ADS BY GOOGLE

Jawaban Lengkap Jelaskan Perbedaan Virus Viroid dan Prion

0
256
perbedaan virus viroid prion
perbedaan virus viroid prion

Selamat pagi para pembaca, masih semangat belajar. Kali ini saya akan jelaskan tentang perbedaan antara virus, viriod dan prion.

Ketiga bentuk ini bukanlah makhluk hidup melainkan makhluk yang aseluler yang tidak dapat dikatakan hidup atau tidak dikarenakan sangat sedikit ciri makhluk hidup yang dimiliki oleh ketiga makhluk ini.

Berikut beberapa perbedaan antara virus, viroid dan prion berdasarkan item item atau karakteristik tertentu.

A. Segi Ukuran

Perbedaan yang paling mungkin diamati dari ketiganya secara mendasar adalah ukuran ketiga makhluk ini. Memang semuanya sangat kecil, tapi tetap mereka berbeda. Ukuran terkecil adalah prion, kemudian viroid dan yang terbesar dari ketiganya adalah virus.

Perbedaan ukuran ini erat kaitannya dengan perbedaan selanjutnya yaitu kompleksitas struktur.

B. Kompleksitas Struktur

Struktur ketiga makhluk ini terbilang cukup berbeda bila kita mampu mengamatinya dibawah mikroskop eletron. Paling kompleks tentu saja virus, dengan adanya kapsid yang berisikan asam nukleat DNA atau RNA didalamnya. Bahkan ada juga yang mempunyai selubung.

Lain halnya dengan viroid dan prion. Struktur kedua makhluk ini sangat sederhana. Tidak ada kapsid bagi keduanya. Untuk Viroid, tidak ada kapsid dan tubuhnya berupa molekul kecil RNA sirkuler.

Terakhir makhluk yang paling sederhana, prion yang hanya tersusun atas protein. Ada teori yang mengatakan bahwa prion adalah protein “salah lipat”.

C. Target Inang

Perbedaan ketiga virus, viroid dan prion adalah target inang atau jangkauan inang. Virus mempunyai jangkauan inang yang luas. Tergantung jenis virusnya, virus dapat menginfeksi hampir semua jenis makhluk hidup yang ada di Bumi.

Sedangkan viroid, diketahui hanya menginfeksi tumbuhan saja. Kasus matinya 10 juta tanaman kelapa di Filipina pada tahun 1927 disebabkan oleh invasi viroid.

Terakhir, prion diketahui hanya menyerang makhluk hidup yang mengandung protein tinggi khususnya daerah otak hewan. Prion sering menginfeksi otak mamalia seperti sapi dan banyak lagi. Tapi pada dasarnya, prion itu menyerang protein yang cocok.

D. Kemampuan Bereplikasi

Perbedaan keempat dari virus, viroid dan prion adalah kemampuan bereplikasi. Virus mampu bereplikasi dalam sel makhluk hidup, begitupula dengan viroid. Sedangkan Prion tidak mampu bereplikasi, dia memperbanyak diri dengan mengubah protein “sehat” menjadi prion selanjutnya.

perbedaan virus viroid prion
perbedaan virus viroid prion

Itulah diatas 4 perbedaan pada virus, viroid dan prion. Semoga artikel diatas dapat membantu adik adik dalam menjawab soal soal tentang virus dan menjadi bahan belajar yang bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini