Nilai Nilai Pancasila Sila Pertama Lengkap Contoh Nilai

0
58

ADS BY GOOGLE

Pagi sobat Rajin belajar, gimana masih semangat belajar tidak? Artikel learniseasy.com kali ini akan membahas perihal nilai nilai Pancasila sila Pertama.

Kalian tentu sudah tidak asing dengan sila pertama Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sila pertama Pancasila ini adalah sila yang paling lama diperdebatkan dalam sidang pertama BPUPKI, yang kemudian melahirkan piagam Jakarta.

Pada akhirnya, sila pertama dari Piagam Jakarta tersebut berubah teksnya sehingga menjadi sila pertama yang kita kenal sekarang yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Nilai Pancasila Sila Pertama

Kita tahu bahwa dalam hidup bernegara harus ada pedoman. Begitupula dengan memahami Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan kita sehari hari.

Atas dasar tersebut, negara membuat P4 atau Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila yang menjadi sumber acuan nilai nilai yang ada dalam tiap sila Pancasila.

Artikel kali ini khusus membahas tentang sila pertama, untuk nilai nilai Pancasila pada sila kedua, sila ketiga, sila keempat dan sila kelima, kalian bisa cek di link dibawah ini.

Berikut 7 nilai nilai Pancasila pada sila pertama beserta contohnya.

nilai nilai pancasila sila pertama
Nilai Sila Pertama

Nilai Pertama dan Contoh

1. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketakwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh nilai pancasila pada bagian ini pertama ini adalah mempercayai dan menyakini 1 Agama yang kita jalankan dengan menjalankan perintah dan tidak melakukan larangan larangan berdasarkan norma Agama tersebut.

Nilai Kedua dan Contoh

2. Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Contoh nilai pancasila sila pertama yang kedua ini adalah “Dengan tidak mencampuri aktivitas ibadah Agama seseorang sesuai dengan ajaran agama mereka kecuali tindakan atau aktivitas mereka melenceng dan bahkan melanggar norma norma hukum yang ada”

Nilai Ketiga dan Contoh

3. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

-Baca Juga-

Contoh nilai sila pertama bagian ketiga ini adalah “Memahami bahwa setiap manusia itu, apapun wujud dan asalnya, adalah ciptaan Manusia sehingga harus saling menghargai dan menghormati”.

Nilai Keempat dan Contoh

4. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh nilai sila pertama bagian keempat ini adalah “Keharusan bagi setiap warga negara dan masyarkaat Indonesia sebangsa dan setanah air untuk hidup rukun walaupun berbeda agama”.

ADS By Google

Nilai Kelima dan Contoh

5. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh nilai sila pertama bagian kelima adalah “Setiap manusia bebas memilih agama dan kepercayaan yang sudah disahkan pemerintah”

Nilai Keenam dan Contoh

6. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Contoh nilai sila pertama bagian keenam adalah “Saling menghormati ketika ada pemeluk agama lain yang sedang menjalankan aktivitas ibadah seperti tidak membuat membesarkan suara acara Nikah ketika berada di dekat Masjid yang sedang sholat”

Nilai Ketujuh dan Contoh

7. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

Contoh nilai sila pertama bagian ketujuh adalah “Seluruh warga negara Indonesia dilarang untuk memaksakan seseorang untuk ikut dalam agama tertentu apalagi dengan kekerasan, serta dilarang untuk memaksakan ajaran suatu agama kepada orang lain, kita hanya diwajibkan mengingatkan seseorang atau mereka”

Demikianlah artikel tentang nilai yang terkandung dalam sila pertama Pancasila. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian.

Berapa jumlah nilai Pancasila dalam sila pertama berdasarkan P4

Ada 7 nilai Pancasila dalam sila pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here