Belajar Pengertian Puisi Adalah: Lengkap Menurut Para Ahli dan Sumber

0
245

ADS BY GOOGLE

Pengertian puisi adalah: Bagi saya puisi tidak lebih dari sekedar rangkaian kata dan kalimat yang pendek dan berbait bait. Itu menurut saya. Menurut kamu bagaimana?

Pengertian Puisi Adalah

Menurut sumber yang ada, pengertian puisi adalah karangan sastra yang cara penulisannya terikat oleh bait, irama, sajak, keindahan kata dan isi.

Apa maksud kata ‘terikat’ dalam pengertian puisi diatas?

Maksudnya adalah puisi berbeda dengan karangan prosa ataupun naskah naskah pidato ataupun ceramah. Ketika kita membuat puisi, sangat diharuskan untuk berada pada aturan bait, irama, saja, keindahan kata dan isi dalam puisi yang dibuat.

Walaupun begitu, definisi puisi diatas menurut saya masih terbilang sangat kasar dan juga tidak membuat kita (atau sebagian pembaca) memahami dan mampu membuat gambaran tentang apa itu puisi dan batasan batasannya.

Ambillah contoh Keindahan kata. Saya pun sampai saat ini, tidak mampu mendefinisikan maksud dari “keindahan kata” ini. Karena indah itu relatif dan sangat subjektif.

Seseorang dapat mengatakan bahwa puisi yang saya buat memiliki “keindahan kata” sedangkan orang lain (yang mungkin benci terhadap ku) akan berkata puisi saya jelek dan tidak memiliki “keindahan kata”. Sudah paham?

Pemahaman saya tentang makna “keindahan kata” dalam puisi ini adalah sebuah puisi haruslah menggunakan majas dalam kalimat kalimat puisi tersebut.

Apakah sebuah puisi tidak boleh disusun atas kalimat denotatif? Nanti saya bahas diujung artikel ini.

Pengertian Puisi Menurut

Sekarang kita lihat beberapa pengertian puisi dari para ahli.

1. James Reeves

Sampai sekarang saya masih heran kenapa banyak artikel web diluar sana yang menggunakan nama “James Reevas” sedangkan yang benar adalah James Reeves atau John Morris Reeves.

pengertian puisi menurut james reeves
Definisi puisi menurut James Reeves

Beliau adalah penulis puisi, dan pembuat cerita, antologi untuk anak anak dan dewasa.

Pengertian puisi oleh James Reeves adalah Ekspresi bahasa yang (Expressions of language that) kaya dan penuh daya pikat (are rich and full of charm).

2. Panuti Sudjiman

Bagaimana definisi puisi menurut guru besar Prof. Panuti Sudjiman ini. Menurut beliau, pengertian puisi adalah karya sastra yang dalam penyusunan larik dan baiktnya terikat dengan irama, matra dan rima.

pengertian puisi menurut panuti sudjiman
Advertisement by google
Definisi puisi menurut panuti sudjiman

3. Sumardi

Ini adalah pengertian puisi yang saya suka, oleh Bapak Sumardi. Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan (literary language compacted) dan diberi irama (and given rhythm) dengan bunyi yang padu dan kata kata yang bermakna kiasan (with a cohesive sound and word that means figuratively).

ADS By Google

Perlu dicatat bahwa teks bahasa inggris yang ada diatas hanya untuk menambah vocab anda, dan bukan bagian dari definisi puisi.

4. H.B Jassin

Anda kenal H.B Jassin? Beliau dijuluki oleh Gajus Siagian sebagai “The Pope of Indonesian Literature” atau bapak literatur Indonesia atas karyanya. Nama lengkap Hans Bague Jassin.

Definisi puisi menurut H.B. Jassin
Definisi puisi menurut H.B. Jassin

Menurut beliau, pengertian puisi adalah karya sastra yang diucapkan dengan sebuah perasaan yang mengandung pikiran dan tanggapan.

-Baca Juga-

Jadi, H.B Jassin beranggapan bahwa sebuah puisi tidak perlu terikat oleh aturan aturan seperti yang dijelaskan di awal artikel, hanya perlu mengandung makna (perasaan) yang merupakan pikiran dan tanggapan.

Ini membuat semua karya bahkan kitab Suci sekalipun dapat dikatakan sebagai sebuah puisi.

5. Theodore Watts-Dunton

Theodore Watts-Dunton adalah seorang penyair dan kritikus sastra kelahiran Inggris kelahiran 1832.

Definisi puisi menurut Theodore Watts-Dunton
Definisi puisi menurut Theodore Watts-Dunton

Menurut Theodore Watts-Dunton, pengertian puisi adalah “Puisi yang absolut adalah ekspresi konkret dan artistik (Absolute poetry is the concrete and artistic expression) dari pikiran manusia (of the human mind) dalam bahasa emosional dan berirama (in emotional dan rhythmical language).

Tulisan bahasa inggris diatas, merupakan definisi puisi Theodore Watts-Dunton yang disadur dari Buku “Poetry, Prose, and Rhytmn” oleh C.M Lotspeich (1922).

6. C.M. Gayley

C.M.Gayley adalah seorang profesor Sastra Universitas California kelahiran 1858. Menurut C.M. Gayley, pengertian puisi adalah Puisi dapat didefinisikan sebagai ekspresi imajinatif dan emotif atau saran (Poetry may be defined as the imaginative and emotive expression or suggestion) yang memiliki signifikansi dalam media metrum bahasa yang sesuai dengan subjek (of that which has significance in the metrical medium of language approriate to the subject).

Definisi puisi menurut C.M. Gayley
Definisi puisi menurut C.M. Gayley

7. R.M. Alden

Poetry is the art of representing human experiences, in so far as they are of lasting or universal interest, in metrical language, usually with chief reference to the emotions and by means of the imagination.

Pengertian puisi adalah seni yang mewakili pengalaman manusia, sejauh hal itu merupakan kepentingan abadi atau universal, dalam bahasa metrum, biasanya dengan referensi utama pada emosi dan melalui imajinasi.

R.M Alden menambahkan bahwa “Chief reference” atau referensi utama yaitu emosi berbeda dengan alasan/tujuan (here the emotion are in contrast with the reason).

Pengertian puisi menurut R.M. Alden
Pengertian puisi menurut R.M. Alden

8. F.N Scott

Professor F.N.Scott mengatakan bahwa pengertian puisi berbeda dengan pengertian prosa. Menurut beliau, Pengertian puisi adalah komunikasi dalam bahasa demi ekspresi (poetry is communication in language for expression’s sake).

Artinya, kita berpuisi, membuat dan membaca puisi itu, kita berkomunikasi dalam bahasa dengan lebih mengedepankan tergambarkannya ekspresi yang diharapkan. Oleh karena itu bahasanya dan metrumnya harus berdasar.

Sedangkan pengertian prosa menurut F.N.Scott adalah adalah ekspresi dalam bahasa demi komunikasi “prose is expression in language for communication’s sake“. Sumber (Poetry, Prose and Rhytmn oleh C.M. Lotspeich).

Apa pengertian puisi

Puisi adalah karangan sastra yang cara penulisannya terikat oleh baris, bait, keindahan kata, sajak, irama, dan isi.

Untuk lebih jelaskan silahkan baca artikel tentang pengertian puisi ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here