ADS BY GOOGLE

Soal Ujian BIOLOGI Kelas X Semester Ganjil Kurikulum K-13

0
40
soal ujian biologi semester akhir kurikulum k13 kelas 10
soal ujian biologi semester akhir kurikulum k13 kelas 10

Selamat pagi para pelajar dan teman teman yang lagi semangat belajar. Kali ini kita akan belajar dan menguji diri dengan menjawab soal soal Ujian Semester Biologi Kelas X Semester Ganjil Kurikulum K-13.

Kalian sudah belajar kan, selama beberapa bulan kemarin, kita telah belajar banyak hal mulai dari metode ilmiah dan Kerja kerja Ilmiah, Virus (Virologi), Bakteriologi mulai dari Archaebacteria dan Eubacteria, serta Protista.

Nah, dengan menjawab beberapa soal dibawah ini, teman teman dapat mengetahui sejauh mana pemahaman dan ingatan teman teman terhadap apa yang teman teman sudah pelajari.

Bagi teman teman yang kesulitan menjawabnya, silahkan dibuka pembahasannya dan dibaca. Semoga berguna yah, Ingat sebelum mengerjakan berdoa dulu yah.

1# Sains merupakan kebenaran apa adanya karena didasarkan atas data-data dan tanpa pengaruh pendapat atau pandangan pribadi. Pernyataan tersebut merupakan sifat sains yaitu ….
A. praktis
B. akumulatif
C. rasional
D. empiris
E. objektif

Pembahasan
E. Objektif. Ini adalah jawaban yang paling tepat berdasarkan keterangan soal yaitu “data dan tanpa adanya pandangan pribadi”. Ketika ada pandangan pribadi berlaku dinamakan subjektif, dan ini bukanlah sifat sains, kecuali pada area metafisika yang memang sulit untuk dilakukan pengamatan atau pengambilan data.

2# Berikut ini yang bukan merupakan keterampilan proses adalah
A. melakukan observasi
B. menyajikan data
C. menafsirkan data
D. mengidentifikasi variabel dalam percobaan
E. membuat rangkuman materi

Pembahasan
E. Membuat rangkuman materi. Opsi terakhir ini tidak masuk dalam rangkaian kerja kerja ilmiah atau proses ilmiah utama.

3# Cara mendapatkan data kuantitatif adalah dengan ….
A. mengukur dan membaui
B. mengecap dan mendengar
C. menimbang dan mengukur
D. meraba dan menghitung
E. mengecap dan menimbang

Pembahasan
C. Menimbang dan mengukur. Opsi ini paling tepat karena opsi lain terjadi percampuran antara metode kuantitatif dan metode kualititatif. Mulai dari opsi A hingga E, kecuali C, semuanya terdapat metode yang bergandengan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif.

4# Pertumbuhan tanaman tomat semakin cepat setelah diberikan pupuk kompos. Yang merupakan variabel bebas adalah
A. tanaman tomat
B. pertumbuhan tanaman
C. pemberian pupuk kompos
D. cahaya matahari
E. penyiraman air

Pembahasan
C. Pemberian pupuk kompos. Sudah cukup jelas yah, bahwa variabel bebas adalah variabel yang dimunculkan untuk mempengaruhi variabel terikat, atau dengan kata lain variabel bebas adalah variabel yang memiliki pengaruh. Dari soalnya sudah jelas “diberikan pupuk kompos”, artinya variabel bebas adalah “pemberian pupuk kompos”.

5# Pada saat terbang burung selalu menggerakkan sayapnya untuk melakukan ciri kehidupan yaitu
A. respirasi
B. tumbuh
C. peka terhadap rangsang
D. memerlukan nutrisi
E. bereproduksi

Pembahasan
A. Respirasi. Burung yang dapat terbang, ketika mengepakkan sayapnya, juga melakukan pernapasan (respirasi) dengan bantuan kantung kantung udara disekujur tubuhnya.

6# Kepadatan jumlah penduduk antarpulau di Indonesia tidak seimbang. Hal ini merupakan permasalahan biologi di tingkat
A. molekuler
B. sel
C. individu
D. populasi
E. ekosistem

Pembahasan
D. Populasi. Permasalahan diatas merupakan masalah popolasi manusia yang tinggi di satu tempat dan rendah di tempat lain. Ini merupakan permasalahan populasi. Ketika perubahan iklim dan kerusakan lingkungan sekitar dimasukkan ke dalam soal sehingga terjadi kerusakan dan gangguan pada populasi spesies lain, maka diangkat menjadi permasalahan biologi pada tingkat ekosistem.

7# Sistem klasifikasi enam kingdom menempatkan organisme berikut ini pada kingdom
A. Plantae
B. Monera
C. Animalia
D. Protista
E. Fungi

Pembahasan
Berdasarkan gambar diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa jawabannya adalah D. Protista. Ini merupakan protista mirip tumbuhan atau alga (ganggang)

8# Penulisan nama spesies yang benar untuk tanaman bunga berikut ini, yaitu ….
A. adenium obesum
B. Adenium obesum
C. Adenium Obesum
D. Adenium obesum
E. adenium Obesum

Pembahasan
D. Penulisan yang benar adalah D. Adenium obesum. Dalam menulis nama ilmiah kita menggunakan sistem binomial nomenlaktur. Sistem ini mengharuskan kita untuk menggaris miringkan nama genus dan nama spesiesnya. Selain itu, nama genus diawali dengan huruf besar, dan tambahan spesiesnya tetap huruf kecil saja.

9# Berikut ini bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan keanekaragaman hayati adalah
A. rekayasa genetika
B. perkawinan silang
C. domestikasi
D. sistem monokultur
E. pemuliaan tanaman

Pembahasan
D. Sistem monokultur. Sistem ini artinya bercocok tanam dengan hanya menanam satu jenis tumbuhan, bahkan hanya satu varietas unggul saja pada satu tempat yang luas. Hal ini dapat berujung pada berkurangnya keanekaragaman hayati karena semua jenis yang tidak unggul tidak akan ditanam lagi.
Ini merupakan dampak negatif sistem monokultur. Dampak positifnya adalah sangat baik diterapkan ketika terjadi kekurangan pakan.

10# Berikut ini bukan merupakan fauna kawasan Indonesia barat adalah
A. badak
B. wau-wau
C. burung jalak
D. banteng
E. burung berparuh bengkok

Pembahasan
E. Burung berparuh bengkok. Hal ini karena opsi lain adalah fauna kawasan Indonesia barat dan tengah sedangkan burung berparuh bengkok adalah fauna kawasan Indonesia Timur. Ini tidak berarti teman teman tidak akan menemukan Burung berparuh bengkok di Sumatera, teman teman akan menemukan karena adanya intervensi manusia disitu.

11# Ekosistem perairan tawar memiliki ciri
A. perbedaan suhu antara siang dengan malam kecil
B. tidak dipengaruhi iklim dan cuaca
C. salinitas tinggi
D. penetrasi cahaya matahari sangat kuat
E. salinitas lingkungan lebih tinggi daripada cairan sel tubuh organisme

Pembahasan
A. perbedaan suhu antara siang dengan malam kecil. Diantara semua pernyataan diatas, yang paling tepat adalah A. Opsi D. Penetrasi cahaya matahari sangat kuat pun dapat menjadi ciri ciri ekosistem perairan tawar, walaupun, pada umumnya ekosistem perairan tawar terdapat banyak pohon dan tumbuhan disekitar sehingga menganggu penetrasi cahaya. Opsi lain mulai dari B hingga E adalah ciri ciri ekosistem perairan air laut atau air asin.

12# Zona abisal pada ekosistem air laut dihuni oleh organisme
A. ganggang
B. kepiting
C. ikan predator
D. ikan pemakan fitoplankton
E. bintang laut dan bulu babi

Pembahasan
C. Ikan Predator. Pada zona abisal atau kedalaman mulai dari 1000 meter hingga 6000 meter dan lebih dalam lagi, hanya beberapa jenis spesies saja yang dapat hidup disana. Mulai dari spesies predator yang memangsa hewan hewan air lainnya hingga detritivor atau pengurai dan pemakan bangkai bangkai hewan yang telah mati. Tidak ada tumbuhan ataupun fitoplankton yang dalam keadaan normal dapat hidup di kedalaman ini karena cahaya sudah tidak dapat tembus.

13# Organisme yang termasuk neuston pada ekosistem perairan tawar yaitu
A. eceng gondok
B. ikan
C. katak
D. siput
E. udang

Pembahasan
A. Eceng gondok. Neuston adalah organisme yang tergenang di atas permukaan air ataupun terbenam sebagian tubuhnya. Neuston tidak mampu bergerak aktif. Jadi jawaban yang paling tepat adalah A. Eceng gondok. Istilah selain neuston seperti plankton (hanyut dan berada dalam perairan, terpengaruh arus air), periphyton (organisme yang melekat pada substrat), benthos (organisme yang hidup di dasar perairan), neuston, dan terakhir nekton (organisme yang berenang bebas dan aktif)contohnya ikan.

14# Tumbuhan orang-aring (Tridax procumbens), mangkokan, pandan, minyak kelapa, dan lidah buaya dimanfaatkan sebagai bahan
A. parfum
B. penghitam rambut
C. pencuci kain batik
D. penghalus kulit
E. pemerah kuku

Pembahasan
B. Penghitam rambut. Opsi lain dapat juga benar baik itu A. Parfum, D. Penghalus kulit. Khusus untuk tumbuhan Orang aring atau Tridax procumbens memang sudah dari dahulu digunakan untuk menghitamkan rambut.

15# Tumbuhan flamboyan, kenanga, jambu biji, dan melinjo selain dapat menyerap karbon dioksida untuk keperluan fotosintesis ternyata juga dapat menyerap gas polutan
A. ozon (O3)
B. SO2
C. CH4
D. NO2
E. sianida

Pembahasan
D. NO2. Salah satu polutan atau bahan polusi yang terdapat di udara yang dapat bersumber salah satunya dari kendaraan bermotor adalah NO2. Gas nitrogen oksida ini dalam jumlah besar dapat berbahaya bagi tubuh kita dan beracun. Gas NO2 juga menjadi salah satu bahan terjadinya hujan asam.

16# Berikut ini ciri-ciri ekosistem.

  1. Matahari bersinar sepanjang tahun
  2. Kecepatan evaporasi sangat tinggi.
  3. Kelembapan udara sangat rendah.
  4. Curah hujan sangat tinggi 200 – 450 cm/tahun.
  5. Keadaan tanah sangat tandus.
    Ekosistem hutan hujan tropis memiliki ciri-ciri
    A. 1 dan 5
    B. 3 dan 4
    C. 2 dan 3
    D. 1 dan 2
    E. 1 dan 4
Pembahasan
Jawabannya adalah E. 1 dan 4. Opsi lain tidak menggambarkan ekosistem hutan hujan tropis. Contohnya ekosistem gurun adalah keadaan tanah sangat tandus dan kelembaban udara sangat rendah.

17# Konservasi keanekaragaman hayati memiliki beberapa tujuan, antara lain
A. pemanfaatan spesies sebagai penyangga kehidupan
B. menyediakan sumber plasma nutfah dalam pengembangan dan budidaya tanaman
C. penyedia tanaman pangan dan obat- obatan dalam perdagangan
D. menjamin kualitas ternak yang amar, dikonsumsi
E. meningkatkan sumber daya alam baik hayati maupun non hayati

Pembahasan
B. menyediakan sumber plasma nutfah dalam pengembangan dan budidaya tanaman. Ini merupakan tujuan utama dilakukannya konservasi keanekaragaman hayati pada tumbuhan. Bila tidak ada tujuan ini, mungkin sudah dari dulu manusia menggunakan seluruh lahan yang ada untuk penyediaan pangan, papan dan sandan.

18# Keanekaragaman genetik pada manusia ditentukan oleh faktor
A. suhu dan kelembapan lingkungan
B. posisi tempat tinggal berdasarkan garis lintang
C. iklim dan cahaya matahari
D. gen-gen di dalam kromosom
E. semua jawaban betul

Pembahasan
E. Semua jawaban betul. Ada dua faktor yang menentukan keanekaragaman suatu spesies, pertama lingkungan, kedua genetik yang dimilikinya. Pada opsi diatas, semua opsi menunjukkan hal tersebut sehingga semua jawaban benar.

19# Medium yang dapat digunakan untuk mengembangbiakkan virus adalah
A. Agar agar
B. bangkai
C. air kaldu
D. sampah tumbuhan
E. embrio dalam telur ayam

Pembahasan
E. embrio dalam telur ayam. Ini merupakan jawaban yang tepat karena salah satu sifat virus dan ciri ciri utama virus adalah sebagai parasit obligat intraseluler. Artinya hanya dapat hidup pada substansi yang hidup khususnya yang sedang aktif aktifnya membelah. Dari semua opsi diatas, jawaban yang tepat adalah E. embrio dalam telur ayam.

20# Virus dapat dianggap benda mati dengan alasan
A. dapat dikristalkan
B. tersusun dari protein
C. tidak memiliki inti sel
D. tidak dapat membelah diri
E. hanya dapat hidup di jaringan hidup

Pembahasan
A. Dapat dikristalkan. Ini merupakan dasar utama kenapa virus dapat dikategorikan sebagai benda mati. Pada umumnya semua makhluk hidup tidak dapat dikristalkan dan tetap dapat hidup setelahnya, hal ini berbeda dengan virus yang dapat dikristalkan agar tidak aktif yang kemudian dapat diaktifkan kembali.

21# Vaksinasi yang dapat diberikan melalui oral yaitu
A. cacar
B. polio
C. tetanus
D. campak
E. TBC

Pembahasan
Diantara pilihan diatas, satu satunya vaksinasi yang dapat diberikan melalui oral adalah B. Polio. Vaksin polio dengan cara oral rasanya cukup manis, cukup dengan beberapa tetes. Dengan adanya pemberian vaksin polio ini, maka anak anak di Dunia dapat merasa tenang menghadapi infeksi virus Polio.

22# Penyebab penyakit demam berdarah adalah ….
A. Plasmodium sp.
B. Toxoplasma gondii
C. Aedes aegypti
D. Amoeba sp.
E. Flavivirus

Pembahasan
E. Flavivirus. Satu satunya penyebab penyakit DBD atau deman berdarah dari opsi diatas adalah Flavivirus. Opsi lain adalah penyebab penyakit demam lain, serta vektornya. Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor virus Flavivirus penyebab demam berdarah ini. Oleh karena itu, untuk menangkal demam berdarah, kita cukup menangkal vektornya yaitu nyamuk Aedes aegypti.

23# Penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain
A. campak, sifilis
B. tifus, influenza
C. TBC, cacar
D. malaria, demam berdarah
E. chikungunya, poliomielitis

Pembahasan
E. chikungunya, poliomielitis. Opsi ini adalah jawaban yang paling benar karena memang kedua penyakit ini disebabkan oleh virus.

24# Gambar organisme berikut ini adalah
A. Rhabdovirus
B. bakteriofag
C. HIV
D. virus Ebola
E. Adenovirus

Pembahasan
B. Bakteriofag. Pertanyaan ini cukup mudah, berdasarkan gambar diatas, jelas terlihat itu merupakan virus berbentuk T. Virus berbentuk T seperti diatas jelas hanya kelompok Bakteriofag saja. Bentuk virus pada opsi lain beragam, tapi pastinya tidak berbentuk T.

25# Urutan mekanisme reproduksi virus yang benar adalah
A. adsorpsi – penetrasi – eklifase – pematangan – lisis
B. lisis – penetrasi – pematangan – eklifase – adsorpsi
C. pematangan – lisis – penetrasi – eklifase – adsorpsi
D. adsorpsi – penetrasi – pematangan – eklifase – lisis
E. penetrasi – eklifase – pematangan – lisis – adsorpsi

Pembahasan
A. adsorpsi – penetrasi – eklifase – pematangan – lisis. Fase ini merupakan fase yang paling tepat dalam mekanisme reproduksi virus khususnya menggunakan jalur litik atau pecahnya sel inang. Anda dapat membacanya lebih jauh pada artikel ini.

26# Pernyataan yang tidak benar tentang siklus hidup lisogenik pada virus adalah
A. tidak terbentuk virion baru
B. sel inang mengandung profag
C.sel inang tidak rusak
D. sel inang dapat bereproduksi
E. virus baru keluar dari sel inang

Pembahasan
E. virus baru keluar dari sel inang. Ini merupakan jawaban yang tepat karena pada siklus hidup lisogenik, tidak terjadi hal ini. Hal ini hanya terjadi pada siklus hidup litik. Kita dapat menganggap bahwa siklus hidup lisogenik hanyalah siklus hidup antara atau pertengahan yang pada akhirnya akan pindah pada siklus hidup litik.

27# Bakteri penyebab penyakit kolera berbentuk
A. basil
B. kokobasil
C. vibrio
D. spiroseta
E. spirilum

Pembahasan
C. Vibrio. Berdasarkan namanya saja kita dapat mengetahui bentuk bakteri penyebab penyakit kolera ini, nama bakterinya adalah Vibrio cholera, artinya bentuknya itu vibrio atau seperti bentuk koma.

28# Kingdom Archaebacteria dan Eubacteria memiliki ciri utama bersifat
A. eukariotik
B. prokariotik
C. anaerob
D. memiliki pigmen
E. saproba

Pembahasan
B. Prokariotik. Sudah jelas bahwa kedua kingdom tersebut yaitu Archaebacteria dan Eubacteria adalah pecahan yang dulunya adalah kingdom Monera yang semua anggotanya adalah prokariotik atau tidak mempunyai membran inti. Terlebih lagi dalam sistem klasifikasi domain, Kingdom

29# Bakteri yang berperan dalam reaksi berikut ini adalah
A. Staphylococcus
B. Nitrosomonas
C. Thiobacillus thiooxidans
D. Nitrosococcus
E. Nitrobacter

Pembahasan
E. Nitrobacter. Bakteri yang bermanfaat dan berfungsi dalam mengubah nitrit menjadi nitrat untuk memperoleh energi bagi dirinya adalah Nitrobacter. Bakteri yang bertugas mengubah amonia menjadi nitrit adalah Nitrosomonas dan Nitrosococcus.

30# Bakteri penyebab penyakit menular seksual antara lain
A. Treponema pallidum, Neisseria gonorrhoeae
B. Propionibacterium acnes, Neisseria gonorrhoeae
C. Chlamydia trachomatis, Salmonella typhi
D. Mycobacterium avium, Treponema pallidum
E. Chlamydia trachomatis, Bordetella pertussis

Pembahasan
A. Treponema pallidum, Neisseria gonorrhoeae. Kedua bakteri ini adalah penyebab penyakit menular seksual, yang pertama adalah sifilis atau raja singa dan yang kedua adalah Gonorea.

31# Nama spesies bakteri berikut ini adalah
A. Spirillum minor
B. Staphylococcus epidermidis
C. Lactobacillus bulgaricus
D. Streptococcus griseus
E. Pediococcus cerevisiae

Pembahasan

32# Bakteri yang dapat hidup dengan baik bila ada oksigen maupun tidak ada oksigen disebut bakteri
A. aerob
B. parasit
C. saproba
D. anaerob obligat
E. anaerob fakultatif

Pembahasan
E. Anaerob fakultatif. Bakteri anaerob fakultatif adalah bakteri yang dapat hidup baik ketika ada oksigen pada lingkungannya serta tanpa ada oksigen pada lingkungan sekitarnya. Hal ini terjadi karena adanya jalur metabolisme yang memfasilitasi agar bakteri tetap dapat hidup, memperoleh energi dan sumber makanan.

33# Beberapa jenis bakteri dapat bertahan hidup meskipun lingkungan tempi hidupnya kurang mendukung, yaitu dengan cara
A. melakukan germinasi
B. berkoloni
C. mengeluarkan enzim
D. membentuk alat gerak
E. membentuk endospora

Pembahasan
E. Membentuk endospora. Ketika bakteri tertentu khususnya bakteri gram positif dapat membuat endospora dengan membuang sebagian besar tubuhnya untuk membungkus nukleoid atau materi genetik dirinya. Untuk lebih jelasnya tentang pembentukan endospora, silahkan baca artikel ini.

34# Berikut ini cara reproduksi yang tidak bisa dilakukan oleh bakteri adalah
A. konjugasi
B. transformasi
C. transduksi
D. mitosis
E. amitosis

Pembahasan
D. Mitosis. Mitosis hanya dapat dilakukan oleh sel eukariotik. Hal ini jelas karena fase fase yang terdapat dalam mitosis tidak mungkin dapat dilakukan oleh sel bakteri akibat tidaknya organel organel yang dibutuhkan dan juga tidak adanya membran inti

35# Bakteri yang hidup di lingkungan bersuhu panas dan asam disebut bakteri
A. asidofil
B. termoasidofil
C. termofil
D. metanogen
E. halofil

Pembahasan
B. Termoasidofil. Sesuai soalnya, ditanyakan tentang bakteri yang tahan panas dan tahan asam, maka jawabannya pasti termoasidofil. Termoasidofil adalah kelompok dalam Kingdom Archaebacteria yang tahan terhadap lingkungan yang bersuhu panas dan asam.

36# Berikut ini zat pengawet makanan yang tidak aman bagi kesehatan tubuh adalah
A. natrium nitrit
B. asam benzoat
C. chitosan
D. garam
E. gula

Pembahasan
  1. Cyanobacteria (ganggang biru) berbeda dengan alga (ganggang) karena Cynobacteria bersifat
    A. prokariotik
    B. eukariotik
    C. multiseluler
    D. berdinding sel
    E. berklorofil
Pembahasan
A. Prokariotik. Kita ketahui bahwa Cyanobacteria masuk dalam Kingdom Eubacteria. Semua anggota Kingdom Eubacteria itu pastilah prokariotik. Berbeda dengan alga atau ganggang yang berada dalam kingdom Protista yang semua anggotanya sudah merupakan sel eukariotik.

38# Blooming ganggang biru yang menyebabkan hewan laut keracunan adalah dari spesies ….
A. Microcystis sp.
B. Nereocystis sp.
C. Anabaena azollae
D. Nostoc commune
E. Gymnodinium breve

Pembahasan
. A. Microcystis sp. Spesies Microcystis sp. khususnya spesies Microcystis aeruginosa merupakan anggota Cyanobacteria yang dapat berbahaya dan menghasilkan racun mikrosistin (microcystin)dan cyanopeptolin. Organisme lain pada opsi ada yang merupakan alga atau ganggang seperti Gymnodinium breve merupakan contoh alga dinoflagellata (protista), juga dapat menghasilkan toksin. Tapi pertanyaan tentang ganggang biru atau Cyanobacteria, bukan Protista.

39# Penyakit chagas di Amerika Latin disebabkan oleh ….
A. Trypanosoma cruzi
B. Trypanosoma evansi
C. Trypanosoma brucei
D. Trypanosoma rhodesiense
E. Trypanosoma brucei gambiense

Pembahasan
A. Trypanosoma cruzi. Ini merupakan jawaban tepat berdasarkan informasi yang ada di buku pelajaran Biologi SMA Kelas X semester ganjil kurikulum K-13.

40# Oomycota penyebab penyakit rebah semai (matinya bibit tanaman) adalah
A. Pythium sp.
B._ Phytophthora_ sp.
C. Dictyostelium sp.
D. Saprolegnia sp.
E. Plasmopara sp.

Pembahasan
A. Pythium sp. Jawabannya dari pertanyaan penyebab penyakit rebah semai atau matinya bibit tanaman diatas adalah Pythium sp. Opsi B. Phytophthora adalah penyebab penyakit late blight pada kentang dan tomat. E. Plasmopara sp. khususnya Plasmopara viticola adalah penyebab penyakit pada anggur. D. Saprolegnia sp. adalah jamur air penyebab penyakit pada ikan dan serangga.
soal ujian biologi semester akhir kurikulum k13 kelas 10
soal ujian biologi semester akhir kurikulum k13 kelas 10

Soal Uraian

1# Salah satu langkah dalam metode ilmiah adalah menyusun hipotesis.
a. Apa yang dimaksud dengan hipotesis?
b. Apakah perbedaan hipotesis nol (hipotesis statistik) dengan hipotesis kerja (hipotesis alternatif)?
c. Bagaimanakah cara membuktikan kebenaran hipotesis?

2# Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan baik dan benar
a. Jelaskan perbedaan pelestarian keanekaragaman hayati secara insitu dan eksitu.
b. Sebutkan contoh pelestarian keanekaragaman hayati secara insitu dan eksitu.
c. Berikan contoh nama-nama hewan dan tumbuhan langka yang hampir punah dan harus dilestarikan.

3# Apakah perbedaan orang yang positif HIV dengan positif AIDS. Bagaimana cara menjaga tubuh agar tidak tertular HIV?

4# Jelaskan perbedaan cara hidup bakteri saproba, parasit, dan bakteri yang bersimbiosis mutualisme. Berikan dua contohnya masing-masing.

5# Chlamydomonas sp. dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. Buatlah skema siklus hidupnya dan jelaskan.

Untuk pertanyaan uraian diatas, saya akan bahas pada postingan terpisah agar dapat lebih fokus. Tetap saya akan cantumkan linknya agar kalian dapat dengan mudah menemukan nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman sekalian. Tetap semangat belajarnya, karena belajar itu mudah. Biarpun #dirumahaja, saya yakin kalian pasti dapat dengan mudah belajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here