Pengertian, Penyebab, Dampak Globalisasi

0
127

Globalisasi: Ringkasan

Pengertian, Penyebab, dan Dampak Globalisasi. Globalisasi berasal dari kata “globe” yang berarti dunia (globally). Secara sederhana, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses yang mendunia.

Definisi dan pengertian globalisasi adalah masuknya sera meluasnya pengaruh dari suatu wilayah ataupun negara ataupun budaya ke negara atau wilayah lain. Proses globalisasi mengandung arti bahwa hal tersebut merupakan sebuah aktivitas yang sebelumnya tidak mampu ataupun terbatas jangkauannya secara nasional, akan tetapi secara bertahap (gradually) meluas sehingga tidak dibatasi oleh negara ataupun wilayah tersebut lagi.

Sehingga bila disimpulkan dari semua pengertian dan definisi globalisasi yang ada diluar sana, berarti bahwa globalisasi adalah proses penyebaran pengaruh pengaruh yang ada pada negara negara di dunia.

Penyebab Terjadinya Globalisasi

Dari pengertian globalisasi diatas, kita dapat mengetahui sudah dapat mengetahui apa penyebab terjadinya globalisasi. Yah, itu adalah kemajuan teknologi.

Kemajuan teknologi adalah sebab utama dari terjadinya globalisasi. Dibutuhkan pengantar agar terjadinya globalisasi yang sebelumnya kebudayaan, pengaruh dan pemikiran tersebut dibatasi oleh wilayah kehidupan sektorial.

Kemajuan teknologi yang menjadi penyebab pertama globalisasi adalah teknologi transportasi. Setelah itu teknologi komunikasi.

Pada awalnya manusia yang dengan pengaruh dan pemikiran serta budaya dari negara atau wilayahnya berpindah ke wilayah lain dan menyebarkan pemikiran dan kebudayaannya kepada manusia manusia lain di negara negara lain.

Semakin berkembangnya teknologi, khususnya teknologi komunikasi, maka tidak lagi dibutuhkan manusia yang berpindah, sekarang ini hanya membutuhkan informasi yang berpindah. Contoh langsung dari hal tersebut adalah youtube, facebook, google, TV, Radio dan banyak lagi (tidak termasuk tik tok <aplikasigoblok>.

Generasi TIK TOK (dampak buruk globalisasi)
Generasi TIK TOK (dampak buruk globalisasi)

Faktor-faktor penyebab globalisasi adalah:

  • Adanya kemajuan (breakthrough) di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjamin kemudahan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
  • Adanya kemajuan (breakthrough) ilmu pengetahuan di bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan transfer barang dan jasa antarnegara.
  • Adanya kemajuan (breakthrough) kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.

Dampak Globalisasi

Kalian pasti sudah tahu bukan bahwa kenapa globalisasi sering dibahas dalam pelajaran PKN ataupun ilmu SOSIAL lainnya. Ya benar, karena globalisasi memiliki dampak. Dampak globalisasi ada dua jenis yaitu dampak negatif dan dampak positif.

-Baca Juga-

Dampak Positif Globalisasi

  • Speed up work and task: Globalisasi mempercepat hampir semua hal dalam segi hidup kita. Dampak positif globalisasi ini membawa pengaruh nyata pada berbagai¬† sisi kehidupan manusia dan lingkungannya. Contohnya adalah pertanian seperti padi, mulai dari bibit yang lebih cepat panen, pengerjaan sawah yang lebih cepat, pemanenan yang lebih hemat energi manusia dan lebih cepat juga. Contoh lainnya, seperti memasak kopi ataupun masakan yang sebelumnya menggunakan kayu bakar (apinya agak kecil), kemudian berganti ke minyak tanah lalu ke gas elpiji (semoga tidak naik terus harganya). Begitupun dengan mencari tugas, awalnya kita harus cari buku di perpustakaan atau membelinya, sekarang kita bisa cari di google ataupun mengunjungi website www.learniseasy.com

    Mesin Pertanian Super (Dampak Positif Globalisasi)
    Mesin Pertanian Super (Dampak Positif Globalisasi)
  • Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi: Globalisasi membawa penyetaraan kecepatan perkembangan teknologi di wilayah maju ke wilayah yang masih berkembang. Contoh, Indonesia dan Amerika Serikat. Indonesia banyak belajar dari teknologi komunikasi Amerika Serikat yang sekarang ini terus berkembang. Seperti teknologi web, teknologi seluler, teknologi software sekaligus hardware komunikasi.
  • Pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah: Dengan adanya globalisasi, suatu negara yang tidak memiliki kapasitas untuk mengolah sumber daya alamnya dengan teknologi yang dia miliki dapat diatasi. Caranya mudah dan banyak terjadi di Bumi saat ini. Ambil contoh Freeport di PAPUA. Teknologi Indonesia saat ini belum mampu untuk mengolah gunung emas di PAPUA dengan efisien dan efektif, sehingga mereka memberikan kontrak kepada negara luar yang memiliki teknologi lebih maju dan SDM yang lebih elit untuk mengolah daerah kita. Tentu saja dengan pembagian hasil yang tidak merugikan.

Sedangkan, dampak negatif globalisasi antara lain sebagai berikut:

  • Berkurangnya tenaga kerja yang bergerak di sektor pertanian: Banyak industri modern berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang sangat banyak sehingga masyarakat yang awalnya berkerja sebagai petani beralih pekerjaan menjadi buruh pabrik.
  • Perubahan dari kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis: Perubahan ini terjadi karena kesibukan masyarakat yang sudah bersifat materialistis dan melupakan kehidupan sosialnya. Gejala ini sudah mulai terjadi di daerah perkotaan yang merupakan pusat dari perkembangan teknologi. Dengan jadwal pekerjaan yang padat, masyarakat perkotaan cenderung jarang berinteraksi dengan tetangganya.
  • Jiwa individualis yang doyan main mobile legend dan sosial media seperti Instagram, Facebook dan lainnya

    Masuknya pola hidup budaya barat: Pesatnya teknologi informasi dan transportasi mempercepat terjadinya pertukaran budaya antar negara. Masuknya budaya barat yang banyak ketidakcocokan dengan budaya timur.

  • Tersebarnya film film dewasa yang tidak senonoh kita nonton di Indonesia ini
  • Munculnya generasi generasi “KIDS JAMAN NOW” yang sekarang ini kita amati
  • Munculnya generasi TIK TOK
  • Munculnya generasi K POP
  • Munculnya generasi PUNK

Saya rasa cukup dulu untuk kali ini artikel tentang pengertian globalisasi, penyebab globalisasi dan dampak positif globalisasi serta dampak negatif globalisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here