suhu, jumlah zat, dan intensitas cahaya termasuk besaran pokok. Luas, volume, konsentrasi (kepekatan) larutan, serta laju pertumbuhan termasuk besaran turunan.
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here