✔ Pengertian Metabolisme, Proses dan Fungsi Metabolisme

0
552

Metabolisme

Kalian pasti sudah sering dengar kata ini. Metabolisme. Pertanyaannya ialah, kalian tahu tidak apa pengertian metabolisme dan apa saja jenis jenis metabolisme dan proses metabolisme itu sendiri.

Kalian mungkin punya beberapa pertanyaan seputar metabolisme seperti apa contoh contoh metabolisme, apa saja fungsi metabolisme dan tujuan metabolisme; dan juga apa itu katabolisme, serta apa pengertian anabolisme. Atau kalian punya pertanyaan “Apa yang dihasilkan pada proses metabolisme” dan juga pertanyaan tentang apa saja macam macam metabolisme secara umum.

Artikel singkat kali ini akan mencoba menjawab semua pertanyaan diatas. Jadi simak dan tetap fokus yah membacanya.

Pengertian Metabolisme

Pengertian metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi pada makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya (the chemical processes that occur within a living organism in order to maintain life).

Metabolisme berasal dari kata metabolismo artinya perubahan. Pengertian metabolisme yang lain adalah

Serangkaian Transformasi Kimia yang bertujuan untuk mempertahankan keberlangsungan sel sel suatu organisme (set of life-sustaining chemical transformations within the cells of organisms)

Jadi dapat dikatakan bahwa metabolisme adalah proses perubahan untuk kepentingan hidup organisme mulai dari tingkat seluler hingga multiseluler.

Pengertian metabolisme dan proses metabolisme serta fungis metabolisme
Pengertian metabolisme dan proses metabolisme serta fungis metabolisme

Jenis Jenis Metabolisme

Ada dua jenis metabolisme secara garis besar yang dibagi karena arah atau path dalam perubahan struktur kimia hasil metabolismenya yaitu katabolisme dan anabolisme.

6Katabolisme

Katabolisme adalah jenis metabolisme yang dapat dikatakan sebagai “Mesin” makhluk hidup. Kalian bisa liat itu pada pengertian katabolisme berikut. Pengertian katabolisme adalah proses menghasilkan energi dengan menguraikan zat zat makro menjadi zat zat mikro.

Katabolisme dapat dikatakan sebagai jenis metabolisme yang “menghancurkan” atau destructive metabolism. Hal ini karena katabolisme mengubah bentuk makro zat menjadi bentuk mikronya.

Kita ambil contoh Amilum yang kita makan kemudian tubuh kita merombakknya menjadi glukosa glukosa dan kemudian glukosa dirombak menjadi senyawa senyawa mikro lainnya dan menghasilkan ATP sebagai energi kimia untuk sel sel tubuh kita.

5Anabolisme

Pengertian anabolisme adalah perangkaian zat zat mikro untuk dibentuk menjadi zat zat makro dengan bantuan energi.

Jadi dengan kata lain, anabolisme adalah jenis metabolisme yang “membangun” atau building. Anabolisme sangatlah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Kedua jenis reaksi metabolisme diatas sangatlah penting untuk keberlangsungan sel sel  makhluk hidup. Atas dasar itu jugalah, kenapa salah satu ciri ciri makhluk hidup adalah “Mampu melakukan metabolisme”.

Tentu saja karena tanpa metabolisme, sebuah makhluk tidak dapat hidup.

Proses Metabolisme

Saya akan mencoba mempersingkat pembahasan manusia dan pencernaannya yah, nanti akan saya bahas metabolisme untuk tingkat yang lebih tinggi atau lebih mendalam lagi.

Secara garis besar, ada tiga proses metabolisme yang terjadi pada manusia sesuai dengan jenis nutrisi yang masuk atau diolah oleh tubuh yaitu Proses metabolisme karbohidrat, proses metabolisme lemak dan proses metabolisme protein.

Mari kita gali lebih dalam tentang proses metabolisme diatas.

4Proses Metabolisme Karbohidrat

Proses metabolisme karbohidrat manusia dan hewan lainnya ada dua pada umumnya yaitu secara mekanik dan secara kimia.

Proses metabolisme karbohidrat yang terjadi pada manusia dan hewan dimulai dengan masuknya karbohidrat kedalam saluran pencernaan manusia yaitu mulut.

Mulut akan mengunyah karbohidrat, ambillah contoh Nasi yang merupakan polisakarida, yang membuat nasi tersebut tercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptialin yang dihasilkan kelenjar parotis pada mulut kita.

Enzim ptialin akan memulai proses metabolisme karbohidrat pertama dalam sistem pencernaan manusia tepatnya katabolisme pertama. Enzim ptialin akan memecah (Hidrolisis) pati atau struktur polisakarida dari glukosa (salah satu contohnya adalah nasi) menjadi maltosa. Enzim ptialin tersebut akan tetap aktif hingga makanan masuk ke lambung. Hal itu jelas karena enzim ptialin tidak mampu bekerja pada wilayah asam (pH rendah) seperti lambung.

Kemudian sisa sisa pati (contoh:nasi) tersebut akan masuk kelambung dan dibilas dengan asam lambung agar makanan yang akan masuk ke usus bersih dari virus, bakteri jahat dan semacamnya dan juga terjadi pengolahan mekanik dalam lambung.

-Baca Juga-

Selanjutnya setelah lambung dikosongkan, dan makanan masuk usus dua belas jari atau duodenum, maka pankreas akan menghasilkan enzim amilase yang akan dibawa ke usus 12 jari untuk mengubah maltosa maltosa dan pati tersebut menjadi glukosa. Selanjutnya dinding usus akan menyerap glukosa glukosa tersebut dan dan akan disalurkan oleh darah.

Untuk anabolisme karbohidrat, kalian harus baca artikel tentang fotosintesis, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel dibawah ini

Proses Fotosintesis dan Reaksi Fotosintesis

3Proses Metabolisme Protein

Metabolisme protein yang terjadi pada tubuh manusia ada dua yaitu anabolisme dan katabolisme. Untuk mempersingkat pembahasan, saya akan bahas cuman proses katabolisme protein pada manusia. Untuk masalah proses anabolisme protein pada manusia akan saya buat pada artikel yang berbeda.

Protein pada makanan yang kita cerna akan dicerna di dalam lambung oleh enzim pepsin. Enzim pepsin sendiri akan aktif pada pH 2-3. Enzim pepsin sendiri akan menghidrolisis protein protein menjadi peptida dan asam amino. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa pencernaan protein pada manusia dimulai di lambung, berbeda dengan karbohidrat.

Selanjutnya protein yang masih tersisa dan hasil pengolahannya yaitu peptida dan asam asam amino lainnya akan masuk ke usus  dua belas jari dan disambut oleh enzim enzim seperti Tripsin (Tripsinogen), Kimotripsin (Chymotrypsinogen), Carboxypeptidase dan elastases.

Untuk lebih detailnya tentang enzim enzim pencernaan yang ada di usus besar, saya akan jelaskan pada artikel terpisah, beserta dengan fungsi fungsi enzim pencernaannya.

Setelah ke usus besar, protein dkk masuk ke usus halus dan diolah oleh enzim erepsin sehingga menjadi asam asam amino. Selanjutnya, asam asam amino tersebut akan diserap oleh dinding usus dan dibawah oleh darah untuk dipakai pada sel sel dan jaringan jaringan yang membutuhkan.

Kelebihan protein tidak disimpan dalam tubuh, melainkan akan dirombak dalam hati menjadi senyawa yang mengandung unsur N, seperti NH3 (amonia) dan NH4OH (amonium hidroksida), serta senyawa yang tidak mengandung unsur N.

Senyawa mengandung unsur N disentesis menjadi urea. Pembentukan urea yang berlangsung dalam hati karena sel-sel hati dapat menghasilkan enzim arginase.

Urea yang dihasilkan tidak dibutuhkan oleh tubuh, sehingga diangkut bersama zat-zat lainnya menuju ginjal, lalu dikeluarkan melalui urin. Sebaliknya terjadi, pada senyawa yang tidak mengandung unsur N disintesis kembali menjadi bahan baku karbohidrat dan lemak, sehingga dapat dioksidasi dalam tubuh agar menghasilkan energi.

2Proses Metabolisme Lemak

Proses metabolisme lemak pada manusia atau pencernaan lemak pada manusia pertama kali terjadi pada mulut kita. Enzim lingual lipase dihasilkan oleh kelenjar serosa dan berfungsi untuk mengubah trigliserida menjadi diagliserida dan asam lemak.

Akan saya jelaskan lebih jauh pada artikel berbeda tentang enzim lingual lipase.

Selanjutnya trigliserida (lemak) akan dicerna oleh gastrik lipase (lipase lambung) yang merupakan jenis enzim lipase yang aktif pada daerah pH rendah atau asam. Kekurangan enzim lipase lambung adalah mampu melepaskan satu asam lemak dari tiap trigliserida sehingga kurang efektif.

Kemudian lemak dan asam lemak serta diagliserida akan dicerna di usus menggunakan enzim lipase dengan bantuan garam empedu (dihasilkan oleh kantong empedu dan dikirim ke usus 12 jari) yang akan mengemulsi lemak.

Emulsi lemak tersebut akan membuat lemak menjadi berukuran kecil kecil sehingga lebih mudah untuk di metabolisme. Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi campuran asam lemak dan monogliserida (gliserida tnggal).

Pengeluaran cairan pankreas dirancang oleh hormon sekretin yang berperan dalam meningkatkan jumlah senyawa penghantar listrik (elektrolik) dan cairan pankreas serta pankreoenzim dengan peran merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas.

Sekitar 70% absorpsi hasil pencernaan lemak terjadi dalam usus halus. Asam lemak dan monogliserida di absorpsi melalui sel-sel mukosa yang terdapat pada dinding usus. Kemudian dibentuk menjadi sejenis lipoprotein yang disebut kilomikron dan kemudian diangkut oleh darah ke jaringan jaringa tubuh untuk dijadikan sebagai cadangan makan untuk tubuh kita.

Lemak lemak sisa dan pengolahan lainnya dilakukan oleh organ Hati.

1Fungsi Metabolisme

Metabolisme dan proses metabolisme memiliki peran dan fungsi yang amat penting dalam kehidupan kita serta keberlangsungan hidup makhluk. Berikut beberapa fungsi metabolisme:

  1. Untuk mendapatkan energi kimia yaitu ATP
  2. Sebagai pembentuk dan perombak biomolekul
  3. Untuk mengubah zat zat makanan (nutrisi) menjadi unit prekursor pembangun dalam biomolekul sel
  4. Sarana dalam membangun protein, asam nukleat, lipida, polisakarida, dan komponen sel lain untuk pertumbuhan makhluk hidup.

Demikianlah artikel tentang pengertian metabolisme dan fungsi metabolisme serta proses metabolisme dalam tubuh manusia. Tetap belajar karena belajar itu mudah.

Keyword:

  • gabungan dua enzim yang menyebabkan enzim menjadi aktif disebut,
  • ciri ciri enzim sebagai biokatalisator
  • makalah metabolisme lemak,
  • enzim yang berperan dalam proses metabolisme
  • pernyataan berikut yang bukan merupakan teori abiogenesis adalah
  • jelaskan mekanisme kerja enzim
  • perbedaan respirasi aerob dan anaerob,
  • komponen enzim dalam metabolisme,
  • masa kehamilan adalah,
  • makalah metabolisme karbohidrat,
  • keterkaitan metabolisme karbohidrat lemak dan protein,
  • jelaskan sifat sifat enzim,
  • sebutkan susunan ginjal dari luar ke dalam,
  • contoh metabolisme
  • fungsi metabolisme
  • pengertian katabolisme
  • apa yang dihasilkan pada proses metabolisme
  • materi metabolisme
  • macam macam metabolisme
  • pengertian anabolisme
  • tujuan metabolisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here