Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik dan Jenisnya

0
342

Pengertian Energi Potensial dan Energi Kinetik

Belajar itu mudah. Kali ini kita akan mempejari dasar dasar dari  energi potensial dan energi kinetik yaitu pengertian energi potensial dan pengertian energi kinetik dan rumus dasarnya serta jenis jenis energi potensial dan jenis jenis energi kinetik.

Mari kita mulai bahas dari pengertian energi potensial, contoh energi potensial dan jenis jenis energi potensial.

Pengertian Energi potensial

Pengertian energi potensial adalah energi yang tersimpan di dalam suatu benda (materi) karena kedudukan atau keadaan benda tersebut terhadap benda lain (energy possessed by a body by virtue of its position relative to others) , tekanan atau tegangan (stresses within itself) , muatan listrik dan faktor faktor lainnya (electric charge, and other factors).

Jadi berdasarkan pengertian energi potensial diatas, kita dapat mengetahui apa saja contoh dan jenis jenis energi potensial yang terjadi disekitar kita.

Contoh energi potensial yang paling sederhana adalah energi potensial gravitasi dari suatu benda yang berada pada ketinggian tertentu dari permukaan bumi.

Rumus energi potensial gravitasi suatu benda adalah

\[{E_p} = m.g.h\]

Keterangan:

  • Ep = energi potensial (joule)
  • m = massa (kg)
  • g = percepatan gravitasi (m/s^2)
  • h = ketinggian (meter)

Jenis Jenis Energi Potensial

Energi potensial bukan hanya terdapat pada gravitasi antara benda dan bumi saja, energi potensial bisa juga ada pada dua gravitasi benda yang saling berdekatan. Rumus dari energi potensial dua benda yang berdekatan adalah

    \[\begin{gathered} {E_p} = \frac{{G.M.m}}{r} \hfill \\ {\text{dimana G = 6}}{\text{,674 x 1}}{{\text{0}}^{{\text{ - 11}}}}{\text{N}}{\text{.k}}{{\text{g}}^{{\text{ - 2}}}}{{\text{m}}^{\text{2}}} \hfill \\ {\text{M = massa benda 1}} \hfill \\ {\text{m = massa benda 2}} \hfill \\ {\text{r = jarak dari titik massa keduanya}} \hfill \\ \end{gathered} \]

Energi potensial juga terdapat pada dua benda elektrostatik atau lebih. Energi potensial juga dapat berada pada pada struktur kimia molekul atau senyawa atau campuran kimia maka dinamakan energi potensial kimia. Energi potensial juga dapat kita jumpai pada magnet.

Contoh lain dari energi potensial ada pada pegas. Pegas merupakan salah satu objek sederhana yang digunakan untuk menyetor energi potensial.

Ketika kita menarik pegas, maka posisi dimana pegas tersebut tertegang, kita dapat menghitung energi potensialnya berdasarkan jarak posisi normal pegas tersebut. Ketika pegas dilepas, maka energi kinetik akan dihasilkan karena benda bergerak.

Mari kita masuk ke bagian pengertian energi kinetik dan pengertian energi kinetik

Pengertian Energi Kinetik

Kalian sudah bacakan diatas, tentang pengertian energi potensial dan jenis jenisnya, kali ini kita pindah ke energi kinetik. Pengertian energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda karena gerakannya (the energy that it possesses due to its motion).

Jadi, Energi kinetik itu berbeda dengan energi potensial. Bila energi potensial berhubungan dengan kedudukan atau posisi, maka energi kinetik berhubungan dengan kecepatan atau pergerakan benda tersebut.

Rumus energi kinetik dapat kalian lihat dibawah ini.

    \[{E_k} = \frac{1}{2}.m.{v^2}\]

-Baca Juga-

Keterangan:

  • Ek = energi kinetik (joule)
  • m = massa benda (kg)
  • v = kecepatan gerak (m/s)

Rumus energi kinetik berdasarkan momentum benda

    \[{E_k} = \frac{{{p^2}}}{{2m}}\]

Jenis Jenis Energi Kinetik

Sesungguhnya berdasarkan pengertian energi kinetik diatas, kalian bisa ketahui bahwa jenis jenis energi kinetik itu yah semua benda yang bergerak mau itu ukurannya sup partikel hingga makro sekalipun bahkan galaksi dan alam semesta kita memiliki energi kinetik akibat ekspansi alam semesta itu sendiri.

Energi kinetik dapat berpindah, ambillah contoh ketika kita bermain bilyar. Kita menyodok bola putih ke bola bola lainnya, bola putih mengenai bola warna lain, kemudian bola putih memberikan energi kinetik yang dimilikinya kepada bola yang dia kenai.

Wooden roller coaster txgi.jpg
Roller Coaster sebagai bentuk contoh energi kinetik dan energi potensialCC BY-SA 3.0, Link

Kalian bisa lihat pada gambar diatas, bahwa, terdapat hubungan yang erat antara energi kinetik dan energi potensial pada roller coaster diatas. Energi kinetik rollercoaster pada saat diam adalah nol akan tetapi energi potensial rollercoaster pada saat posisi tertinggi atau pada ketinggian paling tinggi berada pada energi potensial maksimumnya.

Energi potensial tersebut akan semakin mendekati minimal ketika rollercoaster pada ketinggian minimum dari jalurnya, akan tetapi pada saat itu terjadi, rollercoaster juga pada kecepatan tertinggi dan energi kinetik maksimumnya.

Inilah salah satu bentuk dari kekekalan energi itu sendiri dimana energi tidak dapat diciptakan, hanya dapat diubah ataupun ditransfer.

Berikug gambar ilustrasi tentang perubahan energi potensial menjadi energi kinetik

Pengertian energi potensial dan pengertian energi kinetik
Pengertian energi potensial dan pengertian energi kinetik

Pada gambar diatas dapat kalian lihat bahwa benda yang berada pada ketinggian tertentu mengandung energi potensial sesuai dengan ketinggian benda tersebut. Ketika benda tersebut dibuang, benda akan mengalami percepatan (gravitasi bumi) sehingga terjadi pertambahan kecepatan yang artinya energi kinetik ada. Gambar diatas adalah bentuk perubahan energi potensial menjadi energi kinetik

Pada saat bola tersebut berada pada mendekati  ketinggian nol atau sampai pada permukaan energi potensial akan nol dan energi kinetiknya akan maksimum dan akan berpindah menjadi energi panas dan energi suara / bunyi dan energi lainnya.

Energi kinetik sekarang dibahas dalam Hukum Relativitas, akan tetapi akan terlalu tinggi dan sulit bila saya jelaskan disini.

Demikianlah artikel tentang pengertian energi potensial dan energi kinetik. Untuk contoh soal energi potensial dan contoh soal energi kinetik nanti saya akan buat artikel terpisah tentang itu. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

  • energi potensial rumus
  • contoh energi potensial
  • energi potensial gravitasi
  • energi potensial dan energi kinetik
  • contoh soal energi potensial
  • energi potensial listrik
  • contoh soal energi potensial pegas
  • rumus energi potensial gravitasi
    energi kinetik rumus
  • contoh energi kinetik
  • rumus energi kinetik dan potensial
  • contoh soal energi kinetik
  • contoh soal energi kinetik kelas 10
  • rumus mencari kecepatan pada energi kinetik
  • contoh soal energi kinetik dan potensial
  • materi energi kinetik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here