ADS BY GOOGLE

Perbedaan Lembah Jurang & Ngarai Beserta Penjelasan Lengkap

0
142
perbedaan lembah jurang dan ngarai
perbedaan lembah jurang dan ngarai

Artikel kali ini akan menjawab tentang pertanyaan seputar perbedaan lembah, jurang dan ngarai yang dapat kita temui pada permukaan bumi kita.

Sebelumnya kalian sudah tahu tentang perbedaan gunung dan bukit bukan? kalau belum silahkan baca artikel dibawah ini tentang perbedaan gunung dan bukit.

Perbedaan gunung dan bukit

Perlu adik adik ketahui bahwa pada permukaan bumi kita, selain gunung dan bukit, terdapat struktur atau bentuk lain dari dataran kita. Bentuk itu kita sebut lembah, jurang dan ngarai.

Pengertian Lembah Jurang dan Ngarai

Ketiganya adalah istilah yang biasa kita pakai dan sering dituliskan dalam peta untuk menjelaskan keadaan tempat tersebut.

Pengertian Lembah

Kapan kata lembah digunakan untuk menggambarkan permukaan bumi? Pengertian lembah adalah daerah kaki gunung atau bukit yang luas.

Jadi bila kita katakan pada peta sebagai lembah, artinya hal tersebut adalah bagian dari gunung tersebut, tepatnya kakinya. Lembah seperti lembah Kuyawagi di Papua dan Lembah Karmel di Jawa Barat.

Pengertian Jurang

Lembah adalah kata yang umum, sedangkan jurang adalah kata yang spesifik. Pengertian jurang adalah lembah yang dalam, sempit dan mempunyai dinding curam (kebawah).

Jadi memang wajar, kalau dalam film film ataupun novel disebut kalimat “jatuh ke jurang” karena memang jurang itu lembah yang dalam kebawah. Itu karena sedang berada di kaki gunung pada ketinggian tertentu dari dasar gunung.

Pengertian Ngarai

perbedaan lembah jurang dan ngarai
perbedaan lembah jurang dan ngarai

Berbeda dengan jurang yang sempit, ngarai itu tidak sempit, tetapi tetap dalam. Jadi ngarai dapat dikatakan seperti diapit oleh dua tebing yang curam. Kalian dapat menjumpai ngarai di Sumatera Barat yaitu Ngarai Sianok dan juga di Jawa tengah yaitu Ngarai Kalipanur.

Perbedaan Lembah Jurang Ngarai

Berdasarkan pengertian diatas, sepertinya sudah jelas perbedaan ketiganya. Lembah bersifat umum, sedangkan jurang dan ngarai lebih spesifik.

Jurang berbeda dengan ngarai karena jurang itu sempit sedangkan ngarai tidaklah sempit. Sedangkan bila kita menamakan daerah itu adalah lembah, maka itu bukanlah jurang ataupun ngarai, melainkan dataran yang cukup aman di kaki gunung.

Itu karena bila itu curam dan sempit maka seharusnya dinamakan jurang, dan bila itu curam dan luas, seharusnya dinamakan ngarai.

Mengetahui perbedaan ketiganya akan sangat berguna bagi kalian yang sering hiking ataupun climbing di gunung gunung. Ketika melihat peta atau memperoleh informasi dari penduduk setempat, kalian bisa lebih berhati hati dalam berpetualang.

Demikianlah artikel singkat tentang perbedaan lembah jurang dan ngarai. Semoga bermanfaat bagi kalian, tetap belajar karena belajar itu mudah. Learn Is Easy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here