Batas Waktu Sholat Tahajud Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

0
112

ADS BY GOOGLE

Waktu Sholat Tahajud | Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Semoga kita semua diberkati oleh Allah Subahanu wata’ala. Sholat tahajud adalah sholat yang sunnah terbaik dan merupakan sholat yang paling utama yang setelah sholat wajib.

Pahala dan keutamaan sholat tahajud sungguh betul betul terasa bagi semua orang yang menjalankan sholat tahajud.

Sholat tahajud dalam pelaksanaannya memiliki 2 keadaan sebagai syarat, yaitu dilaksanakan setelah kita tidur, dan kedua dilaksanakan di malam hari. Diantara keduanya, hal yang paling sering ditanyakan adalah waktu sholat tahajud dan waktu terbaik untuk sholat tahajud.

Bagi yang ingin penjelasan lengkap tentang tata cara sholat tahajud dan bacaan doa sholat tahajud dan tata cara sholat witir, silahkan anda baca artikel ini, agar anda lebih paham tentang sholat tahajud.

Pada artikel kali ini, saya akan fokus kepada penjelasan mengenai waktu sholat tahajud. Telah diterangkan dalam banyak hadist yang sahih, waktu sholat tahajud dimulai setelah sholat Isya, dan kemudian berakhir tepat sebelum masuknya waktu sholat subuh.

Ulama ulama kita membagi waktu tersebut menjadi 3 bagian. 3 Bagian waktu sholat tahajud tersebut adalah sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua dan terakhir sepertiga malam terakhir. Ketiga waktu tersebut memiliki kelebihan masing masing. Berikut penjelasan tentang ketiga waktu sholat tahajud.

waktu sholat tahajud sepertiga malam terakhir
waktu sholat tahajud terbaik sepertiga malam terakhir

Waktu Sholat Tahajud Pertama

Waktu sholat tahajud dimulai ketika kita sudah selesai Sholat Isya. Akan tetapi kalian jangan lupa syarat pertama yaitu, anda harus tertidur dan terbangun.

Batas waktu sepertiga malam pertama yaitu pada pukul 22.00 atau jam 10 malam. Ketika anda memiliki halangan untuk terbangun disepertiga malam terakhir, karena anda harus tidur cepat dan memiliki urusan di jam 12 malam, dan anda berniat bangun jam 9 malam setelah anda sholat isya, maka anda dapat sholat tahajud di sepertiga malam pertama.

Jadi jangan terhalangi sholat tahajud karena memilih waktu tahajud terbaik yaitu sepertiga malam terakhir dan keadaan anda tidak memungkinkan.

Apakah boleh dibangunkan untuk sholat tahajud? tidak ada larangan untuk itu, jadi kalian yang masih tinggal bersama teman atau ngekos, atau sudah berkeluarga. Kalian bisa titip dibangunkan untuk tidur setelah sholat Isya dan kemudian melaksanakan sholat tahajud dan sholat witir ketika jam 9 malam hingga jam 10 malam. Dan kemudian anda bisa tidur kembali.

Waktu Sholat Tahajud Kedua

Waktu sholat tahajud kedua adalah sepertiga malam kedua yang dimulai setelah jam 10 malam (21:00) dan berakhir pada jam 1.00 tengah malam atau jam 1.30 tengah malam.

Kalian yang berniat dan dibangunkan oleh Allah SWT di jam 12 malam atau jam 11 malam dalam tidur kalian, maka sudah sebagusnya melaksanakan sholat tahajud dan sholat witir. Daripada kalian tidur kembali dan akhirnya terlewatkan sholat tahajud.

Waktu sholat tahajud kedua ini menurut beberapa riwayat adalah waktu sholat malam dan sholat tahajud dan witir yang sering dilakukan oleh orang orang terdahulu. Hal itu karena masih jauh jaraknya dari sholat subuh dan memberikan waktu yang banyak untuk sholat tahajud panjang seperti bacaan surah setelah Al Fatihah itu surah Al Baqarah, Ali Imran,dst.

Jadi sekiranya anda ingin sholat tahajud lama dan masih ingin tidur kembali karena ada aktivitas penting di pagi hari (takutnya kurang tidur) maka waktu terbaik untuk sholat tahajud dan sholat witir di malam hari adalah sepertiga malam kedua.

-Baca Juga-

Bagi PNS atau karyawan yang masuk pagi pulang jam 8 atau jam 9 malam. Maka waktu terbaik untuk sholat tahajud adalah sepertiga malam kedua. Anda bisa tidur lagi setelah sholat tahajud dan sholat witir dan ketika waktu subuh akan masuk, maka anda bisa terbangun dengan badan yang segar dan cukup tidur.

ADS By Google

Hal ini perlu saya jelaskan karena sholat tahajud dan sholat witir atau katakanlah sholat malam, bukanlah sesuatu karena ada maunya saja dan setelah terwujud malah berhenti, tapi memang harus menjadi kebiasaan dan menjadi bukti rasa syukur kita atas segala berkat dan rejeki yang kita peroleh.

Waktu Sholat Tahajud Terakhir dan Terbaik

Waktu sholat tahajud terakhir adalah sepertiga malam terakhir. Waktu ini diriwayatkan dalam satu hadist sebagai waktu yang terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud dan witir.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Jadi sekiranya anda memiliki hajat, maka sepertiga malam terakhir adalah waktu terbaik untuk sholat tahajud dan sholat witir dan memanjatkan doa doa anda.

Waktu sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini dimulai pada pukul 1:30 hingga 4:30 atau tepat sebelum masuknya waktu sholat subuh. Jadi bila anda terbangun pada pukul 2:00 tengah malam, maka anda mendapatkan waktu terbaik untuk sholat tahajud dan sholat witir.

Doa doa yang anda panjatkan pun Insya Allah akan terkabul, pengampunan akan diberikan, setiap permohonan akan terkabulkan di waktu sepertiga malam terakhir.

waktu sholat tahajud dan batas waktu sholat tahajud
Advertisement by google
waktu sholat tahajud dan batas waktu sholat tahajud

Bagi para jomblo yang ingin menikah, maka sering seringlah sholat tahajud dan sholat witir disepertiga malam terakhir. Bagi yang baru baru hijrah dari sisi gelapnya manusia, sering seringlah meminta pengampunan di sepertiga malam terakhir. Insya Allah semua permohonan dan pengampunan diberikan.

Kapan waktu terbaik sholat tahajud?

Sepertiga malam terakhir

Sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu?

Ya, anda harus tidur terlebih dahulu di malam hari.

waktu sholat tahajud dimulai kapan?

Ketika sholat Isya telah selesai dikerjakan.

Sholat tahajud berjamaah boleh?

Boleh, anda boleh sholat tahajud dan witir berjamaah, akan tetapi jangan sering. Sekali kali saja.

Berapa jumlah rakaat sholat tahajud

Boleh 8 rakaat sholat tahajud ditambah 3 rakaat sholat witir jadi 11 rakaat semuanya. Boleh juga 2 rakaat sholat tahajud dan 1 rakaat sholat witir saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here