ADS BY GOOGLE

Bentuk dan Ukuran Tubuh Virus

0
180
Bentuk dan ukuran tubuh virus
Bentuk dan ukuran tubuh virus

Selamat pagi para pasukan semangat belajar, kali ini kita akan belajar tentang bentuk tubuh virus serta ukuran tubuh virus. Kita ketahui bersama bahwa virus tidak termasuk makhluk hidup yang kita ketahui hingga saat ini.

Virus disebut sebagai non-living organism yang mampu menginfeksi makhluk hidup dan bereproduksi. Virus juga  organisme parasit intraseluler obligat yang hanya mampu bereproduksi dan memperbanyak dirinya dalam sel makhluk hidup, mulai dari sel bakteri hingga sel paling kompleks sekalipun. Tentu saja hal tersebut tergantung jenis virusnya.

Bentuk Tubuh Virus

Seperti yang saya katakan diawal, kita akan belajar tentang bentuk virus kali ini. Secara garis besar, bentuk virus dapat berupa:

  1. Batang
  2. Bulat
  3. Oval atau peluru
  4. Filamen
  5. Persegi banyak (polihedral)
  6. T seperti bakteriofag

Keenam bentuk virus diatas hanyalah bagian bentuk dasar dari sebuah virus dan tentu saja bentuk dasar dari sebuah virion.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu virion, sini saya beri tahu, virion adalah bentuk virus yang utuh atau lengkap. Terkadang dalam salah satu tahap hidup virus, yang kita amati dapat berupa virion, dan juga dapat berupa hanya bagian dari virionnya yang menginfeksi sel lainnya.

Dapat kalian perhatikan pada gambar dibawah ini, bentuk bentuk dari berbagai familia virus dan juga berdasarkan jenis asam nukleatnya (DNA atau RNA) serta perbandingan ukuran virus tersebut antara satu dengan yang lainnya.

Virus DNA yaitu Poxviridae, Herpesviridae, Adenoviridae, Papovaviridae, Hepadnaviridae, Parvovivirade,

Virus RNA yaitu Paramyxoviridae, Orthomyxoviridae, Coronaviridae, Arenaviridae, Retroviridae, Reoviridae, Picornaviridae, Caliciviridae, Rhabdoviridae, Togaviridae, Flaviviridae, Bunyaviridae.

Adapun perbandingan berdasarkan ukuran tubuh virus tersebut secara nyata dapat kalian perhatikan pada gambar dibawah ini

Perbandingan ukuran tubuh dan bentuk virus

Bisa kalian lihat bentuk virus Ebola diatas, mirip salah satu app game yang lagi viral bukan. Ayo apa coba? Betul, game cacing cacingan WORM ZONE.

Walaupun bentuk virus diatas adalah seperti diatas, perlu kalian ketahui bahwa ketika ingin menginfeksi sel selanjutnya tidak perlu dalam bentuk sempurna diatas. Dalam hal ini kita sebut sebagai “virion”, yaitu bentuk utuh tubuh virus.

Contohnya saja ebolavirus penyebab penyakit ebola di Afrika ini. Untuk meningkatkan penetrasi atau tingkat infeksi pasti akan sangat tinggi ketika kita terinfeksi oleh virion Ebola itu. Ketika virion Ebola masuk ke dalam permukaan sel kulit kita, maka akan melaksanakan reproduksi.

Bagi kalian yang ingin gambar virus EBOLA yang lebih detail tentang bagian bagian dan struktur tubuh virus EBOLA silahkan kunjungi link ini.

Ukuran Tubuh Virus

Seperti yang telah saya sebutkan pada postingan sebelumnya mengenai ukuran tubuh virus yang berkisar antara 20 nm hingga 400 hingga 500 nm.

Nanometer adalah satuan yang jauh lebih kecil dari mikrometer. 1 Mikrometer adalah 1000 nm atau nanometer. Sehingga ketika dikatakan berukuran 400 nm artinya dapat juga dituliskan dalam bentuk mikrometer yaitu 0,4 mikrometer (μ).

Ukuran virus yang terkecil yang diketahui hingga tahun 2020 ini adalah Porcine circovirus. Ukuran kapsid virus ini hanya 17 hingga 18 nm. Ukuran tersebut sangatlah kecil dan bahkan sedikit lebih kecil dari ukuran ribosom yaitu 20 nm.

Sebaliknya, Virus terbesar yang diketahui hingga tahun 2020 ini adalah Acanthamoeba polyphaga mimivirus (APMV). Ukuran kapsid virus ini cukup menakjubkan yaitu 400 nm – 500 nm. Ukuran virion virus ini jauh lebih besar dari bakteri terkecil yang diketahui manusia yaitu Mycoplasma genitalium yaitu 300 – 400 nm. Menakjubkan atau menakutkan?Humm, tapi sangat menarik, very fascinating.

Bagi kalian yang ingin ketahui lebih jauh tentang ukuran tubuh virus dan kilobase yang dikandung dalam virus virus raksasa tersebut (ukuran materi genetik), silahkan kunjungi link ini.

Teman teman sekalian, walaupun virus terkecil tersebut sudah sangat kecil, jangan anggap bahwa itu merupakan organisme terkecil yang diketahui yah, karena masih ada prion dan viroid. Penjelasan untuk kedua hal tersebut akan saya buatkan postingan terpisah. Semoga panjang umur dan sehat selalu dan terhindar dari wabah virus corona (covid-19).

Tetap belajar dan semangat belajar yah walaupun sedang ada kebijakan sekolah di rumah atau sekolah diliburkan selama 2 minggu ini. Ingat belajar itu mudah, learniseasy, dapat dimana saja, kapan saja. Apalagi dengan adanya internet dan gadget yang super duper cepat sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here