Unsur Dasar Konsepsi Wawasan Nusantara

0
335

ADS BY GOOGLE

Dalam mempelajari wawasan nusantara, anda harus tahu apa konsepsi wawasan Nusantara. Konsepsi tersebut ada terdiri atas tiga unsur dasar (basic element) yaitu wadah (contour), isi (content) dan tata laku (conduct).

Ketiga unsur dasar diatas perlu anda ketahui untuk memahami hakikat wawasan Nusantara dan maksud serta pengertian wawasan Nusantara

1. Wadah (Contour)

Wadah adalah unsur dasar pertama dalam konsepsi wawasan nusantara yang menyangkut tentang wilayah atau ruang. Wadah yang dimaksud adalah wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut tentu saja adalah wilayah Indonesia tempat beragam penduduk tinggal dan seluruh kekayaan Alam di dalamnya.

Setelah Indonesia merdeka dan mendirikan negara Indonesia, unsur dasar wadah bagi seluruh bangsa Indonesia adalah negara yang merupakan organisasi kenegaraan yang berwujud suprastruktur politik.

Selanjutnya ,wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai lembaga dalam wujud infrastruktur politik.

2. Isi (Content)

Pengertian Isi dalam konsepsi Wawasan Nusantara adalah unsur dasar (basic element) yang merupakan aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.

Dalam rangka terwujudnya aspirasi yang berkembang di masyarakat serta cita cita dan tujuan nasional yang ada dalam UUD 1945, maka bangsa Indonesia dalam kehidupan nasional haruslah mampu henghasilkan persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

Ada dua hal esensial dalam Unsur dasar Isi (Content) yaitu:

-Baca Juga-

  1. Realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama serta pencapaian cita cita dan tujuan nasional
  2. Persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang melingkupi seluruh aspek kehidupan nasional.
unsur dasar konsepsi wawasan nusantara
Pengibaran Bendera Indonesia

3. Tata Laku (Conduct)

Bagian ketiga dari unsur dasar konsepsi Wawasan Nusantara adalah tata laku atau conduct.

Pengertian tata laku dalam konsepsi wawasan Nusantara adalah hasil interaksi antara wadah dan isi, yang tersusun atas tat laku batiniah dan tata laku lahiriah.

Tata laku Batiniah

Tata laku batiniah adalah bagian dari unsur tata laku atau conduct. Tata laku batiniah mencerminkan jiwa, semangat, dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia

Tata Laku Lahiriah

Tata laku lahiriah merupakan cerminan dari setiap tindakan, perbuatan dan perilaku dari Bangsa Indonesia.


Dari kedua hal diatas, akan tercermin identitas jati diri atau kepribadian bangsa Indonesia yang dilandaskan kekeluargaan dan kebersamaan yang mempunyai rasa bangga (proud) dan cinta (love) kepada bangsa dan tanah air.

Dengan adanya rasa bangga dan cinta tersebutlah, akan menghasilkan nasionalisme tinggi di setiap penduduk Indonesia dalam seluruh aspek kehidupan nasional.

ADS By Google

Demikianlah artikel tentang unsur dasar konsepsi Wawasan Nusantara. Semoga bermanfaat dan tetap belajar karena belajar itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here