ADS BY GOOGLE

Tingkatan Terendah Dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan

0
19
Tingkatan Terendah Dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan
Tingkatan Terendah Dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan

Selamat pagi pembaca. Kali ini kita akan belajar tentang klasifikasi tumbuhan dan hewan untuk menjawab pertanyaan tingkatan terendah dari klasifikasi keduanya.

Klasifikasi Tumbuhan

Pada dasarnya tingkatan atau urutan klasifikasi pada tumbuhan mulai dari tertinggi adalah sebagai berikut:

Tingkatan Taksonomi Tumbuhan
Domain ➠Kingdom ➠Division ➠ Class ➠ Order ➠ Family ➠Genus ➠ Species

Urutan klasifikasi tumbuhan diatas menggunakan bahasa Inggris, bila teman teman ingin menggunakan bahasa latin maka bentuknya akan seperti ini

Tingkatan Taksonomi Tumbuhan latin
Regio ➠Regnum ➠Divisio➠ Classis ➠ Ordo ➠Familia ➠ Genus ➠ Species

Ada baiknya ketika kita mengklasifikasikan makhluk hidup, kita konsisten dalam penggunaan istilahnya, ketika tingkatan taksonnya menggunakan satu bahasa Inggris, kita gunakan bahasa Inggris, jika kita menggunakan bahasa latin, gunakan latin seluruhnya.

Dari urutan tingkatan takson umum diatas, kita dapat mengatakan bahwa spesies adalah tingkatan terakhir.

AKAN TETAPI

Catatan Penting
Ketika kita mengacu pada botanical nomenclature atau tata nama tumbuhan (ICBN), ada tingkatan setelah spesies yaitu subspesies dan varietas dan kemudian forma dan bahkan ada subforma. Hingga saat ini, dalam dunia ilmiah, tingkatan terendah adalah subforma. Walaupun yang sering dimunculkan di buku buku taksonomi, tingkatan terendah suatu klasifikasi organisme tumbuhan adalah varietas yang disingkat var.

Varietas sendiri berarti terdapat suatu perbedaan yang nyata (dari bentuk, rasa dan kualitas kandungan, biasanya terjadi pada buah) tetapi dapat saling membuahi.

Klasifikasi Hewan

Klasifikasi hewan pada dasarnya hampir sama dengan klasifikasi tumbuhan yaitu:

Tingkatan Taksonomi Hewan
Domain ➠Kingdom ➠Phylum ➠ Class ➠ Order ➠ Family ➠Genus ➠ Species

Dalam bahasa latin, klasifikasi hewan adalah sebagai berikut:

Tingkatan Taksonomi hewan latin
Regio ➠Regnum ➠Phylum➠ Classis ➠ Ordo ➠Familia ➠ Genus ➠ Species

Dalam aturan Zoology Nomenclature, dijelaskan bahwa untuk hewan, klasifikasi terendah adalah subspecies atau subspesies yang biasanya di singkat dan dituliskan spp. Aturan penamaan subspecies pun mengunakan aturan penamaan trinomen atau tata nama tiga.

Sebagai contoh nama subspecies adalah pada spesies Panthera pardus ada anggotanya yang subspesies yaitu Panthera pardus fusca yang dikenal sebagai macan tutul India (Indian Leopard).

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah ketika kita berpatokan pada sistem lama yang belum diperbaharui, maka tingkatan terendah dari klasifikasi tumbuhan dan hewan adalah sama sama spesies.

Catatan Penting
TETAPI, ketika kita berpatokan pada sistem yang terbaru, maka tingkatan terendah yang paling umum untuk tumbuhan adalah varietas dan untuk hewan adalah subspesies.

Kenapa saya katakan paling umum karena, untuk tingkatan terendah klasifikasi tumbuhan yaitu Forma , sangat jarang ditemukan dan sangat jarang digunakan.

Tingkatan Terendah Dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan
Tingkatan Terendah Dari Klasifikasi Tumbuhan dan Hewan

Referensi

Zoology Nomenclature

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here