Perbedaan Reaksi Siklik dan Non Siklik Dalam Fotosintesis

0
1153

Selamat pagi pembaca budiman, kali ini kita akan pelajari dan bahas dengan singkat lugas dan langsung tentang perbedaan reaksi siklik dan reaksi non siklik dalam fotosintesis.

Reaksi Siklik dan nonsiklik adalah dua jenis reaksi yang terjadi dalam proses fotosintesis tepatnya pada reaksi terang fotosintesis.

Seperti yang kita telah pelajari pada artikel ini Proses Fotosintesis pada Tumbuhan dan Reaksi Fotosintesis, terdapat perbedaan yang nyata antara reaksi siklik dan non siklik pada fotosintesis tumbuhan. Apa saja perbedaan itu, Mari simak beberapa poin dibawah ini.

Perbedaan Reaksi Siklik dan Non Siklik

Saya akan coba jelaskan satu satu tiap perbedaan yang ada, dan mungkin isi dari perbedaan perbedaan yang kalian temukan ini jarang kalian baca ataupun temukan di buku buku pelajaran kalian. Tapi tenang saja, isi dari artikel ini dapat kalian pegang keilmiahannya.

Perbedaan 1: Fotosistem yang terpakai

Fotosistem yang terpakai dalam reaksi non siklik adalah  kedua fotosistem yang ada yaitu fotosistem II dan kemudian fotosistem I. Berbeda dengan reaksi siklik, fotosistem yang terpakai hanya fotosistem I yang memiliki molekul klorofil P700.

Perbedaan 2 : Produk Utama

Perbedaan reaksi siklik dan non siklik dalam fotosintesis yang lainnya adalah produk utama yang dhasilkan. Produk utama yang dihasilkan dalam reaksi non siklik adalah NADPH dan ATP.

Berbeda dengan reaksi siklik fotosintesis, hanya dihasilkan ATP sebagai hasil utama.

Perbedaan 3: Produk Buangan

Perbedaan reaksi siklik dan non siklik yang selanjutnya ialah hasil atau produk buangan. Pada reaksi non siklik, produk buangan yang dihasilkan adalah oksigen.

Berbeda dengan reaksi siklik fotosintesis yang tidak menghasilkan produk buangan.

-Baca Juga-

Perbedaan 4: Kehadiran Air dan Fotolisis air

Ini merupakan perbedaan yang sangat mencolok dari reaksi siklik dan non siklik. Fotolisis air atau dipecahnya air menjadi hidrogen dan oksigen hanya terjadi pada reaksi non siklik fotosintesis.

Berbeda halnya dengan reaksi siklik fotosintesis, tidak dibutuhkan adanya fotolisis air agar reaksi terjadi. Hal ini jugalah yang membuat reaksi siklik tidak menghasilkan produk buangan oksigen.

Perbedaan 5: Siklus

Ini merupakan perbedaan terakhir, yaitu, siklus. Reaksi nonsiklik tidak terjadi siklus atau tidak kembali kepada reaksi yang pertama. Berbeda dengan reaksi siklik fotosintesis. Elektron yang tereksitasi, dan yang membuat terjadinya kemiosmosis pada tilakoid, kembali lagi ke Fotosistem I tempat terjadinya eksitasi tersebut.

Itulah beberapa perbedaan dalam proses fotosintesis yaitu perbedaan dalam reaksi terang nonsiklik dan siklik.

Proses fotosintesis dan reaksi terang dalam fotosintesis : Perbedaan reaksi siklik dan nonsiklik
Proses fotosintesis dan reaksi terang dalam fotosintesis : Perbedaan reaksi siklik dan nonsiklik

Tetap belajar karena belajar itu mudah yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here