Apa Pengertian Simbiosis Parasitisme dan Jenis Parasit

0
271

Apa Itu Pengertian Simbiosis Parasitisme

Kembali lagi dengan learniseasy.com, kali ini kita akan belajar biologi tentang simbiosis parasitisme. Kalian pasti sudah pernah dengar kata parasit. Nah dalam hubungan biologis makhluk hidup atau simbiosis dikenal istilah parasitisme atau bersifat parasit.

Apa pengertian simbiosis parasitisme? Nah, sederhananya, pengertian simbiosis parasitisme adalah bentuk hubungan antar dua pihak makhluk hidup yang hanya menguntungkan satu pihak saja.

Sebelum terlalu jauh membahas simbiosis parasitisme, kalian harus tahu istilah inang atau hospes dan parasit. Inang adalah korban atau makhluk hidup yang dirugikan sedangkan parasit adalah pihak makhluk hidup yang mengambil untung dari inang.

Perbedaan Predasi dan Parasitisme

Nah, kalian pasti bertanya, Apa bedanya Parasitisme dan predasi. Bila kita melihat dari sisi yang sempit, predasi dan parasitisme merupakan dua hal yang hampir sama, yaitu menguntungkan satu pihak dan merugikan satu pihak. Akan tetapi, perbedaan parasitisme dan predasi sebenarnya terletak dalam mekanisme simbiosis yang terjadi.

Predasi pada pengertiannya adalah hubungan antara pemangsa dan mangsa yang erat hubungannya sedangkan parasitisme adalah hubungan antara dua organisme makhluk hidup yang mencuri makanan ataupun sumber energi dari inangnya.

Selain itu perbedaan predasi dan parasitisme adalah prosesnya. Predasi dilakukan dengan makan atau mengonsumsi organisme tersebut baik keseluruhan maupun sebagian. Sedangkan parasitisme dengan menurunkan produktivitas organisme yang menjadi inang atau hospes. Masalah mati dan tidak mati, predasi dan parasitisme dapat menyebabkan kematian pada makhluk hidup tersebut.

Kembali ke Pengertian Parasitisme

Kalian sudah pasti paham bukan apa pengertian simbiosis parasitisme. Untuk lebih mudahnya saya kasi istilah pencuri. Yah,

Parasitisme = Pencurian

Jadi, dalam simbiosis makhlukh hidup, parasitisme dapat kita anggap sebagai perilaku mencuri dari parasit terhadap inangnya.

Inang atau tempat parasit hinggap, akan menurun produktivitas dan kualitas hidupnya karena parasit mengambil juga substansi yang dibutuhkan inang untuk proses biologisnya. Bahkan parasit dapat menyebabkan kematian, dan faktanya memang seperti itu.

Gambar dibawah ini adalah hubungan antara spesies A dan  B tentang simbiosis. Anda dapat membandingkan tiap simbiosis yang ada dengan gambar dibawah ini

Diagram Hubungan Simbiosis
Diagram Hubungan Simbiosis

Jenis Jenis Parasit

Kalian sudah tahu bukan apa itu pengertian simbiosis parasitisme, Kali ini kita akan sedikit lebih jauh belajar tentang simbiosis parasitisme dengan mengetahui jenis jenis parasit.

Parasit secara garis besar terbagi atas dua pembagian yaitu:

  1. Jenis Parasit berdasarkan cara mendapatkan makanan
  2. Jenis parasit berdasarkan ketergantungannya terhadap Hospes atau Inang
  3. Jenis Parasit Berdasarkan Lokasi melekatnya

Mari kita bahas satu persatu jenis jenis parasit diatas.

Jenis Parasit berdasarkan Cara Mendapatkan Makanan

Ada dua jenis parasit berdasarkan cara mendapatkannya makanannya yaitu parasit sejati dan semi-parasit.

Parasit Sejati

Pengertian parasit sejati adalah parasit yang mengharuskan untuk mengambil sumber energi dan makanan dari inang sepenuhnya untuk kebutuhan dan kelangsungan hidupnya. Keadaan parasit sejati ini membuatnya menjadi tidak dapat hidup dilingkungan tanpa adanya inang.

-Baca Juga-

Contoh parasit sejati seperti Tumbuhan tali putri Cuscuta filiformis yang tidak mengandung klorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis, hal ini membuatnya harus mengambil makanan dari tumbuhan lain untuk memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang.

Hampir semua virus bersifat parasit sejati dan semuanya  tentu saja merupakan parasit obligat.

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Berdasarkan cara mendapatkan makanannya dikenal ada dua jenis parasit, yaitu:

Semi – Parasit / Parasit Sementara

Pengertian semi parasit adalah parasit yang dapat hidup tanpa adanya inang dikarenakan memiliki mekanisme untuk memproduksi makanan dan energi. Walaupun begitu, untuk tumbuh optimal membutuhkan adanya inang atau hospes.

Contoh makhlukh hidup semi parasit adalah Benalu Loranthus sp. dan paku picisan Drymoglossum heterophylla.

Jenis Parasit Berdasarkan Tingkat Ketergantungannya

Berdasarkan ketergantungannya terhadap hospes, terbagi atas dua jenis yaitu parasit obligat dan parasit fakultatif.

Parasit Obligat

Pengertian parasit obligat adalah parasit yang membutuhkan inang yang sesuai untuk menyelesaikan siklus hidupnya dan tanpa adanya inang, tidak mampu untuk menyelesaikan siklus hidupnya.

Parasit obligat banyak kita temui pada hewan, seperti nyamuk, rayap, dan banyak organisme lainnya. Spesies serangga seperti Vespula austriaca.

Contoh hewan parasit
Vespula Austriaca. Picture by Magne Flaten

Banyak yang salah paham masalah parasit sejati dan obligat. Kalian baca baik baik diatas dan semoga paham.

Taenia solium, cacing pita parasit pada Babi dan cacing parasit pada manusia
Taenia solium, cacing pita parasit pada Babi dan cacing parasit pada manusia

Parasit Fakultatif

Pengertian parasit fakultatif adalah parasit yang dapat menyelesaikan siklus hidupnya (termasuk reproduksi) tanpa adanya inang atau hospes. Jadi bila ada inang atau host parasit fakultatif akan berusaha melakukan simbiosis parasitisme, sedangkan bila tidak ada, parasit fakultatif tetap dapat berkembang biak.

Jenis Parasit Berdasarkan Letaknya

Ada dua jenis parasit berdasarkan letaknya yaitu ektoparasit dan endoparasit. Pengertian ektoparasit adalah parasit yang melekat pada permukaan tubuh inang atau hospes. Sedangkan pengertian endoparasit adalah parasit yang melekat pada bagian dalam tubuh inang atau hospes.

 

Orang juga mencari:

  • pengertian simbiosis parasitisme dan contohnya
  • pengertian simbiosis komensalisme
  • pengertian simbiosis mutualisme
  • pengertian parasitisme
  • contoh simbiosis parasitisme dan komensalisme
  • contoh simbiosis parasitisme di lingkungan sekitar
  • gambar simbiosis parasitisme
  • contoh simbiosis mutualisme
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here