ADS BY GOOGLE

Pengertian Protista Adalah: Pembagian, Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi

0
53
protista klasifikasi pengelompokan pengertian
protista klasifikasi pengelompokan pengertian

Selamat pagi para pelajar yang lagi semangat belajar. Pada pertemuan kali ini, kita akan belajar bersama tentang Protista dan apa apa saja yang ada dalam materi Protista SMA kelas X.

Item item yang akan kita pelajari yaitu: Pengertian protista, sejarah dan pengetahuan umum seputar protista. Terakhir kita akan belajar tentang tiga golongan protista. Mari kita mulai.

A. Pengertian Protista

Apa itu protista? Apa definisi dan organisme yang bagaimana yang disebut Protista. Protista diduga berasal dari Acritarch atau makhluk yang membingungkan yang hidup di zaman beberapa miliar tahun silam.

Protista sendiri berdasarkan penelitian yang ada diduga merupakan organisme eukariotik tertua dan yang pertama ada di muka Bumi.

Tentu saja bila menarik dari teori Evolusi, artinya suatu organisme prokariotik berevolusi menjadi protista atau organisme eukariotik pertama.

Lalu apa itu protista?

Pengertian protista adalah semua organisme eukariotik yang uniseluler ataupun multiseluler yang dapat menyerupai hewan, tumbuhan ataupun jamur dengan bentuk dan fungsi yang lebih sederhana.

Sederhana bagaimana?

Nanti saya jelaskan lebih jauh pada pembagian kelompok protista.

Cara Hidup Prostista:Pengantar

Telah ditemukan lebih dari 600.000 spesies Protista. Sebagian besar uniseluler, namun tidak sedikit juga diantara mereka yang mampu membentuk berkoloni dan multiseluler.

Terdapat variasi dalam metabolisme Protista. Ada Protista yang aerobik dan memiliki mitokondria sebagai alat respirasinya,dan ada pula yang tidak membutuhkan oksigen atau anaerobik.

Dari seluruh spesies Protista tersebut ada yang fotoautotrof karena memiliki kloroplas. Ada pula yang hidup secara heterotrof dengan cara menyerap molekul organ atau memakan organisme lainnya.

Mayoritas anggota protista mempunyai alat gerak berupa flagela atau silia (rambut getar). Dengan menggunakan salah satunya, protista khususnya protoza mampu bergerak (motil). Namun ada pula yang tidak mempunyai alat gerak.

Protista mudah ditemukan karena hidup di berbagai habitat yang mengandung air. Ada Protista yang hidup bebas di tanah, sampah, tumpukan dedaunan, air tawar, air laut, endapan lumpur, pasir, maupun di batu.

Namun, ada pula yang hidup bersimbiosis di dalam tubuh organisme lain secara parasit atau mutualisme. Protista merupakan organisme penyusun plankton (Yunani, planktos = mengembara yaitu organisme mikroskopis yang mengapung secara pasif atau berenang secara lemah di permukaan air.

Plankton yang bersifat fotoautotrof disebut fitoplakton, sedangkan yang heterotrof disebut zooplankton.

Berdasarkan kemiripan ciri-cirinya dengan organisme lain dan cara memperoleh makanan sebagai sumber energi, Protista dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu:

  1. Protista mirip hewan (Protozoa)
  2. Protista mirip tumbuhan (Ganggang/Alga), dan
  3. Protista mirip jamur

Pembagian Kelompok Protista

Diatas sudah saya sebutkan ada tiga kelompok utama Protista berdasarkan kemiripan dan ciri cirinya dengan organisme diatas tingkatnya yaitu hewan, tumbuhan, dan jamur.

Mari kita pelajari tiap tiap kelompok Protista ini.

Protista mirip Hewan

Protista mirip hewan dinamakan PROTOZOA. Pengertian Protozoa adalah protista hetetrof yang mendapatkan makanan dari organisme lain dengan cara “menelan” atau memasukkan makanan ke dalam tubuhnya.

Protista mirip hewan ini mayoritas dan semua spesies anggotanya dikenal uniseluler atau bersel satu.

Protozoa selanjutnya terbagi atas beberapa kelompok yaitu:

  1. Mastigophora (Protista berbulu cambuk),
  2. Sarcodina (Protista berkaki semu),
  3. Ciliophora (Protista bersilia), dan
  4. Sporozoa (Protista berspora)

Keempat jenis kelompok protista mirip hewan diatas akan kita pelajari dalam artikel lebih rinci yaitu PROTOZOA: Protista mirip Hewan.

Protista Mirip Tumbuhan

Protista mirip tumbuhan (alga atau ganggang), adalah protista fotoautotrof yang dapat membuat makanannya sendin dengan cara fotosintesis.

Alga (protista mirip tumbuhan) terbagi lagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

  1. Euglenophyta (.Euglena),
  2. Chrysophyta (alga keemasan),
  3. Pyrrophyta (alga api),
  4. Chlorophyta (alga hijau),
  5. Phaeophyta (alga cokelat), dan Rhodophyta (alga merah).

Keempat jenis Protista mirip tumbuhan diatas saya akan jelaskan secara terpisah dalam artikel tersendiri.

Protista Mirip Jamur

Protista mirip jamur (jamur Protista), adalah protista heterotrof yang memperoleh makanan dari organisme lain dengan cara menguraikan atau menelan (fagositosis) makanan.

Jamur Protista selanjutnya dapat dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu jamur lendir dan jamur air. Selanjutnya jamur lendir sendiri terbagi menjadi jamur lendir plasmodial (Myxomycota) dan jamur lendir seluler.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Protista dan Pembagian Kelompok Protista serta ciri ciri dan karakteristiknya.

Semoga artikel ini dapat berguna bagi kalian. Tetap semangat belajar, karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here