ADS BY GOOGLE

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Resign) Sopan Baik Benar

0
286
Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri kerja – Contoh surat resign| Sebelumnya, saya telah memposting perihal surat lamaran kerja, bagi kalian yang ingin pindah kerja atau ingin berhenti dari pekerjaan anda, anda akan membutuhkan surat pengunduran diri dari pekerjaan anda. Jadi jangan panik dan bingung ketika anda ingin berhenti kerja dari perusahaan atau organisasi lama anda, buat saja surat pengunduran diri atau resign.

Baca juga contoh surat lamaran kerja setelah anda mengundurkan diri disini

Alasan Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja – Contoh Surat Resign

Alasan untuk berhenti bekerja (resign)atau mengajukan pengunduran diri tentu saja ada banyak dan tidak sebatas ingin melamar pekerjaan di tempat lain. Alasan seperti ingin beristirahat dari kepusingan pekerjaan di kota dan kembali kampung pun sering saya dengar.

Selain itu alasan mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan karena sedang merawat seseorang dan anda tidak bisa masuk ke kantor untuk waktu yang lama pun sering saya dengar.

Ada pula orang orang yang mengajukan surat pengunduran diri karena merawat anak dan suami. Ini yang paling saya sering jumpai. Ada pula orang orang yang kecewa dan kemudian mengajukan surat pengunduran diri (surat resign) kepada perusahaannya.

Sesungguhnya ada perbedaan besar antara dipecat atau diberhentikan dan mengundurkan diri. Dipecat artinya anda memiliki catatan buruk dalam track record pekerjaan anda. Akan tetapi ketika anda mengundurkan diri (resign) dari pekerjaan dan kemudian memberikan alasan yang pas, maka track record anda perihal mencari kerja tidak akan berkurang.

Selain itu, anda tidak mungkin begitu saja keluar dari perusahaan atau tempat anda bekerja begitu saja, anda harus melalui prosedur yang semestinya. Langkah pertama dari prosedur tersebut adalah memberikan surat pengunduran diri kepada atasan anda.

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri Kerja – Contoh Surat Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri

Pada dasarnya surat pengunduran diri adalah penyampaian niat secara tertulis untuk berhenti bekerja kepada atasan ataupun perusahaan secara resmi. Isi surat pengunduran diri tersebut harusnya dalam bentuk yang sopan dan baik dengan menyertakan alasan logis kenapa berhenti bekerja.

Ucapan terima kasih pun perlu disertakan dalam surat pengunduran diri anda. Terima kasih atas kesempatan serta pengalaman yang anda dapatkan selama bekerja di perusahaan ataupun organisasi tersebut.
Adapun tujuan dan manfaat membuat surat pengunduran diri (resign) adalah:

1.Profesionalisme

Sebelum anda bekerja di perusahaan tersebut,anda mengirim surat lamaran kerja dan anda pun diterima bekerja di perusahaan atau diorganisasi atau kepada atasan anda. Anda pun memiliki perjanjian kerja terhadap perusahaan tersebut.

Atas dasar profesionalisme, sudah seharusnya anda mengirim surat penguduran diri ketika anda akan berhenti bekerja.Dengan adanya surat itu, perusahaan anda lebih menghargai anda dan memberikan catatan yang baik apabila anda akan mendaftar pada perusahaan lain.

2.Memudahkan Perusahaan Dalam Mencari Pengganti

Perusahaan atau tempat anda bekerja akan mengalami kerugian yang besar bila anda tiba tiba saja menghilang begitu saja dan tidak masuk kerja.

Atas dasar profesionalisme, anda sudah seharusnya menginformasikan dan mengirim surat pengunduran diri kerja (surat resign) anda jauh hari sebelum anda berhenti bekerja,contoh, 10 hari atau kalau bisa sebulan sebelum anda berniat untuk meninggalkan perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan dapat membuka lowongan kerja agar posisi yang anda tinggalkan dapat terisi sebelum anda berhenti dari perusahaan.

Pada dasarnya, hampir semua perusahaan besar mengharuskan karyawan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebelum mereka berhenti kerja, hal itu agar setiap pos kerja yang telah disusun rapi tidak berantakan akibat kekosongan karyawan.

3. Catatan Pengalaman Kerja

Coba dipikir kembali, bagaimana track record atau catatan pengalaman kerja anda yang akan tertulis bila anda tiba tiba dan pergi begitu saja dari perusahaan tempat anda bekerja. Pasti perusahaan tempat anda bekerja akan memberikan catatan yang buruk pada profil anda.

Bahkan ketika anda kembali ke perusahaan untuk mengambil surat pengalaman kerja, anda kemungkinan besar akan diberi catatan buruk seperti meninggalkan kerja tanpa informasi dan sebab. Itu akan sangat buruk untuk masa depan anda dalam mencari pekerjaan lain.

Sistem informasi sekarang sudah berkembang, akun akun linkedn dan juga website website lamaran kerja sekarang sudah teringrasi dengan bagus dengan perusahaan perusahaan yang bekerja sama.

Sehingga apabila profil buruk kalian dilekatkan pada akun anda, maka semua perusahaan akan langsung tahu bahwa anda tidak memiliki etika yang baik dalam mengundurkan diri (resign)

4. Menunjukkan Tanggung Jawab

Rasa tanggung jawab seorang karyawan bukan hanya ditunjukkan oleh kemampuan kerja karyawan tersebut, akan tetapi sikap dan langkah yang diambil ketika ingin berhenti kerja pun haruslah dengan rasa tanggung jawab.

Ketika seorang karyawan mengundurkan diri atau berhenti bekerja, tanggung jawab yang dia emban itu dia lepaskan. Apabila karyawan tersebut melepas tanpa adanya sikat

Tips Dalam Menulis Surat Pengunduran Diri

Sebelum anda masuk kedalam contoh surat pengunduran diri, saya akan memberikan beberapa tips agar anda dapat membuat surat pengunduran diri yang sopan dan baik.

  1. Jangan lupa baca doa sebelum membuat surat pengunduran dirinya.
  2. Berikan bahasa yang jelas bahwa surat bertujuan untuk pengunduran diri. Ingat gunakan EYD dan bahasa baku yang sopan.
  3. Dalam surat pengunduran diri tersebut, anda harus memberikan alasan yang jelas dan singkat. Jangan menuliskan alasan secara rinci dan panjang lebar.
  4. Apabila alasan pengunduran diri kamu itu perihal hubungan yang tidak baik antara atasan, maka sebaiknya anda tidak mencantumkan sebagai alasan. Simpan alasan tersebut di dalam hati kamu. Tuliskan alasan pengunduran diri lain yang lebih logis. Contoh, Ingin Merawat Orang Tua di kampung.
  5. Jangan datang di waktu yang tidak tepat. Carilah waktu yang pas untuk memberikan surat pengunduran diri kamu. Apabila atasan kamu moodnya sedang baik, maka itulah waktu yang tepat.
  6. Tuliskan ucapan terima kasih anda di dalam surat pengunduran diri kamu. Disini kamu boleh panjang lebar, tapi usahakan jangan terlalu panjang. Ucapkan terima kasih atas pengalaman dan kesempatan yang diberikan, walaupun alasan kamu itu jengkel terhadap perusahaan. Berterima kasih tidak akan membuat anda kehilangan satu rupiah pun.
  7. Jangan pernah lupa untuk menuliskan waktu resign atau keluar dari pekerjaan. Jangan terlalu cepat dikarenakan perusahaan nantinya juga yang akan repot mencari penggantimu.
  8. Ingat profesionalisme kerja, apabila kamu memiliki tugas yang sedang berjalan, seperti mengerjakan laporan mingguan, usahakan selesaikan sebelum kamu mengirimkan surat pengunduran diri kamu.
  9. Jangan lupa untuk mengambil surat pengalaman kerja sebelum kamu keluar dari perusahaan.

Terakhir dan penting sekali, anda harus ingat, sebelum mengajukan surat pengunduran diri tersebut, anda sudah siap dan yakin betul untuk berhenti kerja di perusahaan ataupun organisasi tersebut.

Jangan patah semangat ketika anda mengundurkan diri dari pekerjaan anda. setiap satu makhluk pun yang hidup pasti telah diatur rezekinya oleh yang Maha Kuasa.

Daftar Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Berikut daftar contoh surat pengunduran diri yang akan saya tampilkan kebawah. Silahkan anda tiru dan gunakan sebagai contoh ataupun format dari surat pengunduran diri anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan – Contoh Surat Resign Perusahaan

Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan - Surat Resign Perusahaan

Makassar, 10 Mei 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Bumi Karsa
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.3 No.132-150
Makassar

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Ahmad Beni bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Bumi Karsa sebagai Teknisi Mesin terhitung mulai tanggal 20 Mei 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Bumi Karsa. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Bumi Karsa jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Bumi Karsa semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Ahmad Beni

surat pengunduran diri kerja karyawan security satpam
surat pengunduran diri kerja karyawan security

2. Contoh surat pengunduran diri karena Pekerjaan – Contoh Surat Resign karena Pekerjaan

Contoh surat pengunduran diri karena Pekerjaan - Contoh Surat Resign karena Pekerjaan

Makassar, 12 April 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Cipta Rasa
Jl.Daya Selatan No.32-50
Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Susanti bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Cipta Karsa sebagai karyawan front desk, terhitung dari tanggal 20 April 2019.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Cipta Rasa. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Cipta Rasa apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Cipta Rasa semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Susanti

3. Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan – Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan

Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia – Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan

Makassar, 03 Januari 2019

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Bumi Karsa
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Bumi Karsa berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : Januar Noor
Departemen : ……………..
Jabatan :………………
No. Karyawan : ……………..

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Bumi Karsa dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin hari makin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Januar Noor

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana – Contoh Surat Resign Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Sales Girls – Contoh surat Resign Sales Girl

Makassar, 10 Februari 2019

Kepada
Yth Pimpinan
CV. Sinar Motor Abadi
Cianjur

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Cinta Lestari
Alamat : Jl. Sunu Raya, No.13, Kec. Mamajang, Sulawesi Selatan
Jabatan : Sales Promotion Girl

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 20 Februari 2019. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Cinta Lestari

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Padat – Contoh Surat Resign

Surat Pengunduran Diri

Lampung, 12 April 2020

Kepada Yth,
HRD Manajer
PT. Bangkit Bersama
Jalan Elang Baru No. 33
Lampung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Atta Halilitar bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Bangkit Bersama sebagai Driver, terhitung sejak hari ini tanggal 12 April 2020. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Bangkit Bersama. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Bangkit Bersama atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Bangkit Bersama semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Atta Halilintar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here