Perbedaan Xilem dan Floem pada Tumbuhan Lengkap dan Detail

0
102

ADS BY GOOGLE

Kak Jun, kemarin saya dapat tugas dari Ibu Guru Biologi, salah satu pertanyaan nya tentang apa perbedaan xilem dan floem pada tumbuhan. Mohon bantuannya kak Jun.

Jawaban Perbedaan Xilem dan Floem

Terima kasih pertanyaannya. Xilem dan floem adalah jaringan pengangkut tumbuhan yang dapat kita analogikan sebagai “pembuluh darah” tumbuhan. Xilem berbeda dengan floem, dan itu pasti.

Kok beda? Kalau sama pasti akan ditempatkan pada satu nama jaringan saja. Sini saya kupas satu satu perbedaan xilem dan floem supaya adek paham.

Arti Kata

Xilem sendiri diturunkan dari arti kata “Kayu” atau “Wood”. Pada Pohon, bagian kayu batang pohon tersebut, terdiri atas banyak xilem sekunder dan xilem primer.

Sedangkan floem diturunkan dari arti kata “Kulit kayu” atau “bark”. Pada umumnya kulit kayu pada pohon memang mengandung floem.

Jenis Sel Xilem dan Floem

Perbedaan xilem dan floem yang kedua adalah jenis sel. Jaringan xilem utamanya tersusun atas sel sel mati kecuali sel parenkim xilem dan itupun dalam jumlah kecil dan akan berkurang semakin besar dan tuanya tumbuhan.

Sedangkan pada jaringan floem, sel sel nya utamanya tersusun atas sel sel hidup. Sel yang mati hanya serat floem.

Macam Macam Sel

Perbedaan yang ketiga adalah macam macam sel yang ada dalam jaringan. Pada jaringan xilem, macam macam selnya adalah, trakeid, trakeida, parenkim xilem, dan terkadang terbentuk xilem sklerenkima, dan serat xilem.

Sedangkan macam macam sel pada jaringan floem adalah sel tapis (tabung tapis), sel pendamping (companion cells), serat tapis (serat floem), sel albumin, dan juga parenkim floem.

perbedaan xilem dan floem
perbedaan xilem dan floem

Fungsi Xilem dan Floem

Perbedaan yang keempat adalah fungsi kedua pembuluh angkut ini. Fungsi jaringan xilem adalah mengangkut air dan unsur hara serta hormon menuju jaringan dan sel sel yang membutuhkan. Utamanya tempat fotosintesis seperti daun.

Sedangkan fungsi floem adalah mengangkut hasil fotosintesis atau fotosintat seperti glukosa dan sukrosa dan juga mengangkut asam amino, RNA dan juga hormon.

Ukuran Sel Xilem dan Floem

Perbedaan selanjutnya adalah ukuran sel xilem dan sel floem. Sel xilem utama yaitu trakeid bentuknya lebih kecil dan lebih panjang dari sel tapis floem.

Ketebalan Dinding Sel

Perbedaan selanjutnya adalah ketebalan dinding sel utama jaringan xilem dan floem. Jaringan xilem memiliki dinding sel yang lebih tebal dan diperkuat oleh lignin

Sedangkan ketebalan dinding sel jaringan floem kurang tebal dan sangat tipis dan mengandung lubang lubang perforasi pada ujung ujung sel nya.

Pertemuan Sel

Perbedaan selanjutnya adalah pertemuan tiap sel sel pada jaringan xilem dan floem. Pertemuan sel pada jaringan sel xilem tidak mengandung dinding sel atau bersambung langsung dengan sel lainnya sehingga berbentuk seperti selang. Disebut dengan “tidak mengandung dinding ujung (no end wall)”.

-Baca Juga-

ADS By Google

Sedangkan pada sel tapis floem, mengandung end wall atau dinding sel satu dan dinding sel tapis floem yang bertemu masih ada. Terdapat lubang lubang perforasi yang besar yang merupakan plasmalema yang membesar.

Jumlah Jaringan Xilem dan Floem

Perbedaan selanjutnya adalah jumlah jaringan pada tumbuhan. Pada tumbuhan pohon, jumlah jaringan xilem lebih banyak dari jumlah jaringan floem. Hal ini karena kebutuhan utama tumbuhan terutama pohon sesungguhnya memang adalah air. Sebagai bahan utama fotosintesis dan menjaga sel dari kekeringan.

Arah Pergerakan Zat Xilem dan Floem

Perbedaan selanjutnya adalah arah pergerakan zat / material yang diangkut. Arah pergerakan zat pada xilem adalah unidireksional (unidirectional) atau satu arah.

Sedangkan pergerakan zat pada floem adalah bidireksional (bidirectional) atau dua arah, yaitu upward (melawan gravitasi) dan downward (searah gravitasi).

Mekanisme Transportasi

Perbedaan selanjutnya adalah mekanisme transportasi yang dilakukan oleh xilem ataupun floem dalam memindahkan zat / material.

Mekanisme transportasi xilem menggunakan mekanisme tegangan kohesi dan adhesi. Sedangkan pada floem, mekanisme tekanan osmosis dan transport aktif dibutuhkan untuk membutuhkan / transportasi zat yang ada.

Tabel Perbedaan Xilem dan Floem

PerbedaanXilemFloem
Arti kata Berarti kayu atau woodBerarti kulit kayu atau bark
Jenis selDominasi oleh sel matiDominasi oleh sel hidup
Macam selTrakeid, trakea, parenkim xilem, sklerenkima xilem, serat xilemSel tapis (sieve), sel pendamping, serat tapis, sel albumin, parenkim floem
Fungsi Mengangkut air dan unsur hara Mengangkut hasil fotosintesis
Ukuran SelSel utama xilem lebih panjang dan lebih kecil diameternyaSel utama floem lebih besar dan lebih pendek
Jumlah jaringanLebih banyak Lebih sedikit
Arah pergerakanUnidireksionalBidireksional
Mekanisme transporTegangan kohesi dan adhesi Transpor aktif dan osmosis
Ketebalan Dinding selDinding sel tebal dan mengandung ligninDinding sel tipis
Pertemuan SelDinding sel hilang pada pertemuan sel sehingga sel bersatuDinding sel ada dan ada lubang perforasi
Pengangkutan ProteinTidakYa
Pengangkutan hormonYaYa
Pengangkutan RNAtidakya
Apa perbedaan xilem dan floem

Ada banyak perbedaan, mulai dari fungsi xilem dan floem, bentuk dan ukuran sel, dinding sel, material yang diangkut, arah pengangkutan, mekanisme pengangkutan zat zat, serta jenis jenis sel yang menyusun xilem dan floem.
Baca lebih jauh di artikel diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here