Pengertian Momentum dan Pengertian Impuls

0
46

Pengertian Momentum dan Impuls | Artikel kali ini akan menjawab beberapa pertanyaan kalian tentang momentum dan impuls. Mulai dari pengertian momentum dan pengertian impuls serta rumus momentum dan rumus impuls dan juga contoh contoh soal dan penyelesaian soal soal momentum dan impuls.

Kita mulai dari momentum.

Pengertian Momentum

Apa itu momentum? Kita sering mendengar istilah momentum dalam olahraga, dalam politik serta dalam ilmu fisika. Kali ini kita akan lebih spesifik ke pengertian momentum dalam ilmu fisika.

Definisi Momentum kecenderungan benda yang bergerak untuk melanjutkan gerakannya pada kecepatan yang konstan (tetap).

Berdasarkan rumus momentum, pengertian momentum adalah besar untuk mengukur (measurements) untuk massa yang bergerak (mass in motion). Momentum menggunakan simbol p.

Rumus Momentum

Momentum adalah besaran turunan yang merupakan besaran vektor yang searah dengan kecepatan benda.

p = m.v
p = momentum (kg.m/s), m = massa benda, dan v = kecepatan (m/s).

 

Kalian bisa lihat dari rumus momentum diatas bahwa sebuah benda dikatakan memiliki momentum apabila memiliki dua syarat yaitu memiliki massa dan juga memiliki kecepatan. Artinya semua benda yang memiliki massa ketika diberi daya sehingga memiliki percepatan yang mengakibatkan adanya kecepatan, akan memiliki momentum.

Pertanyaan pertama : Apakah cahaya memiliki momentum? Jawabannya tidak, cahaya tidak bermassa. Bila cahaya memiliki momentum, sekiranya kita tidak akan mampu terkena cahaya.

Untuk contoh soal momentum, akan saya berikan diakhir artikel.

-Baca Juga-

pengertian Momentum benda dan impuls benda
Momentum benda dan impuls benda

Pengertian Impuls Benda

Pengertian impuls yang kita gunakan disini adalah impuls dalam ilmu fisika.

Definisi Impuls adalah besaran yang digunakan untuk mengetahui besarnya gaya yang diberikan atau pada benda tersebut dalam periode waktu tertentu.

Pengertian impuls benda berdasarkan rumus impuls adalah hasil kali antara gaya dengan selang waktu gaya itu berkerja pada benda tersebut.

Hampir sama dengan momentum, Impuls juga merupakan besaran vektor yang memiliki arah yang sama dengan arah gaya. Impuls menggunakan simbol I

Rumus Impuls

Kita bisa menghitung Impuls suatu benda menggunakan rumus impuls dibawah ini:

I = F (t2 – t1)

I = besar impuls (Ns)

F = gaya yang bekerja pada benda (N),

(t2-t1) = selang waktu (s).

Contoh Soal Momentum dan Impuls

Agar lebih mudah memahami dan mengingat pengertian momentum dan pengertian impuls serta rumus momentum dan impuls, mari kita mengerjakan beberapa soal momentum dan impuls dibawah ini.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here