+2019 Pengertian HOLDING ? Apa Itu Perusahaan HOLDING

0
29

ADS BY GOOGLE

Kembali ke BELAJAR ITU Mudah. Kali ini saya akan coba jelaskan apa pengertian HOLDING, dan apa definisi holding itu.

Sekarang ini kan lagi marak nih, di media massa, kata “holding”. Mulai dari holding Inalum yang menjadi HOLDING BUMN pertama di Indonesia. Kemudian baru baru ini, Kementerian BUMN mulai lagi membahas akan membentuk holding holding lain mulai dari holding penerbangan dan seterusnya.

Lah kok di Instagram dan twitter serta Facebook banyak yang menolak holding? Nah, ini dia. HOLDING perusahaan di tingkat swasta sangat umum dan wajar terjadi. Di negara negara liberal seperti Amerika Serikat juga sering terjadi holding perusahaan BUMN nya (GSE istilahnya disana, goverment sponsorship enterprise).

Jadi, wajar nggak ditolak? Kok ditolak holding BUMN? Nah, disini kita masuk ke pengertian Holding agar kita paham betul apakah kita harus menolak ataupun menerima Holding BUMN.

Pengertian HOLDING

Dari sumber artikel artikel luar negeri yang saya telusuri, pengertian holding dalam hal ini pengertian perusahaan holding adalah perusahaan yang dibentuk yang bertujuan hanya untuk menguasai saham saham mayoritas perusahaan perusahaan lain sehingga perusahaan tersebut menjadi anak perusahaan.

Dengan kata lain, pengertian perusahaan holding adalah perusahaan yang dibentuk untuk menguasai saham saham secara mayoritas perusahaan perusahaan lain. 

Jadi cuman itu aja definsi perusahaan holding?

nggak kok. 

Kita perlu jelaskan lebih jauh lagi yah. Maklum, bahasa Indonesia kurang bisa mewakili bahasa Inggris.

Saham saham mayoritas yang dimaksud adalah voting stock . Voting stock adalah total jumlah minimal saham yang harus dimiliki untuk menjadi penentu kebijakan perusahaan tersebut. Pada awalnya voting stock itu diatas 51 persen untuk perusahaan kecil, akan tetapi, pada perusahaan besar, voting stock, bisa berupa saham yang bernilai lebih besar dari saham saham lainnya.

Voting stock disini sebenarnya masih cukup rancu untuk perusahaan sekelas BUMN, hal itu karena apabila semua perusahaan BUMN yang sesuai kategori dilebur jadi satu, ambil contoh untuk kategori tambang itu ada INALUM, maka artinya anak anak perusahaannya dapat menjual saham saham mereka kepada publik ataupun korporasi selama mayoritas saham untuk penentuan krusial masih ada di tangan Pemerintah.

-Baca Juga-

Pengertian perusahaan holding atau pengertian holding
Pengertian perusahaan holding atau pengertian holding

Apa Keuntungan Perusahaan HOLDING

Keutungan perusahaan HOLDING adalah kemudahan manajemen serta kemudahan dari segi operasional serta pajak.

Keuntungan lain yang tak kalah penting adalah, kemudahan dalam perkreditan apabila anak anak perusahaan butuh dana, dikarenakan perusahaan Holding memiliki bunga yang lebih rendah.

Selain itu, pajak pun sebenarnya tidak bertambah dikarenakan yang bayar pajak itu cuman anak perusahaan. Penghasilan perusahaan Holding yang dari tiap tiap anak perusahaannya tidak perlu membayar pajak penghasilan, karena memang sudah terpotong lebih dahulu di tiap tiap anak perusahaannya. Ya, kalo untuk pajak penghasilan individu itu lain cerita.

Keuntungan lain yang sama besarnya adalah ketika perusahaan Bangkrut. Ketika anak perusahaan bangkrut, anak perusahaan mengajukan bangkrut, akan tetapi perusahaan HOLDING nya atau Induk perusahaan tak perlu menanggung ataupun membayarkan utang anak perusahaan tersebut ketika aset aset yang ada tidak mampu menanggung utang yang ada.

ADS By Google

Selain itu, perlindungan terhadap ekonomi individu. Kalian pasti sering liat, perusahaan yang utang, tapi yang disita adalah kekayaan pribadi. Hal itu karena dalam perusahaan konvensional (bukan perusahaan holding), bos ataupun CEO ataupun pemilik perusahaan mengajukan utang untuk perusahaannya menggunakan dirinya sebagai penanggung jawab. Beda halnya dengan perusahaan HOLDING, anak perusahaan mengajukan utang atas sebagai perusahaan sehingga yang tanggung jawab utang murni sepenuhnya perusahaan tersebut.

Jadi bagaimana dengan perusahaan BUMN yang nanti ini sepertinya akan dijadikan perusahaan HOLDING? Untuk menjawab itu, mungkin kita harus belajar ke CHINA, mereka besar karena BUMN mereka sangat amat banyak jumlahnya, 150.000.

Demikian artikel tentang pengertian holding atau pengertian perusahaan holding. Tetap belajar dan tetap kritis, karena belajar itu mudah dan memang butuh usaha. Sekian dan terima kasih. Tunggu youtube saya yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here