Pengertian Kewirausahaan Menurut para Ahli

0
43

ADS BY GOOGLE

Kembali lagi dengan belajar itu mudah. Learniseasy.com. Kali ini saya akan paparkan tentang pengertian kewirausahaan dan pengertian wirausaha itu sendiri.

Sering kita dengar di TV dan di berita berita masalah kewirausahaan, serta di buku pelajaran kita SMA dan SMP, sudah pembelajaran tentang kewirausahaan. Jadi apa itu pengertian wirausaha dan pengertian kewirausahaan?.

Kajian Etimologi Wirausaha dan Kewirausahaan

Wirausaha berasal dari dua susunan kata yaitu wira dan usaha. Wira sendiri diartikan sebagai manusia pejuang, manusia unggul, manusia teladan dan juga bisa diartikan sebagai manusia berbudi luhur yang berani. Usaha, diartikan sebagai perbuatan atau amal atau dapat dikatakan sebagai “berbuat sesuatu”.

Pengertian Kewirausahaan

Berdasarkan arti wirausaha diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pengertian kewirausahaan adalah porses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut tentu saja berupa ide ide inovatif dan peluang.

Sehingga kita dapat mengatakan bahwa secara umum, Pengertian kewirausahaan adalah kegiatan menciptakan usaha untuk memperoleh hasil dengan adanya risiko.

Pengertian kewirausahaan diatas tentu bukan final, masih ada beberapa pengertian para ahli tentang kewirausahaan.

Definisi kewirausahaan yang ada dari tiap ahli bisa berbeda beda dan juga bisa juga hampir sama. Perbedaan tersebut berada pada titik berat dan penekannya.

Ambil contoh, Pengertian kewirausahaan menurut Richard Cantillon bahwa definisi kewirausahaan adalah bekerja sendiri atau self employment.

Pengertian kewirausahaan dan arti wirausaha
Pengertian kewirausahaan dan arti wirausaha

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa Pengertian Kewirausahaan Menurut para Ahli:

Definisi Kewirausahaan Menurut S.Wijandi

Pengertian kewirausahaan menurut Bapak S. Wijandi adalah suatu sifat keberanian (bravery), keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil risiko yang bersumber pada kemampuan diri sendiri (virtue in exemplary in taking risks that are based on one’s own abilities) (1988) [bahasa inggris disini hanya translasi saja, bukan dari penulisnya.]

Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard Cantillon

Definisi dari Bapak Richard Cantillon tentang kewirausahaan cukup singkat yaitu Self Employment atau bekerja sendiri.

Tapi jangan salah, definisi singkat bukan berarti salah atau kurang tepat. Memang kalo kita pikirkan, untuk awal berusaha, kewirausahaan itu memang bekerja sendiri atau tidak dipekerjakan oleh orang. Satu satunya atasan kita adalah konsumen yang terhormat.

Definisi Kewirausahaan Menurut Soeparman Spemahamidjaja

Saya kurang paham apakah memang bapak ini adalah Soeparman Spemahamidjaja atau Soeparman Soemahamidjaja. Berdasarkan buku Kewirausahaan Teknik Sipil, Pengertian kewirausahaan oleh bapak Soeparman Spemahamidjaja adalah adalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif (creative thinking) dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya (resource), tenaga penggerak tujuan (force), siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup (1977)

Pengertian kewirausahaan menurut Drucker

Definisi kewirausahaan menurut Drucker adalah suatu kemampuan unutk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different). (1959)

Bapak Peter Drucker ini adalah seorang ahli ekonomi modern berkebangsaan Austria yang pindah Ke Amerika akibat perang dunia. Peter Drucker lah yang memunculkan istilah Knowledge worker atau pekerja pikiran.  

ADS By Google

Pengertian Kewirausahaan Menurut Soeharto Prawiro (1997)

Definisi kewirausahaan Soeharto Prawiro adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).

Disini, Bapak Soeharto Prawiro menitik beratkan bahwa sebuah kewirausahaan itu adalah sebuah nilai yang harus dimiliki untuk memulai usaha.  

Pengertian Kewirausahaan Menurut Zimmerer (1996)

Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi (a process of applying creativity and innovation) dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (in solving problems and finding opportunities to improve life).

Pengertian kewirausahaan menurut Zimmerer diatas, sedikit berbeda dengan pengertian kewirausahaan dari ahli lainnya. Coba perhatikan, Bapak Zimmerer menambahkan kalimat memperbaiki kehidupan.

Pengertian kewirausahaan menurut Jeff Bezos
Advertisement by google
Pengertian kewirausahaan menurut Jeff Bezos

Itulah diatas pengertian kewirausahaan dan definisi wirausaha. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here