Pengertian Proklamasi Kemerdekaan

0
596
Kembali lagi dengan belajar itu mudah! Kali ini kita akan menjawab pertanyaan Apa pengertian proklamasi atau apa yang dimaksud dengan proklamasi?

Proklamasi

Proklamasi tinjauan bahasa atau Etimology

Kalian pernah dengar kata proklamasi belum? Kalau belum artinya kamu bukan orang Indonesia deh. Proklamasi secara bahasa berasal dari kata latin “Proclamare” yang berarti “shout out” atau berteriak atau meneriakkan.

Kata “Proclamare” kemudian berubah menjadi “Proclamatio” lalu menjadi Proclamation (Bahasa Inggris). Kata dasarnya yaitu proclaim dan claim atau pengakuan.

Menurut Kamus Etymology dunia, Proklamasi atau proklamation berarti “Act of making Public” artinya tindakan memberitahukan khalayak ramai.

Arti kata proklamasi berdasarkan etimology

Proklamasi Indonesia

Lalu bagaimana dengan proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Berdasarkan pengertian secara bahasa diatas tentang arti kata Proklamasi, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian proklamasi kemederkaan adalah

Pengumuman kepada seluruh rakyat maupun negara lain bahwa negara ini sudah merdeka dan menjadi negara sendiri

Dengan dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 (yang sebelumnya sempat mau ditunda beberapa hari dulu oleh Sukarno akan tetapi didesak oleh kaum muda untuk dipercepat) memberikan hadiah terbesar bagi rakyat Indonesia dan pukulan telak bagi para negara penjajah diluar sana.

Naskah Proklamasi Asli Pada Saat Itu (17 Agustus 1945) yang dibaca oleh Sukarno
Naskah Proklamasi Asli Pada Saat Itu (17 Agustus 1945) yang dibaca oleh Sukarno
Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang dibacakan oleh Sukarno (pada saat itu belum ada presiden) dan ditandatangani oleh Sukarno dan Moh. Hatta menjadi bukti dan langkah awal dari lahirnya Negara Indonesia dari rahim para pejuang pejuang dan pahlawan yang memperjuangkan kemerdekan Indonesia.
Akan tetapi kalian jangan salah sangka dulu, Walaupun kenyataan nya kita sudah proklamasi kemerdekaan paad tanggal 17 Agustus 1945 (17 Agustus 2605 kalau menurut penanggalan Jepang pada saat itu), kita masih belum merdeka sepenuhnya pada saat itu dari tanggapan negara negara penjajah. Masih banyak perjuangan yang terjadi setelahnya.

Oleh karena itu, hargailah hari 17 Agustus 1945, sebagai hari kelahiran Negara Republik Indonesia dan proklamasi kemerdekaan Kita yang selama ini tercerai berai atas nama kerajaan dan suku yang kemudian beberapa ratus tahun dijajah oleh Belanda dan sekian tahun oleh Jepang.

-Baca Juga-

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik pada Uang 100 Ribu Rupiah
Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia otentik pada Uang 100 Ribu Rupiah

Maksud Proklamasi : Sebuah Kesimpulan

Pada umumnya proklamasi kemerdekaan bagi suatu bangsa dimaksudkan untuk:
  1. Melepaskan diri (freedom) dari belenggu penjajahan bangsa lain;
  2. Dapat hidup sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dunia internasional;
  3. Mencapai tujuan nasional bangsa.
Proklamasi Kemerdekaan dan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945
Proklamasi Kemerdekaan dan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945

Demikianlah artikel tentang pengertian proklamasi kemerdekaan, Tetap belajar karena belajar itu mudah.learniseasy.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here