Sejarah Kewirausahaan

0
50

ADS BY GOOGLE

Assalamualaikum dan Selamat pagi semua. Kembali lagi di learniseasy.com, belajar itu mudah. Kali ini kita akan menjelaskan tentang sejarah kewirausahaan sebagai suplementasi dari pengertian kewirausahaan.

Tak usah berpanjang lebar lagi. Mari Masuk ke intinya.

Sejarah Kewirausahaan

Istilah wirausaha menurut catatan terakhir muncul pertama kali oleh ditahun 1755. Istilah wirausaha atau entrepreneurship dikeluarkan pertama kali secara ilmiah oleh Richard Castillon. 

Di Eropa, yaitu di Belanda, istilah wirausaha dikenal dengan kata “Ondernemer” dan di Jerman dikenal dengan kata “unternehmer”.

Ilmu atau skill dan pengetahuan tentang kewirausahaan dan wirausaha sebenarnya cukup kikir, hal itu terlihat dari munculnya pendidikan tentang kewirausahaan di negeri barat baru dirintis pada tahun 1950-an.

Sedangkan di Indonesia, pendidikan kewirausahaan dan institusi yang mengajarkan skill wirausaha dan menanamkan kewirausahaan masih sangat sedikit. Itupun yang ada, terkesan menipu. 

Di Indonesia, yang lagi trend sekarang adalah MLM baik itu sistem tipu tipu maupun yang benar benar legal seperti Wardah, Oriflame dan banyak lagi lainnya. Kewirausahaan secara kerja sama dengan modal minim diajarkan di model MLM ini.

Baca juga artikel tentang kewirausahaan di sini:

Pengertian kewirausahaan dan definisi Wirausaha

Wirausaha Sekarang Ini

Untuk zaman dulu, sebelum adanya komputer dan internet, Kewirausahaan berkutat di wilayah fisikal dan jasa. Contoh jual beli barang serta penggunaan Jasa. Barang yang dimaksud adalah barang yang secara fiskal ada dan dapat dirasakan.

Begitupun dengan jasa. Orang menyewa jasa seseorang sebagai bentuk “harga” terhadap set skill yang orang itu miliki. Contoh, menyewa orang untuk memperbaiki pipa air di Rumah. 

-Baca Juga-

Sejarah Kewirausahaan – Warren Buffet

Sekarang ini, kewirausahaan sudah berkembang jauh pesat. Inovasi dibidang teknologi dan teknologi informasi membuat jenis jenis usaha yang dapat dikembangkan dan dilakukan pun bertambah.

Sejak munculnya komputer personal atau PC, jenis jenis item kewirausahaan semakin bertambah dan semakin “ramai” pembeli. Hal ini termagnifikasi puluhan bahkan ribuan kali setelah adanya Internet. 

Kehadiran internet mengubah wajah dunia dan khususnya kewirausahaan dunia. Manusia mulai berinovasi ke ladang basah ini. Semakin banyak orang yang mulai mengintegrasikan usaha usaha mereka ke wilayah internet. Adapula Wirausaha yang murni berusaha dari Internet.

Ambillah contoh pembuat game mobile Legend. Orang orang membeli Diamond dan skin menggunakan uang asli atau real money seperti rupiah ataupun dollar. Diamond dan skin sendiri adalah produk digital yang mampu diperbanyak oleh kreatornya tanpa menggunakan zat apapun di alam. Sehingga dapat dikatakan Para kreator atau wirusaha internet ini, menjual sesuatu yang “tidak ada” kepada para konsumen mereka.

ADS By Google

Harga diamond di game mobile legend
Advertisement by google
contoh harga diamond di game mobile legend. 2500 diamonds mobile legend bisa beli nasi goreng untuk 4 orang. Sayang kan.

Demikianlah artikel tentang sejarah kewirausahaan dan wirausaha sekarang ini. Tetap belajar karena belajar itu mudah. Use your mind be The BEST.