Pengertian Gaya dan Jenis Gaya

0
75

Pengertian Gaya dan Jenis Gaya

Kembali lagi dengan learniseasy.com. Ingat yah belajar itu mudah. Kali ini kita akan belajar tentang pengertian gaya dan jenis jenis gaya yang ada fisika. Jadi kita tidak lagi mendefinisikan gaya dalam wilayah modelling atau sejenisnya yah.

Gaya adalah salah satu besara fisika yang sangat penting. Pengertian gaya adalah sebuah dorongan atau tarikan terhadap objek. Pengertian gaya yang lain adalah segala macam interaksi yang mempengaruhi gerak benda.

Gaya atau  dalam bahasa Inggris disebut FORCE. Gaya ini dipelajari secara ilmiah oleh Newton. maka dari itu satuan dari Gaya adalah N (singkatan dari Newton). Gaya dalam fisikan disimbolkan dengan F.

Rumus gaya yang sederhana adalah

F= m.a

Dengan m sebagai massa benda dan a sebagai percepatan benda tersebut.

Contoh Gaya

Contoh gaya dalam kehidupan sehari hari kita sebenarnya sangat banyak dan bahkan semua yang terjadi di lingkungan dan sekitar kita itu dipengaruhi oleh gaya.

Ambillah contoh, kita berjalan, itu adalah gaya yang dilakukan oleh otot otot kita sehingga tubuh kita terdorong kedepan terhadap tanah atau tempat kita berpijak dan membuat kita berpindah tempat.

Sama halnya dengan mobil dengan mesinnya yang menghasilkan gaya sentrifugal terhadap bannya sehingga menimbulkan perpindahan dari mobil tesebut.

Benda jatuh dari meja pun merupakan gaya, dan juga salah satu contoh dari energi potensial benda tersebut.

PENGERTIAN GAYA DAN JENIS JENIS GAYA
PENGERTIAN GAYA DAN JENIS JENIS GAYA

Jenis Jenis Gaya

Dalam ilmu fisika yang terus berkembang sekarang ini dikenal banyak gaya mulai dari gaya nonfundamental hingga gaya fundamental.

-Baca Juga-

Gaya fundamental ada 4 yaitu gaya gravitasi, gaya elektromagnetik, gaya nuklir lemah dan gaya nuklir kuat. Keempat gaya fundamental tersebut lah yang mempengaruhi alam semesta ini, dan menjadi gaya utama yang ada pada gaya nonfundamental.

Gaya non fundamental adalah gaya yang sering kita jumpai dan kasat mata atau dapat kita amati langsung. Jenis gaya non fundamental seperti gaya normal, gaya gesek, gaya pegas, gaya sentripetal, gaya tegangan dan banyak gaya lainnya.

Mass-spring-system.png
Ilustrasi gaya pegas pada benda yangdigantungkan pada sebuah pegas By Svjo
Own work, CC BY-SA 3.0, Link

Dalam mempelajari gaya, kalian akan dihadapkan pada hukum newton 1 , hukum newton 2 dan hukum newton 3. Kalian harus betul betul paham konteks hukum newton tersebut karena akan sangat membantu menjawab soal fisika tentang gaya dan kecepatan serta percepatan benda.

Sebuah benda yang bergerak diatas permukaan kasar karena sebuah gaya akan mendapatkan gaya gesek yang akan selalu berlawan arah dari arah gaya tersebut. Apabila benda tak bergeraka artinya hukum newton 3 berlaku yaitu gaya gesek yang ditimbulkan dengan gaya yang kamu berikan itu setara. F = -F.

Demikianlah artikel tentang pengertian gaya dan jenis jenis gaya. Tetap belajar karena belajar itu mudah yah.

 

  1. pengertian gaya menurut para ahli
  2. pengertian gaya dalam ipa
  3. pengertian gaya dalam fisika
  4. pengertian gaya tarik
  5. pengertian gaya sentuh
  6. pengertian satuan gaya
  7. pengertian gaya terhadap benda
  8. pengertian gaya konstan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here