ADS BY GOOGLE

Penyebab Ikan dan Tumbuhan Di Dalam Danau Mati Bila Terjadi Blooming

0
164
kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati bila terjadi blooming
kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati bila terjadi blooming

Selamat pagi para pembaca, masih semangat belajar bukan. Kali ini kita akan belajar tentang alasan dibalik ikan dan tumbuhan dalam danau dapat mati bila terjadi blooming Cyanobacteria. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian dapat mengetahui sebab dan alasan matinya tumbuhan dan ikan dalam danau.

Berdasarkan tinjauan pustaka yang saya lakukan dari berbagai website dan situs pendidikan dan penelitian, saya menemukan beberapa alasan atau sebab ikan dan tumbuhan di dalam danau mati ketika terjadi blooming Cyanobacteria. Berikut alasannya

Daftar Isi Artikel

Toksin

Alasan utama matinya tumbuhan dan hewan khususnya ikan ketika terjadi blooming Cyanobacteria adalah adanya toksin dalam kadar yang cukup untuk membunuh organisme sekitar.

Toksin ini dalam jumlah sedikit sepertinya tidak ada masalah bagi hewan hewan sekitar. Namun, hal ini tentu akan sangat berbeda ketika terjadi blooming Cyanobacteria.

Ketika terjadi blooming, toksin tersebut akan bertambah kadarnya. Hal tersebut tentu saja akibat bertambah pesatnya pembelahan Cyanobacteria menghasilkan organisme baru.

Tentu saja, teman teman harus ketahui bahwa tidak semua Cyanobacteria menghasilkan toksin. Ada juga yang tidak menghasilkan walaupun terjadi blooming.

Bakteri Cyanobacteria penghasil toksin seperti Nodularia dan Mycrocystis sp. bahkan dikabarkan dapat membunuh hewan mamalia seperti kambing ataupun domba ketika meminum air yang mengandung toksin atau racun dalam kadar tinggi.

Kadar Oksigen

Alasan kedua atau sebab kedua yang dapat menyebabkan ikan ikan dan tumbuhan mati di danau yang mengalami blooming Cyanobacteria adalah terserapnya oksigen dalam jumlah besar.

Ketika terjadi blooming alga akibat hadirnya nutrisi pendukung dalam jumlah tinggi seperti nitrogen serta sulfur pada tubuh perairan danau, akan menyebabkan terjadinya pembelahan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Pembelahan dan pertumbuhan yang pesat ini akan menyerap kadar oksigen dalam air.

Kadar oksigen dalam air tersebut akan sangat rendah ketika blooming Cyanobacteria sudah sangat parah. Dengan menurunnya kadar oksigen atau oksigen level tersebut, tumbuhan dan ikan ikan tidak akan mampu bertahan lama di danau.

Cahaya

Alasan ketiga atau sebab ketiga kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati bila terjadi Blooming Cyanobacteria adalah penetrasi cahaya.

Pada saat blooming terjadi, permukaan air danau akan tertutupi oleh Cyanobacteria yang mengalami blooming tersebut. Kurangnya atau tidak adanya penetrasi cahaya, dapat menyebabkan tumbuhan tumbuhan dalam air tidak mampu mengalami fotosintesis.

Selain itu, plankton plankton produsen yang mampu berfotosintesis pun akan berkurang. Berkurangnya plankton dapat berujung kepada ikan yang kelaparan dan akhirnya mati.

Saya rasa ketiga alasan diatas sudah cukup untuk menjawab pertanyaan tentang kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati ketika terjadi blooming Cyanobacteria. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Apabila ada pertanyaan seputar ini ataupun materi lainnya tentang biologi. Silahkan isi pada kolom komentar. Tetap semangat belajar karena belajar itu mudah.

kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati bila terjadi blooming
kenapa ikan dan tumbuhan di dalam danau mati bila terjadi blooming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here