ADS BY GOOGLE

Pengertian Sumber Energi adalah : Macam Sumber Energi & Kegunaan

0
164
pengertian sumber energi macam jenis dan kegunaannya dalam sehari hari
pengertian sumber energi macam jenis dan kegunaannya dalam sehari hari

Selamat pagi semua pembaca yang ingin belajar. Kali ini kita akan belajar tentang berbagai macam sumber energi dan kegunaannya dalam kehidupan kita.

Pengertian Sumber Energi

Pengertian sumber energi adalah asal atau tempat pengambilan energi untuk diubah menjadi energi lain.

Sumber energi ini tidak boleh disalah artikan sebagai origin atau sebagai awal mulanya energi. Dikatakan sumber energi karena manusia menggunakan hal tersebut untuk diubah atau dikonversi ke bentuk energi lain.

Macam Sumber Energi

Ada begitu banyak sumber energi, khususnya di era abad ke 20 dimana manusia telah menemukan banyak alat dan mesin untuk menghasilkan energi dan mengolah energi.

Berikut beberapa sumber energi yang sering digunakan oleh manusia dalam segala aktivitasnya.

  1. Air
  2. Angin
  3. Makanan Minuman
  4. Kayu bakar
  5. Listrik
  6. Matahari
  7. Nuklir
  8. Panas bumi
  9. Bahan Bakar

Air

Air adalah sumber energi dan juga sekaligus sebagai minuman bagi manusia dan hewan hewan lainnya. Selain itu, air juga kita gunakan untuk mandi, mencuci, mengolah makanan seperti memasak dan metode lainnya.

Kegunaan Air

Air sebagai sumber energi kita gunakan dalam berbagai cara yaitu:

  1. Air dalam bentuk aliran air untuk mendorong kincir air dan menghasilkan energi listrik
  2. Air dalam bentuk gerakan ombak kita gunakan untuk mendorong kincir di lautan untuk menghasilkan listrik
  3. Air pada air terjun digunakan untuk menggerakan turbin untuk menghasilkan energi listrik
  4. Air juga dapat digunakan untuk diubah menjadi uap panas untuk mendorong turbin pada PLTU (pembangkit listrik tenaga Uap)
Sumber energi air pada kincir air untuk menghasilkan listrik
Sumber energi air pada kincir air untuk menghasilkan listrik

Angin

Angin, adalah sumber dari energi gerak. Kita ketahui bahwa angin adalah udara yang bergerak.

Energi gerak yang terkandung dalam angin dapat kita gunakan untuk menghasilkan energi lain.

Jenis jenis energi: energi gerak angin
Jenis jenis energi: energi gerak angin

Kegunaan Angin

Kegunaan sumber energi angin bagi manusia khususnya untuk menghasilkan energi lain adalah:

  1. Angin untuk mendorong kincir angin untuk mengolah hasil pertanian seperti di Belanda
  2. Angin untuk mendorong Turbin untuk menghasilkan energi listrik karena adanya generator yang berputar
  3. Angin juga dapat digunakan untuk mendorong turbin yang ada pada pembangkit listrik energi ombak akibat adanya pengaruh perbedaan tekanan.

Makanan dan Minuman

Salah satu ciri makhluk hidup adalah membutuhkan makanan dan atau minuman sebagai sumber energinya. Semuanya termasuk manusia membutuhkan makanan dan atau minuman sebagai sumber nutrisi untuk menghasilkan energi.

Dalam ilmu sains, makanan yang dijadikan sebagai sumber energi utama dalam proses metabolisme kita adalah glukosa atau gula. Nasi adalah bentuk karbohidrat padat, sedangkan glukosa atau gula adalah bentuk karbohidrat sederhana. Dapat kita katakan bahwa nasi adalah bentuk padat dan kompleks dari gula.

Dengan adanya energi dari gula yang kita konsumsi, kita dapat bergerak dan berpikir. Energi yang muncul dari pencernaan makanan mulai dari karbohidrat, lemak dan protein akan menjadi bahan bakar penggerak bagi kita dan makhluk hidup lainnya serta energi untuk sel sel kita.

Bahan Bakar

Bahan bakar, sama halnya dengan makanan adalah sumber energi kimia. Bahan bakar sudah menjadi sangat umum dikalangan masyarakat. Kita semua menggunakannya.

Bahan bakar mulai dari minyak tanah, lilin, bensin, solar, pertalite, pertamax, dan alkohol adalah sumber energi untuk kita bakar dan menghasilkan energi panas.

Dengan adanya energi panas tersebut, mesin dapat berputar, kompor akan menyala dan kita dapat memasak serta menggoreng. Semua aktivitas manusia menjadi terbantu dengan adanya bahan bakar.

Transportasi kita juga banyak menggunakan bahan bakar bensin dan solar. Mobil dan motor membutuhkan bensin untuk mampu berjalan. Tanpa bensin, mesin akan mati dan kendaraan kita akan mogok dan mati.

Bahan bakar juga menjadi sumber cahaya bagi kita, contohnya pada lilin dan lampu minyak yang kita bakar.

Sumber energi kimia dalam bahan bakar
Energi kimia dalam Bensin dan bahan bakar lainnya

Kayu Bakar

Kayu bakar juga merupakan sumber energi kimia bagi manusia. Dengan adanya kayu bakar, kita dapat membakarnya dan mengubah energi kimia yang ada dalam kayu bakar menjadi energi panas.

Energi panas tersebutlah yang kita gunakan untuk berbagai keperluan manusia. Contohnya ketika kita ingin menghangatkan tubuh di hutan menggunakan kayu bakar. Membakar ikan dan memasak menggunakan kayu bakar.

Kayu bakar sebagai energi kimia
Sumber energi kayu bakar

Listrik

Listrik adalah sumber energi yang paling sering kita gunakan dan kita manfaatkan. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kebutuhan kita terhadap listrik semakin bertambah.

Hampir semua peralatan (device) yang manusia gunakan sudah menggunakan listrik sebagai tenaga untuk mengaktifkan dan menggerakkannya.

Apalagi sekarang telah ditemukan beterai serta aki yang mampu menampung energi listrik dalam jumlah besar untuk digunakan dikemudian waktu ataupun pada peralatan peralatan kita yang tidak tercharge seperti smartphone ataupun kamera dan lainnya.

Listrik sendiri adalah energi yang dihasilkan karena adanya pergerakan pada medan magnetik dalam generator/dinamo. Pergerakan atau perputaran itu dapat dihasilkan dari energi lain seperti energi gerak yang muncul dari angin ataupun arus air.

Matahari

Matahari adalah sumber energi yang sangat murah dan sangat berperan penting dalam kehidupan seluruh makhluk yang ada di bumi ini.

Kegunaan matahari sebagai sumber energi adalah mampu menghasilkan energi listrik menggunakan panel surya dan kemudian listrik yang dihasilkan dapat disimpan kedalam aki atau beterai.

Dengan menggunakan metode panel surya, rumah rumah di Indonesia dapat menggunakan listrik PLN ketika siang, dan menggunakan listrik panel surya yang telah disimpan di dalam beterai ketika malam. Dengan begitu, biaya listrik dan beban negara akan berkurang.

Jenis energi cahaya dan kegunaan energi cahaya
Jenis energi cahaya dan kegunaan energi cahaya

Nuklir

Nuklir adalah energi yang terkandung dalam material akibat pemecahan atau penggabungan atom atom. Benar, ini sama saja dengan energi kimia.

Nuklir adalah sumber energi yang sangat efisien dengan satu kelemahan, yaitu berbahaya ketika tidak ditangani oleh ahlinya.

Energi nuklir yang dimaksud adalah atom atom yang menghasilkan radiasi berbahaya bagi makhluk hidup. Radiasi tersebut dapat menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk memanaskan uap air pada pembangkit listrik tenaga nuklir.

Sumber energi Nuklir
Sumber energi Nuklir

Panas Bumi

Panas bumi merupakan salah satu sumber energi yang mempunyai banyak kegunaan. Salah satunya adalah dengan membuat pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Panas bumi adalah panas yang dihasilkan oleh lempeng lempeng bumi yang berdekatan dengan aliran lava yang ada dalam perut bumi. Panas bumi umumnya diperoleh di dekat gunung berapi atau di dasar lautan yang ada gunung berapi bawah air atau lempeng aktif yang terbuka.

Energi panas dari panas bumi akan digunakan untuk memanaskan uap air pada pembangkit listrik tenaga uap yang akan memutar turbin dan menghasilkan listrik.

Demikianlah artikel tentang macam macam sumber energi dan kegunaannya dalam kehidupan sehari hari. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Learniseasy.com

Mengapa kincir air dapat berputar setelah diletakkan di bawah air terjun?

Hal itu terjadi karena badan air yang terjatuh dari ketinggian air terjun tersebut akan mempunyai energi dan kecepatan yang cukup untuk menggerakan kincir air yang ukurannya cukup besar.

Mengapa kincir angin dapat berputar setelah ditiup angin?

Hal tersebut terjadi karena angin mengandung energi gerak. Dengan kecepatan angin yang tinggi, kincir angin akan mampu berputar dengan cepat juga dan kemudian menghasilkan listrik.

Mengapa kamu merasa lemas jika lapar

Ketika kita lapar, artinya energi kimia yang ada dalam tubuh kita sudah menipis. Lapar adalah rangsangan atau kode yang dikirim tubuh kita ke otak agar kita pergi makan. Ketika kita sudah makan, energi penuh dan kita mampu beraktivitas lagi.

Mengapa kompor tidak dapat menyala jika tidak diisi minyak tanah?

Minyak tanah adalah sumber energi bagi kompor tersebut. Minyak tanah adalah bahan bakar kompor. Sehingga bila minyak tanah habis, kompor tentu tidak akan dapat menghasilkan api.

Mengapa kayu bakar dapat digunakan untuk memasak?

Kayu bakar adalah salah satu bahan bakar dan sumber energi kimia untuk menghasilkan energi panas. Dengan membakar kayu bakar, kayu tersebut akan terbakar dan menghasilkan api yang dapat digunakan untuk memanaskan tungku ataupun peralatan masak kita yang lain.

Apa yang menyebabkan televisi dan bohlam dapat menyala?

Televisi dan bohlam dapat menyala akibat adanya energi listrik yang mengalir dari PLN ke rumah kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here